fbpx Tahan Amarah | Hikmah Puasa by Djarum

Tahan Amarah

Lihat semua tantangan

Tahan Amarah

Sebel Sih tapi Harus Sabar ala Febrian dan Didi

Hai, kita mau cerita sedikit nih tentang  emosi saat lagi puasa. Kita punya teman yang nyebelin abis. Lagi puasa atau tidak pun, dia selalu mancing emosi. Karena lagi puasa, kita berusaha dong untuk bersikap biasa saja. Tapi dianya ga memikirkan bagaimana dengan kita.

Kali ini, kita akan menantang diri sendiri untuk menahan emosi sama teman yang nyebelin itu. Jadi kita punya pengalaman saat teman yang sudah janjian ketemu tapi datangnya super telat. Waktu nunggu, kita sudah marah-marah. Tapi karena inget lagi puasa, kita memutuskan untuk ga marah-marah dan tetap nungguin. Itu salah satu pengalaman kita ketika nahan amarah.

Semoga dengan mengikuti tantangan ini, kamu bisa menjadi diri yang tahan banting dalam hal emosi. Selamat mencoba, ya!

 

Cerita Mereka

Ini adalah kumpulan cerita dari mereka yang telah mengikuti tantangan #JalinPersahabatan. Jangan lupa untuk ikuti tantangan #JalinPersahabatan di Hikmah Puasa.

Rakhman Yussuf2 days ago

Dalam kehidupan sosial, dimana kita selalu berinteraksi dengan orang lain, setiap hari bertemu keluarga, bertemu teman kerja yang pastinya memiliki sifat yang berbeda-beda dan terkadang kita pernah atau bahkan sering merasa jengkel dan kesal dengab teman kita, bahkan tanpa disadari kita juga pernah membuat jengkel teman kita dan bahkan membuat mereka marah. Hidup itu berwarna, hal yang wajar kalau kita bisa marah atas kelakuan teman kita yang menjengkelkan dan membuat kita kesal. Tapi alangkah baik kita menahan amarah, apalagi di bulan puasa ini. Kita juga harus tersadar kalau tak ada manusia yang sempurna, pasti setiap manusia termasuk kita sendiri pernah melakukan kesalahan. Bagaimana caranya menahan amarah, kalau saya pribadi tersadar bahwa tak ada manusia sempurna, saya selalu ingat bahwa orang tersebut pernah melakukan kebaikan kepada kita. Lupakan dan maafkan atas kejengkelan dan kekesalan yang pernah ia lakukan, karena memaafkan adalah hal terbaik dan membuat kita akan memiliki jiwa yang tenteram dan damai serta menjalin persahabatan dan silahturahmi yang baik. #JalinPersahabatan #HikmahPuasa #JalinPersahabatan

Menahan amarah itu sangat susah. Jauh lebih susah dibandingkan menahan lapar dan dahaga. Kalau makanan atau minuman paling cuma sepiring atau segelas tetapi hal-hal yang bisa memicu amarah banyak sekali macam dan jumlahnya, bisa orang, perkataan, perilaku, keadaan, dan bahkan hanya sekedar pikiran. Contohnya saja beberapa hari lalu hampir ribut sama istri karena istri mengajak ke rumah orangtuanya sedangkan saya menolak karena kelelahan. Akan tetapi saya kemudian menyadari toh marah-marah sama istri juga tidak gunanya jadi saya lantas menuruti keinginannya. Toh tidak setiap seminggu sekali kami kesana dan kalau sedang di sanapun paling juga beberapa menit. Jadi sebenarnya tidak ada alasan buat saya untuk menolak. Intisari puasa itu sesungguhnya pengendalian diri termasuk mengendalikan amarah. #JalinPersahabatan

