fbpx Terima Kritik | Hikmah Puasa by Djarum

Terima Kritik

Lihat semua tantangan

Terima Kritik

Kesha dan Reza Dikritik Teman

Apa yang biasa kamu lakukan ketika berkumpul dengan teman-teman? makan-makan, ngobrol, atau malah membicarakan orang lain? Ayo jadikan lingkaran pertemananmu menjadi positif dengan saling jujur. Luapkan hal yang bisa membangun kesehatan mental kita maupun teman.

Demi mengikuti tantangan ini, kita pergi ke beberapa teman yang mengenal kita dalam. Kita meminta mereka untuk mengkritik hal positif dan negatif dalam diri ini. Kita yakin kalau kritik yang mereka berikan, bisa menjadikan diri ini menjadi sahabat yang lebih baik.

Coba lakukan itu terhadap pertemanan kalian, adakan waktu untuk saling menilai diri. Minta 3 macam kritikan membangun kepada sahabatmu. Lakukan hal yang mereka ungkapkan dan lihat hasilnya. Begitu pula dengan sebaliknya. Pasti seru untuk #JalinPersahabatan yang lebih erat!

Cerita Mereka

Ini adalah kumpulan cerita dari mereka yang telah mengikuti tantangan #JalinPersahabatan. Jangan lupa untuk ikuti tantangan #JalinPersahabatan di Hikmah Puasa.

Aku sering banget di cengin sama temen aku “anak kecil” atau “anak-anak” Aku juga sering di kritik kalo kelakuan aku “childish banget” Aku sadar sih kalo kelakuan aku emang masih kayak anak-anak, tapi aku masih terus berusaha biar gak kayak anak-anak. Aku selalu dengerin masukan mereka tentang aku biar aku jadi lebih baik lagi ke depannya. Aku yakin mereka mengkritik aku karena mereka sayang sama aku hihi #JalinPersahabatan

chokiboy1 month ago

Kejujuran bisa dimulai dari hal-hal kecil yang sering terjadi dikehidupan kita sehari-hari misalnya, waktu aku sedang tidak memiliki rokok dan ingin merokok. aku melihat sebungkus rokok djarum black di meja kontrakan temanku aku ijin memintanya. terkadang saat aku bertamu kekontrakan temanku suka ada uang dilantai atau dimeja dengan nominal lumayan besar yaitu 50ribu , namun tak ada niatan aku mengambilnya karna jujur sudah prinsip dalam hidupku. aku akan memberitahukan temanku kalau uangya disimpan di tempat aman agar tidak terjadi kesalahpahaman. #JalinPersahabatan

penikmat.asin1 month ago

Kritik itu membangun bukan menjatuhkan. Seperti sahabat kosan gue, dia selalu mengkritik gue karena gue selalu tidur larut untuk hal yang gak jelas. Dia selalu mengkritik saat gue ninggalin jemuran gue ketika gue pergi keluar kosan. Tujuan dia baik. Karena kritik dia, terkadang kalau lagi sendiri gue inget perkataan dia dan akhirnya gue ga ngelakuin kesalahan yang sama lagi. #JalinPersahabatan

rizaldiahmadfah1 month ago

banyak tantangan kalo mau maju dan salah satunya adalah kritik #JalinPersahabatan

bryangerald541 month ago

Menerima kritik itu perlu demi pengembangan diri. Seperti yang sudah-sudah, aku dan sahabatku selalu meluangkan waktu untuk sekedar cerita ataupun “sharing” yang terjadi sehari-hari. Dan tak jarang kami memberi kritik dan saran satu terhadap yang lain. Itulah salah satu fungsi sahabat, yaitu memberi dan menerima kritik yang membangun terhadap kita, bukan kritik yang menjatuhkan. #JalinPersahabatan

mariadewisani1 month ago

mengkritik lebih mudah daripada menerima kritikan, padaha dengan kita menerima kritikan dari orang lain akan membuat kita menjadi lebih mudah untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi #JalinPersahabatan

