fbpx Sahur..sahur | Hikmah Puasa by Djarum

Sahur.. Sahur

Lihat semua tantangan

Sahur..sahur

Cara Jitu Bangun Sahur ala Rani dan Harival

Puasa sudah di depan mata nih. Hal apa saja yang sudah kamu persiapkan buat puasa ? Sebelum memulai puasa, kalian wajib untuk niat sahur. Tapi bisa dibilang orang masih susah bangun buat sahur. Apalagi orang-orang yang tinggal sendiri dan ga ada keluarga, kebayang dong susahnya bangun sahur.

“Berbagai macam cara dilakuin saat bangunin orang sahur.

Ada yang memainkan alat musik keliling desa, ada yang sambil teriak,

atau ada yang menggunakan pengeras suara masjid.”

Nah untuk kali ini, kami keliling komplek perumahan sambil membunyikan alat musik dengan keras. Alat musik yang kami pakai juga unik nih. Bermodalkan galon air, panci dan kaleng bekas, kami bangunin mereka yang akan puasa. Seru banget bisa membantu bangun sahur!

Dulu sewaktu masih jadi mahasiswa dan ngekos, kita sering banget bangunin teman kos yang mau puasa dengan pasang alarm beruntun dan volume yang super keras. Kadang mereka kesal sih karena kaget, tapi mereka juga bersyukur masih bisa sahur sebelum menjalani puasa. Wah itu pengalaman bangunin temen yang paling seru selama ini.

Semua hal itu dilakukan dengan maksud mulia, yaitu agar masyarakat lainnya bisa kuat untuk jalani puasa. Nah kalian maukah jadi salah satu dari orang-orang itu? Yuk ajak teman-temanmu untuk bangunkan sahur orang yang ada di sekitarmu. Siapa tau dengan bantu bangunin sahur, kamu bisa #JalinPersahabatan dengan warga di lingkungan kamu. Ikuti tantangan hari ini dan ceritakan pengalaman kamu sewaktu bangunin sahur. Pasti seru deh!

Cerita Mereka

Ini adalah kumpulan cerita dari mereka yang telah mengikuti tantangan #JalinPersahabatan. Jangan lupa untuk ikuti tantangan #JalinPersahabatan di Hikmah Puasa.

gianibetria1 month ago

Sahur kali ini saya cuma didepan tv makan seadanya sendiri lagi hehe #JalinPersahabatan

tatacs1 month ago

Saur dengan nasi dan lauk tahu tempe, Sederhana memang, tapi momen ini menjadi yang selalu dirindukan disetiap Saur dan Puasa Ramadhan tiap tahunnya. Menyantapnya bersama keluarga dan teman adalah salah satu cara jalinan persahabatan yang Insya Allah tidak akan putus. #JalinPersahabatan

arifbsnts1 month ago

Kalo sahur gapake acara tv gitu kadang jadi hambar buat saya. #JalinPersahabatan

zulkifli amri1 month ago

Punya adek kebluk banget. Susah bangeet dibangunin sahur. Sampe gua angkat-angkat, gua cipratin air, gendong ke meja makan, masih ajaaa ga bangun! Trus pernah gua bawain makanan ke kamar, anaknya melek! Weeyyy emang dasar pemalas. #JalinPersahabatan #SayangAdek #JalinPersahabatan

nurhilaliyahkoe1 month ago

Sahur disaat makanan lagi kosong dan tanggal tua.. Kadang cuma makan angin. #JalinPersahabatan

camerated1 month ago

nikmat makan sahur tuh ketika makan rame rame #JalinPersahabatan

Ika Puspita1 month ago

Didalam sahur selalu ada keberkahan. Meski begitu tak jarang ada orang yang masih malas bahkan sampai lupa bangun untuk sahur. Sepanjang saya menjalankan ibadah puasa, hanya beberapa kali saja kesiangan bangun sahur gara-gara alarm yang tidak bunyi. Beruntung sekarang sudah ada orang-orang yang berkeliling untuk membangunkan sahur warga. Mereka berkeliling sambil membawa alat musik. Seru loh, karena mereka nggak sekedar main pukul alat musik, tetapi musiknya berirama. Jadi semangat buat bangun sahur, deh. #JalinPersahabatan

