fbpx Sahur..sahur | Hikmah Puasa by Djarum

Sahur.. Sahur

Lihat semua tantangan

Sahur..sahur

Cara Jitu Bangun Sahur ala Rani dan Harival

Puasa sudah di depan mata nih. Hal apa saja yang sudah kamu persiapkan buat puasa ? Sebelum memulai puasa, kalian wajib untuk niat sahur. Tapi bisa dibilang orang masih susah bangun buat sahur. Apalagi orang-orang yang tinggal sendiri dan ga ada keluarga, kebayang dong susahnya bangun sahur.

“Berbagai macam cara dilakuin saat bangunin orang sahur.

Ada yang memainkan alat musik keliling desa, ada yang sambil teriak,

atau ada yang menggunakan pengeras suara masjid.”

Nah untuk kali ini, kami keliling komplek perumahan sambil membunyikan alat musik dengan keras. Alat musik yang kami pakai juga unik nih. Bermodalkan galon air, panci dan kaleng bekas, kami bangunin mereka yang akan puasa. Seru banget bisa membantu bangun sahur!

Dulu sewaktu masih jadi mahasiswa dan ngekos, kita sering banget bangunin teman kos yang mau puasa dengan pasang alarm beruntun dan volume yang super keras. Kadang mereka kesal sih karena kaget, tapi mereka juga bersyukur masih bisa sahur sebelum menjalani puasa. Wah itu pengalaman bangunin temen yang paling seru selama ini.

Semua hal itu dilakukan dengan maksud mulia, yaitu agar masyarakat lainnya bisa kuat untuk jalani puasa. Nah kalian maukah jadi salah satu dari orang-orang itu? Yuk ajak teman-temanmu untuk bangunkan sahur orang yang ada di sekitarmu. Siapa tau dengan bantu bangunin sahur, kamu bisa #JalinPersahabatan dengan warga di lingkungan kamu. Ikuti tantangan hari ini dan ceritakan pengalaman kamu sewaktu bangunin sahur. Pasti seru deh!

Cerita Mereka

Ini adalah kumpulan cerita dari mereka yang telah mengikuti tantangan #JalinPersahabatan. Jangan lupa untuk ikuti tantangan #JalinPersahabatan di Hikmah Puasa.

bagi sebagian orang sahur merupakan hal terberat yang mesti dijalani selama bulan ramadhan.tak terkecuali diriku yang sangat susah untuk bangun sahur.bagaimana ngga susah bangun sahur, gaya hidupku yang tidak sehat menjadi penyebabnya.aku paling ngga bisa tidur cepat, selalu tidur lewat tengah malam.alhasil..sahur selalu kelewatan.bedug imsak baru terlompat dari tempat tidur, dan sahur air putih doang.alhamdulillah sekarang jaman sudah canggih, aku dan temanku sekarang videocallan..suara hape distel volume terbesar, siapa yg duluan sahur dialah yang harus memvideocall.alhamdulillah trik ini berhasil.hari ini aku yg duluan terbangun sahur ..dan cepat2 kuvideocall temanku..semoga lancar puasaku hari ini #JalinPersahabatan #JalinPersahabatan

Meskipun jaman sudah modern seperti sekarang tetapi kalau di desa saya lumrah tiap rumah memiliki kentongan yang sebenarnya dibuat sebagai alat bantu keamanan lingkungan. Sayangnya kentongan seperti ini sudah tidak difungsikan lagi. Daripada mangkrak dan dimakan serangga mending saya gunakan untuk membangunkan orang-orang serumah untuk sahur terutama buat yang susah bangun. Suaranya kentongan ini sering diasosiakan dengan tanda bahaya (makanya dipakai sebagai alat bantu pengamanan) sehingga yang mendengar pasti akan bangun segera walau saya memukulnya cuma pelan-pelan #JalinPersahabatan

Sahur. kegiatan yang hanya bisa kita lakukan di bulan Puasa. selain mengandalkan sahutan heboh dari warga yg keliling kampung untuk membangunkan orang sahur, saya punya teknik tersendiri supaya bangun cepat dan bisa membangunkan orang2 di rumah sahur yaituuuuu dengan memasang Alarm yang di snooze tiap lima menit. jadi kalau alarm pertama gak mempan, maka 5 menit kemudian akan bunyi lagi, begitu seterusnya. dan saya akan menyetelnya dengan deringan yg paling besar dan dengan lagu yg heboh agar cepat terbangun. dan cara ini cukup ampuh selama ini. ehehheheh #JalinPersahabatan

Surya Agus21 hours ago

pengalaman yang paling seru saat ramadhan datang adalah bangunin orang sahur dengan kentongan, jerigen, atau botol kaca. Nggak ada latihan,kita bermain sesuai kreativitas masing-masing,selalu ada kisah yang seru setiap harinya ada yang dimarahi tetangga karna keberisikan kita, pdhal saya dan teman-teman niatnya baik yaitu ingin warga yang menjalankan ibadah puasa dapat bangun menyantap sahur. selain itu ada juga warga yang berbaik hati memberikan bingkisan makanan untuk saya dan teman-teman karna telah membangunkannya untuk sahur. pokoknya selalu ada kisah seru dibulan ramadhan itu, makanya ramadhan selalu kita nantikan 🙂 #jalinPersahabatan #JalinPersahabatan