Sepertinya untuk saya yang mudah sekali terbawa perasaan cukup sulit untuk menahan amarah, walau bukan bulan puasa sekalipun. Saya pernah bekerja menjadi Customer service dan pekerjaan ini menurut saya merupakan pekerjaan yang cukup sulit. Hanya orang yang sabar yang bisa bertahan dan hanya orang yang ikhlas yang bisa menjalani. Tahun lalu saat puasa, saya pernah mendapatkan Customer yang tidak dapat menahan emosinya di bulan Ramadhan. Beliau memaki saya dengan bahasa yang cukup kasar, namun setiap saya ingin marah, saya selalu istighfar dan berwudhu. Mungkin jika terbawa perasaan saya akan marah dan tidak berkerja secara profesional, tetapi saya ingat bahwa ketenangan akan hadir setelah istighfar dan berwudhu. Mungkin hal ini bisa juga dicoba oleh teman-teman lain. #JalinPersahabatan

Lucy Rahmawati3 days ago

Salah satu hal nyebelin yang selalu keulang dibulan puasa adalah keribetan jadi panitia buka puasa. Pengalaman super duper nyebelin adalah ketika ada salah satu temen yang gak mau jadi panitia, selalu aja comment gak jelas buat rekomendasi tempat yang gw pilih.. Gw suggest di tempat makan A, dia bilang kejauhan. Di tempat B, dia bilang makanannya kurang enak. Di tempat C, kurang hitz. Diminta buat suggest tempat, bilangnya terserah panitia aja.. Kesel gak?? Tapi karena lagi puasa, gw coba sabar.. lagian ini untuk silahturahmi banyak orang. Hal-hal kecil seperti itu bantu banget untuk melatih kesabaran, sekarang gw jadi santai aja menghadapi percikan emosi kaya gitu.. let it flow aja.. #JalinPersahabatan

Annisa Nur2 days ago

Salah satu hal yang paling diuji di bulan ramadhan adalah menahan amarah. Kejadian yang selalu membuat amarah memuncak itu ketika sang nenek yang selalu berkomentar tentang menu buka puasa. Beliau selalu berkomentar saat waktu menjelang buka puasa. Mulai dari buah, minuman hingga takjil. Padahal, sebelum membeli takjil nenek selalu ditanya ingin takjil yang seperti apa dan beliau selalu menjawab belikan bolu saja. Karena saya tau tempat langganan beliau beli bolu akhirnya saya beli di sana. Namun, ketika sampai di rumah beliau bilang tidak mau berbuka dengan menu itu. Di saat itulah amarah saya mulai memuncak. karena ingat sedang berpuasa, saya segera meredam amarah dengan beristigfar dan mencoba untuk bersabar. Ketika berbuka, beliau tidak memakan takjil yang sudah dibeli dan itu membuat saya kecewa. Merasa bahwa usaha saya untuk beli takjil sia-sia dan makanan itu menjadi mubazir. Saya memaklumi sebab nenek sudah lanjut usia dan sifat egoisnya berubah-ubah. Akhirnya, takjil yang sudah dibeli tadi saya bagikan kepada pengemis saat di perjalanan menuju masjid. Terkadang bersabar dalam menghadapi hal besar membuat kita terbiasa sabar dengan hal yang kecil. #JalinPersahabatan #JalinPersahabatan

Surya Agus21 hours ago

Bulan ramadhan mewajibkan umat muslim untuk berpuasa. Untuk apa? Salah satunya untuk menjaga hawa nafsu, termasuk nafsu untuk marah-marah. Namun, seringkali ada saja hal di sekitar yang membuat kesal sampai ke ubun-ubun. Kalau sudah begini, rasanya emosi siap meledak dan cenderung untuk meluapkan semua amarah yang ada.Jangan sampai puasa di bulan ramadhan ini jadi sia-sia hanya karena emosi semata. Supaya bulan puasa kali ini lebih berkah, coba kontrol amarah dengan Berpikir sebelum bicara, Alihkan amarah dengan menyibukkan diri dan Perbanyak ibadah untuk meredam amarah 🙂 #JalinPersahabatan #JalinPersahabatan

Load more