Alvin Rachman1 month ago

Sahur. Ciri khas dari bulan ramadhan. Ini merupakan kisah ane saat ane SMP. Itung2 nostalgiaan ma temen ane yang skrg gak tahu pada kemana batang idungnya. Tepat pukul 3 pagi, kita berempat segera berkumpul ke mesjid. Sembari membawa gerobak+bedug. Keempat sahabat ini, sebut saja mereka yanto, deril dan dimas. Diantara kita in yang paling MVP ya cuma yanto. Ane yang dorong gerobak, yanto nabuh beduk, deril dan dimas nabuh permukaan bedugnya. Saat itu kita berencana berkeliling kampung, sambil muka sedikit ngantuk tapi kita semua semangat ngebangunin orang sahur. Dan yang paling kocak dan sering kena marahnya yaitu, bukan hanya bedug yang kita tabuh. Melainkan petasan juga ikut serta. Alarm yang bisa ngebuat orang jantungan. Kita keliling kampung, alhamdulillahnya terkadang kita mendapatkan menu sahur gratis dari warga. Kadang juga tidak. Ya mungkin karena atas ucapan terimakasih udh ngebangubin. Yah namanya juga rezeki ya. Terkadang kalau hoki dapet gratisan, kita berempat makan sahur bareng. Kalau nggak ya kalau gak dapet, terkadang pulang ke rumah masing2. Setelah itu balik ke masjid dan menunaikan ibadah shalat subuh. #JalinPersahabatan #JalinPersahabatan

yunikarahayuk1 month ago

Tau ga, biasanya sahur kalo jauh dari keluarga itu suka bikin sedih juga lho hehe #JalinPersahabatan

bunkq1 month ago

Sahur paling berkesan adalah saat menjadi anak kost. Dalam keadaan serba terbatas jauh dari orang tua, menjadi anak kost harus pintar-pintar mengatur uang. Lebih-lebih saat bulan Ramadhan datang. Yang namanya makanan di hari biasa terlihat tidak begitu menggoda. Namun di bulan puasa, serasa semua makanan ingin di coba. Namun apa daya uang perlu di atur agar tetap bertahan “hidup” hingga akhir bulan. Nah salah satu menyiasati asupan makanan tetap terjaga, terutama saat sahur tiba bagi ane seorang anak kost adalah dengan membantu ibu kost dan keluarganya. Biasanya ibu kost kalau bulan puasa selalu berjualan makanan buat buka puasa dan sahur. Dan dijual disekitar lingkungan kos. Setiap sahur ane selalu bangun jam 2 pagi membantu ibu kos menyiapkan makanan buat dijual. Setelah semua makanan siap sedia, saya sms in semua teman-teman sekitar lingkungan kos memberitahu kalau makanan sudah tersedia. Biasanya sekitar jam 3 pagi mulai deh berdatangan teman-teman kos untuk membeli makanan sahur. Ada rasa bahagia bisa membantu ibu kos mendapatkan pendapatan lain dan juga bisa membantu teman-teman yang ingin santap sahur. Dan terutama buat saya, jadi bisa mengirit uang kiriman orang tua. Indahnya Ramadhan 🙂 #JalinPersahabatan

Dimas Naufal1 month ago

Rumah gua di karawang, gua ngekos di jakarta. Kalo di bulan puasa biasanya gua balik jam 1 pagi, jadi sampe rumah pas jam 2.30 pagi. *biar gak macet makanya jalan jam 1 pagi* Di rumah gua itu selalu rame sama anak-anak nongkrong. Pada suatu ketika gua balik ke rumah, dan di depan rumah sepi bgt lg gak ada yang nongkrong. Gua masuk ke rumah juga sepi kayak gak ada orang. Pas gua cek ternyata keluarga gua msh pada tidur. Gua rebahan di salah satu sofa di rumah gua. dan gua ketiduran disitu… selang 30 menit, ada yang teriak kebakaran-kebakaran dari depan rumah. Sontak gua sama keluarga gua kaget banget langsung lari ke depan rumah. Dan ternyata gua dikerjain anak nongkrong yg biasa nongkrong di depan rumah. Cara bangunin sahurnya sialan banget. #JalinPersahabatan