o.best1 month ago

Menerima kritik merupakan cara kita untuk memperbaiki diri. Apalagi sahabat sendiri, yups berbicara kritik mengkritik, biasanya kalau sedang ngumpul bersama sahabat, mereka memang selalu mengkritik tetapi bedanya mereka mengkritik dengan cara bercanda, bahkan ane dan sahabat-sahabat ane selalu hafal akan kebiasaan kebiasaan setiap harinya. Bahkan omongannya pun cukup pedas tetapi itulah cara mengkritik para sahabat yaitu dengan bercanda, jadi tidak ada yang saling marah ataupun kesal. Bahkan kritikan itu pun menjadi guyonan setiap kali berkumpul. #JalinPersahabatan

mrbutong1 month ago

Sesama sahabat kita harus saling terbuka satu sama lain. Jika sahabat ada salah entah itu perkataan ataupun perbuatan, sebaiknya kita beritahu dia secara langsung kalau yang dia lakukan itu salah. Sahabat yang baik akan menerima kritik yang baik pula. Ingat ya, kritik itu membangun, bukan menjatuhkan. Ada kasusnya di bulan ramadhan ini, salah satu sahabat gue gamau solat tarawih dengan alasan mager alias males gerak. Gue kasih tau baik-baik aja kalau tarawih itu pahalanya besar sama kaya solat malam, terus tarawih juga cuman ada 1 bulan dari 12 bulan. Selain itu ada 1 hari dibulan ramadhan ini kalau kita solat tarawih dan solat malam di masjid, kita sama aja kaya solat selama 83 tahun. Ajaibnya, sahabat gue itu sekarang yang lebih rajin ngajakin gue ke masjid. Alhamdulillah ~ #JalinPersahabatan

nadiasarihasana1 month ago

Saling jujur adalah kunci langgengnya pesahabatan, walaupun kadang jujur itu menyakitkan tetapi tetap lebih baik daripada kita saling membicarakan sahabat kita sendiri di belakang. Saling menerima kritik dari sahabat juga hal yang harus diterima u tuk kebaikan diri kita sendiri #JalinPersahabatan

cattodeets1 month ago

menerima kritikan dengan lapang dada akan membuat kita belajar bagaimana untuk tidak egois dan terus mempebaiki diri #JalinPersahabatan

iqballousthura1 month ago

Kritikan kadang bisa buat motivasi diri lo sendiri ato bukan jadi kadang lagi tapi memang selalu memotivasi. #JalinPersahabatan

KimBelz1 month ago

Kadang hidup harus lah mendengar. Jangan selalu kita yang berbicara dan do something. Better kita harus mendengar masukan masukan dari orang terdekat atau sahabat. Maka apabila kita sering mendengar masukan atau kritikan dari orang maka kita akan semakin menjadi orang yang lebih baik dan baik lagi #JalinPersahabata #JalinPersahabatan

byaauliareni1 month ago

Gue sama sahabat gue punya kebiasaan unik, semenjak kita sahabatan 2 tahun yang lalu hal ini gak pernah lupa untuk dilakukan. Yeess.. setiap sebulan sekali kita ada momen di mana kita saling memberikan saran dan kritik tentang kegiatan kita selama sebulan terakhir, disitu gak ada yang kita di tutupin kita saling jujur-jujuran demi kebaikan kita masing-masing dan itu bikin persahabatan kita semakin erat. #JalinPersahabatan

Efiy Sukaesih1 month ago

Tak ada manusia yang sempurna, termasuk saya sendiri memiliki kekurangan dan juga kelebihan. Saat saya meminta sahabat saya untuk memberikan kritikan kepada saya, ada hal yang membuat saya tertegun, saya kesal mendengarnya…tapi saya sadar, teman saya menyatakannya dengan jujur dan itu semua demi kebaikan saya, agar saya menjadi insan yang lebih baik lagi dan kritikan itu bukan untuk menjatuhkan, tapi rasa kasih sayang sahabat kita agar kita menjadi insan yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Bukan pujian yang harus selalu dilontarkan seorang sahabat, karena pujian bisa saja menjatuhkan jika kita tak sadarkan diri karena tersanjung terlalu tinggi. Tapi kritikan itu membangun dan membuat kita menjadi lebih baik lagi. #HikmahPuasa #JalinPersahabatan #JalinPersahabatan