Efiy Sukaesih3 days ago

Sahur pertama di bulan Ramadhan, tradisi membangunkan sahur dilakukan oleh para pemuda dan bapak-bapak dengan keliling kampung sambil membawa kentongan dan bersama-sama bicara “Sahur Sahur Sahur”. Selain itu mmembangunkan sahur dilakukan juga oleh anak-anak pria lewat mikrofon yang ada di mesjid. Untuk wanita seperti saya, membangunkan sahur dengan mengetuk pintu tetangga di samping kiri kanan rumah dan di depan belakang rumah. Selain itu karena sudah “Zaman Now” selain tradisi ketuk pintu yang masih ada hingga kini, membangunkan sahur dengan cara telpon dan video call via WhatsApp ke sahabat dan kerabat. Membangunkan sahur merupakan jalin persahabatan yang mempererat tali silahturahmi. #JalinPersahabatan #HikmahPuasa #JalinPersahabatan

rifdah audia1 day ago

Sahur, suka aja kalau dengerin orang- orang bangunin nya pakek bedug di tengah pagi:) #JalinPersahabatan

Tidak ada pengalaman sahur yang paling mengesankan selain dirumah, ada adik dan orang tua. Yang selalu saya ingat adalah saat Mama saya memanggil dengan nada lantang “Ta, sahur dulu, makanan sudah siap,” terkadang bosan mendengarnya, tapi dengan suara itu saya langsung bangkit bangun dan membangunkan adik-adik saya. Dulu sewaktu kuliah, Mama membangunkan sahur dengan menelpon saya. Maklum kadang suka keterusan tidur, hehehe. Hal itu terjadi karena saya saat itu kuliah di luar kota. Usaha orang tua yang selalu bangun pertama dan tidur terakhir yang selalu saya ingat dan dilakukan setiap bulan Ramadhan. #JalinPersahabatan

Rakhman Yussuf3 days ago

Tradisi di daerah saya, membangunkan sahur warga dengan cara keliling kampung bersama warga khususnya pria yang kebetulan ada jadwal ronda di setiap RW, sambil memukul kentongan. Membangunkan sahur di mulai pukul 02.30 hingga pukul 03.00 wib. Setelah keliling kampung membangunkan warga agar sahur, kami kembali ke rumah masing-masing untuk menikmati sahur di rumah. Tapi terkadang di tahun sebelumnya, setelah para pria yang ada jadwal ronda ini membangunkan sahur warga, kami berkumpul kembali di tempat ronda dan memasak nasi liwet bersama di tungku api dan menikmati sahur dengan memakan nasi liwet (nasi dan ikan teri yang dimasak di panci) bersama para pria (bapak-bapak dan pemuda). Membangunkan sahur bersama menjalin keakraban para pemuda dan bapak-bapak yang ngerond, dan makan sahur yang terasa nikmat bersama teman ngeronda. #JalinPersahabatan #HikmahPuasa #JalinPersahabatan

Sahur pertama di bulan ramadhan kali ini terasa berbeda, karena sahur kali ini saya lakukan setelah usai bekerja. Bekerja pada shift closing merupakan sesusatu yang sangat melelahkan dan menyenangkan, melelahkan karena bekerja sebagai pekerja paruh waktu dari jam 11 malam sampai jam 3 subuh di salah satu restoran pizza ternama di Bali merupakan tantangan tersendiri. Disaat tersebut kebanyakan orang sudah terlelap, sedangkan saya masih berkutat dengan pekerjaan dan pada pagi harinya langsung dilanjutkan dengan kegiatan kuliah. Dan yang menyenangkan karena saya di tempat kerja sering berbagi cerita dan bertukar pikiran tentang hal apa saja, apalagi memasuki momen bulan Ramadhan banyak hal yang dapat saya ceritakan pada rekan kerja yang notabene mayoritas merupakan non muslim. mulai dari kapan mulainya puasa dan apa yang dikerjakan selama bulan puasa di sela sela pekerjaan. Ketika pekerjaan telah usai, waktu pulang telah tiba. Semua rekan kerja menyemangati saya untuk berpuasa meskipun memiliki banyak kesibukan dan tinggal di daerah yang mayoritas penduduknya non muslim. Saya menjalani sahur pertama kali ini tidaklah sendiri, tetapi bersama seorang sahabat seperjuangan ketika kuliah, jadi saya berinisiatif untuk sahur bersama dengan dia. Dengan menu yang sederhana tapi Insya Allah cukuplah untuk memenuhi tenaga selama sehari berpuasa, sembari makan sahur kita saling bercerita tentang segala hal dan membangunkan teman teman yang belum sahur di salah satu aplikasi pesan instan karena tinggal berjauhan serta di kost teman saya hanya dia yang muslim. Memang sahur pertama saya sangatlah sederhana dan melelahkan, tetapi sangatlah menyenangkan bisa berbagi hal kepada rekan kerja dan sahabat saya sendiri. Dan kegiatan membangunkan orang sahur tidaklah seperti di kampung halaman yang bisa membunyikan pentungan dan berkeliling kampung, tapi saya lakukan dalam keheningan demi menghormati masyarakat mayoritas yang ada di pulau Bali yang indah ini tempat saya menimba ilmu dan mengadu nasib. Sesederhana dan sekecil apapun perbuatan kebaikan yang kita lakukan, Insya Allah akan menjadi berkah di bulan Ramadhan ini dan bulan bulan yang akan datang. Aamiin Yaa Rabb…. #JalinPersahabatan

Load more