falah551 month ago

ditempat saya itu anak2 sering bgt kalo bangunin orang sahur pake gong yg dibawa pake gerobak #JalinPersahabatan

akhmadkamalu1 month ago

Sahur diasrama sih buat gue paling berkesan. Seru #JalinPersahabatan

Musa Budiman1 month ago

Berhari-hari Berbulan-bulan Bertahun-tahun Kerja keras bagai Kuda 🙁 Apa daya sahur ga ada yang bangunin? Jangan sedih! Lembur di kantor bikin lo melek sampe sahur #JalinPersahabatan #JalinPersahabatan

Baru banget kejadian kemaren, gw sama temen gw udah janjian buat sahur. Kita berdua udah pasang alarm jam 3. Tapi apa daya, kita berdua bangun jam 4.15 Kita langsung terbirit-birit buat nyari tempat makan buat sahur. 10 menit kemudian kita dapet makan sahur di warteg, itu juga makanannya tinggal sisaan serbuan orang sahur. Alhasil kita makan buru-buru, pas imsak kita gak denger kalo udah imsak. Pas bgt kita kelar makan, ehhh pas mau minum udah kedengeran adzan Subuh. Bener bener dah pengalaman sahur terburu-buru selama hidup gw sama tmn gw itu. #JalinPersahabatan

shintaflorence1 month ago

alarm adalah teman setia yang akan ngebangunin kita saat sahur apalagi di rumah cuman sendiri jadi yaa harus terbiasa dibangunin sama alarm semoga pas lebaran langsung ke pelaminan hahaa #JalinPersahabatan

indaharipratiwi1 month ago

Sahur ga sahur yang penting mah bangun aja dulu wkwkw gue kadang bangun sahur doang tapi ga makan. #JalinPersahabatan

mhilmi201 month ago

sahur itu wajib dalam menjalankan ibadah puasa, makanya yuk kita sahur #JalinPersahabatan

Aldi Nur1 month ago

Paling seru bangunin sahur itu keliling sambil nerikain nama-nama tetangga satu-satu. Pak Rojaaakk Pak Rojaaakk banguuun sahuuuurrrr!! Sahuuuuurrr!!! Dan seru banget kalau dilakuin bareng temen-temen dan anak2 komplek hahah #JalinPersahabatan #JalinPersahabatan

amaliaputri221 month ago

menu saur kali ini apa ya dari ibu asrama, semoga aja bukan sayur bening lagi #JalinPersahabatan

muchtarlorrent1 month ago

paling seru kalo lagi sahur bareng sama teman dan bisa keliling komplek perumahan buat ngebangunin yang belum sahur #JalinPersahabatan #JalinPersahabatan

tukiyem011 month ago

tradisi yang paling berkesan adalah bangunin Orang sahur.. karena cuma dimomen ini Kita bisa teriak2 dan berisik disaat orang lain sedang tidur tanpa diomelin..wkwkwk… eitss tapi itu dulu, semenjak kerja ane udah ga ngelakuin itu lagi.. boro2 bangunin Orang, Ane aja males mau sahur.. tapi puasa kali ini Ane beberapa kali terbangun ketika ada Anak2 kecil yang lagi bangunin sahur, dan pas ngintip dari jendela seolah membuka pintu memori yang bikin nyengir2 sendiri.. apakah bisa terulang lagi ? atau hanya jadi sebatas memori ? ah biarkanlah berjalan apa ada nya … #JalinPersahabatan

brilianfisca1 month ago

Sahur pake ikan teri gue kalo dikampus masih ada kegiatan ampe besok karena nginep. #JalinPersahabatan

windacoetz1 month ago

sotr yg bisanya ngerusak sarana umum itu norak. kalian bukannya ingin berbagi ke orang yg tidak mampu tapi kalian ingin unjuk gigi #JalinPersahabatan

aldwineka1 month ago

Gue biasanya sahur sambil ngelindur anjir ahaha #JalinPersahabatan

rachmawatidevi1 month ago

Sahur bareng emg seru kadang suka ikut sahur on the road juga tapi pengen ngerasain sahur sendiri ahaha #JalinPersahabatan