Saya justru selalu menawarkan diri untuk dikritik, saya selalu berkata kepada teman atau sahabat saya. Apa yang kurang dari diri saya? Dan apa yang harus saya rubah? Beritahu saya dan saya akan mencoba untuk jadi lebih baik. Awalnya saya merasa down, banyak sekali kritikan dari banyak orang. Namun hal itu justru membangunkan saya, bahwa untuk jadi lebih baik saya harus bisa menerima kritikan dari banyak orang. Saya memang bukan manusia sempurna, tetapi tidak ada salahnya selalu memperbaiki diri menjadi lebih baik, karena dengan kritikan saya bisa belajar. Dan selama saya masih bernafas, tidak akan ada habisnya waktu untuk belajar. #JalinPersahabatan

padhepriyono1 month ago

Orang yang mau menerima kritik adalah orang yang lapang dada dan orang yang mau berubah menjadi lebih baik, karena gak semua orang mau di kritik oleh orang lain apalagi orang yang belum lama di kenalnya..selama kritikan itu buat membangun kenapa tidak dj coba.#JalinPersahabatan #JalinPersahabatan

inase3011 month ago

gue adalah tipe orang yang agak keras kepala dalam menerima masukan dari orang lain. Gue selalu yakin atas apa yang gue lakukan adalah benar dan terkadang gue merasa masukan atau kritik dari temen gue hanyalah angin lalu. Suatu saat gue menghadapi di mana gue mengalami masalah ekonomi yang mengharuskan gue meminta bantuan sahabat gue. Di situ gue dengan lapang dada mendengarkan dan untungnya sahabat gue masih baik banget mau bantun gue. Gue akhirnya makin sadar bahwa manusia ga ada yang bisa hidup sendiri dan akan selalu membutuhkan bantuan orang lain. #JalinPersahabatan

ilhamsidqi1 month ago

dulu gue demen banget ngritik orang, eh sekarang ternyata begini rasanya di kritik #JalinPersahabatan

thomasridwan1 month ago

kritikan akan datang ke kita ketika orang lain tidak menyukai sikap kita, dengan adanya kritikan tersebut kepada kita alangkah baiknya menjadi kita semakin baik dalam bersikap agar hidup kita menjadi lebih baik lagi #JalinPersahabatan

adesrya1 month ago

Kritik, salah satu perkataan yang mirip seperti sebilah pisau bermata dua. Dapat membangun ataupun menjatuhkan setiap orang yang di kritik tergantung dari sudut pandang penerima. Tidak jauh berbeda hanya saja aku pun mulai belajar untuk mengambil semua hal dari segi positifnya karena tidak ada hal yang tidak bermanfaat, begitu pula kritik. Mendapatkan kritik walaupun terkesan sarkas dan tak biasa itu merupakan hal yang wajar, semua itu semata hanya bagian dari pendewasaan diri. Mendengarkan kritik juga tak selalu dapat di implementasikan semua nya kedalam kehidupan, kita juga perlu menyaring beberapa kritik an yang memang pantas untuk kita benahi. Seperti misalnya tentang cara berpakaianku dahulu yang terkesan seperti preman, mengenakan gelang tak cukup satu, rambut gondrong yang tak ter urus, belum lagi pakaian tak sopan yang ku kenakan ke kampus. Beberapa dari temanku memang mendukung dalam hal seperti itu, namun ada juga yang memberikan kritik dan saran tentang pakaian yang tak sopan. Kritik pedas muncul dari mulut mereka seperti ” ih ngapain kuli bangunan ke kampus ” atau bahkan ” ih jijik deh ga pantas kuliah ” itu tersematkan dari mulut mereka walaupun mereka sebenarnya alih alih bukan teman dekatku. Namun sekarang sadar bahwa kita manusia hanya ingin mendengar apa yang ingin kita dengarkan, dan terkadang kita juga harus melihat apa yang di ucapkan bukan siapa yang mengucapkan. Walaupun dengan proses yang panjang dan sulit bagiku aku mulai merubah diri menjadi lebih rapi 🙂 dan semua itu ada hikmahnya dengan perubahan perilaku orang disekitarku termasuk dengan dosen pengajar yang lebih friendly. Dengan adanya kritikan seperti itu kami terbiasa dengan saling mengkritik antar sahabat untuk menjadikan diri kita masing masing menjadi pribadi yang lebih baik antar sahabat, tanpa ada nya rasa yang harus ditutupi dan pertemanan pun menjadi lebih asik dan tidak munafik #JalinPersahabatan #JalinPersahabatan