manomans1 month ago

pernah pas kuliah dulu tuh kalo sahur di kosan makan ampe sepiring rame rame. #JalinPersahabatan

sutarno.no1 month ago

Sahur pas lagi dikampung tuh sepi tapi suasananya enak. Apalagi bareng keluarga lainnya kan. #JalinPersahabatan

punya temen yang susah dibangunin sahur dan dia ngekos sendirian. menyiasati itu, kita ber6 selalu estafet bagunin tgemen kita dengan nelponin tiap 5 menit sekali secara bergiliran. biar dia sahur dan gak ada alasan diet diet lagi #JalinPersahabatan

srahayudes1 month ago

Puasa ramadhan, suatu bulan dimana banyak sekali dinantikan oleh banyak setiap umat muslim. Kenapa? karena berkahnya di bulan ramadhan itu tiada tara, banyak sekali kebaikan yang akan menjadi pahala. Salah satunya ketika membangunkan orang sahur, beberapa tahun lalu ketika aku masih menjadi bagian anggota remaja mesjid di kampung tempat tinggalku, aku dan kawan-kawanku bersiap siaga pukul 02.00 untuk keliling kampung dari gang ke gang, membawa galon, panci, ember, ataupun suatu benda yang bisa membuat bising. Alat-alat tempur itu kami gunakan sebagai ‘musik’ untuk membangunkan orang sahur. Kami berkeliling sampai pukul 03.00 untuk membangunkan warga yang sahur, tak disangka banyak juga warga yang memberi kami ‘hadiah’ karena telah membangunkan dari tidur lelapnya. Hadiah itu biasa kami peroleh berupa makanan sahur, roti, ataupun camilan. Ah.. senangnya, tapi sayang sekarang sudah tidak bisa seperti itu lagi. Karena teman-teman yang sudah tidak lagi berada disini. Mereka hijrah ke kampung lain, adapun yang sudah berkeluarga sehingga tidak dapat mengikuti kegiatan remaja mesjid yang seperti ini. Kini, yang membangunkan sahur bukan lagi kami, tapi seseorang yang telah menggantikan tim kami. Alhamdulillah masih ada yang mau dan menyempatkan waktunya untuk membangunkan warga untuk sahur. #JalinPersahabatan

rinapermata1 month ago

Sahur ama sohib suka gabener keppake buat ngobrol doang hahaha. #JalinPersahabatan

centrocampistaa1 month ago

Puasa tahun ini aku banyak menghabiskan puasaku di kantor, bahkan untuk buka & sahurpun aku lakukan dikantor. Saat sahur, aku bersama teman-teman biasa menghangatkan makanan yg kita beli malam harinya. Temen2 selalu bergantian untuk berjaga atau bertugas membangunkan kita sahur. Karena memang kerja kita yang menggunakan sistem shift. Ramadhan tahun ini memang berbeda, karena jauh dari keluarga. Namun ada hikmah yang bisa dipetik yakni solidaritas antar rekan kerja. #JalinPersahabatan

fildzahaqila1 month ago

Dulu sahur pas masih di asrama tuh seru bgt, soalnya rame haha tapi kalo sahur pas libur lagi ga di asrama jadi kerasa gitu sepinya. #JalinPersahabatan

alifiasabila1 month ago

Kadang bisa sahur bareng aja udah bersyukur banget soalnya biasanya tiap bulan puasa pisah ama keluarga. #JalinPersahabatan

ichanamien1 month ago

jangan jadiin alesan ga sahur itu sebagai alasan untuk tidak berpuasa #JalinPersahabatan