Sekarang gua lagi di penghujung semester kuliah. Tapi banyak teman-teman gua yang udah pada mau kelar skripsi, sedangkan gua MAGANG aja BELOM!! Gue banyak dapet masukan dari orang-orang terdekat untuk segera mencari tempat magang, sampai ada yang mau buatin gua CV untuk lamar magang saking keselnya. Nyokap juga udah sering banget nyindir gua buat cpt-cpt nyari tempat magang. Permasalahannya, mata kuliah gua masih ada satu semester yg blm kelar. Gua cuma takut gak lulus lagi gara-gara gua magang. Tapi gue akan coba terima saran dan kritik dari orang-orang terdekat gua untuk kedepannya yang lebih baik. #JalinPersahabatan

ummuar1 month ago

netizen indonesia kalo comment suka parah, hebat lah bagi orang yg punya haters banyak. kritikan macem gitu bisa sabar #JalinPersahabatan

elvinnandiohugh1 month ago

Menjadi teman yang baik adalah yang bisa saling menerima kekurangan dan kelebihan teman kita, saling memberikan saran atau kritik kepada teman demi kebaikan tentu menjadi hal yang sangat penting. Seperti yang ane lakukan ke sahabat ane kita udah gak canggung lagi untuk saling mengkritik demi kebaikan kira sendiri kedepannya #JalinPersahabatan

Musa Budiman1 month ago

Temen gua pernah nulis surat trus dia kirim jauh-jauh ke London buat kasih kritik ke temennya yang lagi kuliah disana. Gua tanya, ngapain lo kayak gitu? Niat banget. Dia bilang, temennya itu emang suka dikritik, soalnya buat introspeksi diri katanya. Trus kenapa mesti pake surat? Biar romantis (alaaaahhh bilang aja lagi pdkt) #JalinPersahabatan #JalinPersahabatan

jackanapes1 month ago

Nyoba tantangan dari djarum. Bisa buat introspeksi diri ternyata. Dapet kritik gue terlalu jujur, heboh dan (Ini yang paling ngehek sebenarnya) malas. #JalinPersahabatan

greenvespa1 month ago

menerima kritikan dengan hati yang ikhlas akan membuat kita sadar bahwa banyak kekurangan yang harus kita perbaiki dalam hidup ini #JalinPersahabatan

shemoen1 month ago

Kritik dapat memacu semangat seseorang, tanpa kritik segala pencapaian yang sudah dilakukan terasa kurang kompetitif. Semakin banyak kritikan akan menjadikan kualitas atau karya seseorang menjadi besar. Orang sukses akan menjadikan kritik sebagai hal positif, sebaliknya orang lemah akan menjadikan kritik sebagai hambatan. Apakah kita harus terima 100 % sebuah kritik..? jawabannya adalah tidak, karena tidak semua kritik itu membangun. Ada saatnya dimana kita harus memfilter kritik agar kita tidak terjerumus pada kegagalan. #JalinPersahabatan

Jeffrey Nijstad1 month ago

Memaafkan memang bukan perkara mudah, tetapi dari memaafkan kita bisa mendapatkan banyak hikmah, apalagi dengan melupakan masalah tersebut, seperti halnya dengan teman saya yang meminjam motor saya tetapi bensin motor saya tiba-tiba habis dan tidak dia isi kan lagi dan masih banyak kesalahan yang sering dia perbuat yang tidak bisa saya sebutkan semua disini, tetapi dari masalah itu saya bisa memaafkan dan bakal melupakan kesalahan yang sering teman saya perbuat itu. #JalinPersahabatan #JalinPersahabatan #JalinPersahabatan

falah551 month ago

saya sering menerima segala kritikan dari teman saya asal kritikan nya jelas dan mengarah dan harus disertai dgn solusi #JalinPersahabatan

kholilah.tunnis1 month ago

hidup diluar negeri enak, orang orangnya dengan mudahnya nerima kritik beda dengan negeri kita #JalinPersahabatan

lestianindiahus1 month ago

menerima kritikan berarti menerima masukan dari orang lain untuk kita agar bisa menjadi lebih baik lagi, karena dengan adanya kritikan kita sadar bahwa tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini #JalinPersahabatan

deliasafitria1 month ago

dalam hidup pasti kita akan mengalami yang namanya di kritik, dan jadikan lah kritikan itu untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi #JalinPersahabatan

phannu.ari1 month ago

Kritik adalah cara seseorang dalam memberikan saran kepada orang lain. Didalam lingkaran pertemanan ane kritik pasti selalu ada. Bahkan seorang teman pernah berkata ‘’Lebih baik mengkritik didepan orang yang akan di kritik daripada di belakangnya, itu baru jantan’’. Semenjak kalimat itu terucap kami tak pernah segan untuk mengkritik satu sama lain. Lebih terbuka adalah senjata agar pertemanan kita lebih awet dan langgeng. Tak ada kecurigaan satu sama lain. Itulah esensi dari berteman, mari perbanyak teman dan kurangi musuh. #JalinPersahabatan

miftahullapas1 month ago

menerima kritikan akan membuat kita semakin mawas diri dan membuat kita semakin berhati-hati dalam melangkah karena khatir menyakiti perasaan orang lain, yukk belajar menerima kritikan. #JalinPersahabatan

marianidina1 month ago

menerima dan bersabar dalam kritikan yang datang kepada kita adalah sebuah hal yang luar biasa untuk hidup kita karena dengan adanya kritikan kita akan tahu kekurangan yang ada dalam diri kita itu seperti apa dan dapat segera di perbaiki #JalinPersahabatan

yogapratama121 month ago

Persahabatan adalah hubuangan antara dua orang yang berbeda yang dapat saling melengkapi satu sama lain, memiliki sahabat tentu menyenangkan apalagi kalau bisa saling membeeikan pendapat demi kebaikan kita, jarang ada orang yang suka di kritik padahal itu pe ting banget lho buat kemajuan diri kita . Soo..jangan takut dikritik yaa jadikan kritikan itu motivasi buat jadi lebih baik lagi #JalinPersahabatan

laludanuar1 month ago

Mau menerima kririkan dari seorang sahabat tentu susah susah gampang dj butuhkan hati yang lapang untuk bisa menerima kritikan apalagi kalau itu kritik semi membangun kemajuan diri kita sendiri. Kaya gue dan sahabat gue kita udah gak canggung lagi buat saling kritik demi kebaikan kita masing-masing gak ada kata sakit hati kalau salah satj dari kita memeberi kritikan #JalinPersahabatan

thojunslankers1 month ago

kritik lah yg membangun, bukan kritik yg menjatuhkan #JalinPersahabatan

Ikhwan Muttaqin1 month ago

Ingin menjadi teman yang baik adalah keinginan saya, tidak menjadi teman yang menyakiti teman lainnya baik lewat ucapan maupun tingkah laku. Kadang saya memberanikan diri pada teman, untuk mengorek apa yang tidak disuka dari saya, dan dari jawabannya saya berusaha memperbaiki apa yang teman tidak suka, dan tidak segan untuk minta maaf. Sayapun kadang berkata sebaliknya sama teman, asal diucapkan dengan kata yang sopan, pasti apa yang kita tidak suka terhadap teman akan diterima dengan lapang dada, dan menjadi bahan koreksinya. #JalinPersahabatan

zulkifli amri1 month ago

Kritikan sering banget kok yang membangun. Sering-sering denger kritikan juga, asal lo bisa selektif, bisa jadi masukan yang positif buat kita. #JalinPersahabatan #JalinPersahabatan

yakub murni1 month ago

Ceritanya gua lagi mau pergi ke Mall buat ngabuburit. Dijalan gua ketemu sama Pak Polisi yang lagi nengahin dua orang. Ada satu Ibu-ibu, satu lagi Abang-abang Ojol (ojek online maksudnya). Gua lewatin dah tuh trus gua curi-curi denger haha Si Ibu-ibu lagi marah-marah sama tukang Ojek Online. Usut punya usut cuma gara-gara Ibu itu salah nyantumin alamat tujuan dan Abang Ojolnya minta ganti untuk cancel.. (astaga Ibunya yang salah ya????) Di situasi kayak gini, kadang kita suka ngerasa superior jadi ga mau dengerin kritik/saran orang lain. Hal ini trus gua ceritain ke temen2 gua pas buka bareng. Selain jadi pembelajaran buat diri sendiri, gua coba share biar jadi pembelajaran buat temen-temen gua juga. #JalinPersahabatan #JalinPersahabatan

rtrn1 month ago

kritik itu memang perlu. kritik itu lah yang membuat kita maju , memang kita perlu sebuah kritikan untuk membangun diri kita lebih baik. Adanya seorang teman atau persahabatan berguna untuk mengkritik kita bagaimana menjalani sebuah kehidupan yang lebih maju. sahabat lah yang mengerti bagaimana kita sebenarnya. dengan adanya sahabat berguna untuk berani berjalan dan bangkit di masa keburukan. banyak hikmah yang di dapat pada saat bulan ini saya benar benar merasa kecewa terhadap membuang buang waktu dan tidak mengerti sebagai manakah pentingnya waktu untuk saya. saya sudah berkali kali di kritik untuk lebih menghargai sebuah waktu. waktu adalah kunci dari keberhasilan. #JalinPersahabatan

srahayudes1 month ago

Suatu hari, aku tengah duduk dan berkumpul bersama teman-temanku. Lantas, temanku bilang “kapan sih kamu kalau datang tu tepat waktu? tiap kalau diajak kumpul pasti ngaretnya lama”. Hehe, jujur memang aku itu orang yang kurang disiplin akan waktu, entah mengapa aku merasa waktu 24jam itu terasa sangatlah sempit dan sebentar. Banyak sekali temanku yang mengkritiku tidak disiplin waktu, bahkan ketika aku sekolahpun aku selalu dihukum karena suka terlambat datang ke sekolah. Sampai akhirnya aku sadar ketika aku berada di dunia kerja dan mendapatkan bos yang super galak dan super disiplin. Ketika aku datang terlambat aku dimarahinya dan selalu diancam untuk potong gaji. Akupun tersadar bahwa sikapku yang kurang disiplin itu memang harus dibuang jauh-jauh. #JalinPersahabatan

jennykoln1 month ago

di dunia ini tidak ada manusia yang sempurna dan pasti banyak kritikan yang ada, bergantung pada kita bagaimana cara menyikapinya apakah menjadikan kita lebih baik maupun lebih buruk bergantung pada pribadinya masing-masing #JalinPersahabatan

Sri Untari1 month ago

Sebagai manusia saya pasti banyak kekurangan. Dan yang paling parah adalah ngomong terlalu cepat dan ngambekan. Teman saya untungnya baik hati sering mengkritik soal kebiasaan buruk itu. Daripada dipendam tho mending diutarakan ke saya biar saya tahu dimana salahnya. Saya sih sadar diri memang itu sifat jelek saya. #JalinPersahabatan

annisamfaisa1 month ago

kritik pedes jangan diabaikan, justru kritik pedes itu yg bikin kita untuk semangat #JalinPersahabatan

Gw orangnya mageran banget. Ampe temen-temen gw sering ngasih kritik ke gw saking gw magernya. Tapi gw selalu nerima apa kata temen gw. Karena gw yakin temen temen gw mau gw maju. #JalinPersahabatan

sutanantofelliz1 month ago

dalam hidup itu harus siap di kritik karena tidak ada pribadi yang sempurna di dunia ini, kritikan akan membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik #JalinPersahabatan

erpiapay1 month ago

Jujur ane adalah tipe orang yang susah banget terima kritik dari orang lain. Ane aslinya keras kepala banget Gan. Sahabat ane pernah tuh kasih kritikan ke ane. Awalnya ane jadi marah, sakit hati. Tapi sahabat ane ini terus datengin ane, ngga pernah ngediemin atau mutusin tali silahturahmi ama ane. Sejaak itu ane sadar, dia cuma pengen ane jadi orang yang lebih baik, makanya dia kritik ane. #JalinPersahabatan

Mengkritik dan menerima kritik dari seseorang itu perlu, apalagi dari teman atau sahabat. Karena dari sering kita menerima kritik itu kita jadi lebih tahu kekuarangan kitan agar bisa menjadi pribadi yg lebih baik lagi. Begitupun kita harus sering mengkritik teman bila ada teman atau sahabat yg keluar dari zona batasnya agar tidak merugikan orang lain #JalinPersahabatan #JalinPersahabatan

Load more