Rahayu Suciati1 month ago

Bangunin sahur bukan pas jaman kecil aja, sekarang juga bisa. Di era perkembangan teknologi, sebagai generasi yang melek teknologi harus bisa manfaatin apa yang ada. Nah, dengan adanya hp bikin komunikasi jauh lebih mudah. Bukan cuma bisa bangunin yang deket, tapi yang jauh juga. Contohnya nih waktu puasa pertama sebagai mahasiswa (baca: anak kos), pasti takut banget nggak kebangun pas sahur, tapi dengan adanya temen2 yang solid banget udah kayak keluarga nggak takut deh bangun kesiangan. Jadi aku ikut organisasi gitu di kampus, nah sesama anggotanya pasti bangunin sahur, siapa aja, yang bangun duluan, coba telfon ke rekan laiinnya. Dan ini membantu banget. Pernah habis lembur tugas dan tidurnya larut, lupa pula nyalain alarm. Tapi alhamdulillah ada yang telfon aku dan kebangun deh.. #JalinPersahabatan #JalinPersahabatan

veteran.joe1 month ago

Dulu semasa anak-anak membangunkan orang sahur adalah salah satu kegiatan rutin favorit. Para sahabat di desa berlomba untuk membawa alat tetabuhan sesuai selera masing-masing. Berbekal sarung dan rasa riang kami berkeliling komplek sembari mengalunkan lagu atau seruan sahur… sahur.. sahur.. mengelilingi desa. Kini setiap aku melihat anak-anak membangunkan orang sahur keliling desa aku seperti ingat diriku yang dulu. Betapa riang masa itu membangunkan orang sahur dengan sukacita. #JalinPersahabatan

mr.blegedez1 month ago

Puasa sudah di depan mata nih. Sebelum memulai puasa, kita wajib untuk niat sahur. Tapi bisa dibilang orang masih susah bangun buat sahur. Apalagi orang-orang yang tinggal sendiri dan ga ada keluarga, kebayang dong susahnya bangun sahur. Tapi di Jepara ada Tradisi Unik di Setiap Bulan Puasa namanya Tradisi Thontek,Thontek adalah tradisi membangunkan Orang sahur pake alat-alat tradisional seperti kentongan,Drum Bekas bahkan Alat-Alat Dapur Tua Muda bahkan ana-anak selalu menyambut dengan gembira tradisi Thontek ini bahkan setiap akhir bulan puada akan diadakan lomba Thontek seluruh Jepara,pokoknya setiap yang pingin berkunjung kejepara setiap bulan puasa sempat-sempatlah kalian meliat tradisi Thontek yang udah terkenal di Jepara #JalinPersahabatan

noviyantiputri1 month ago

Well, ga selamanya sahurnya orang orang berduit itu mewah.. Gue punya temen curhat soal itu mulu wkwkwk #JalinPersahabatan

prilliaangela1 month ago

kecerian sahur adalah saat ngebangunin warga komplek dengan mainin petasan yang suara nya aduhai, sempet sih ane diomelin sama ema, ekh pas kesininya jadi di fasilitasin sama warga komplek jadi media buat ngebangunin pas sahur #JalinPersahabatan

kaksus101 month ago

Dulu waktu saya masih kuliah, saya sempat ngekos di perumahan dekat kampus. Kebetulan kampus saya berada dekat dengan perumah yang umumnya beragama non muslim. Berada di lingkungan tersebut tentu saja tidak ada yang membangunkan Sahur, terlebih lagi waktu itu adalah tahun pertama saya menjalani puasa Ramdhan. Ya, saya seorang mualaf dan waktu itu saya benar-benar merasa sendiri dalam melakukan ibadah puasa Ramadhan. Alhamdulillah pada waktu itu saya memiliki sahabat yang benar-benar bisa saya andalkan. Dia selalu berbaik hati membangunkan saya Sahur. Pada masa-masa kuliah, pulsa telepon terasa sangat mahal loh, tapi sahabat saya ini membangunkan saya tidak hanya dengan miskol, tapi benar-benar menunggu saya terbangun dan menjawab panggilannya. Alhamdulillah banget, kalau saya ingat-ingat memang dia sahabat saya yang terbaik. Walau kini kami sudah jarang bertemu karena kesibukan masing-masing, namun kami yakin, ada nama kami yang diucapkan di dalam doa kami masing-masing. #JalinPersahabatan

eghy1 month ago

Jaman masih ngekos pernah nebeng sahur di rumah kawan karena lagi bokek. Duh terharu banget kalau inget itu #JalinPersahabatan

yunitawallace1 month ago

kalo sahur telat itu nyesel banget apalagi kegiatan seharian penuh itu full banget, yaa solusi terbaiknya adalah ngadem di ruangan ac kantor seharian hahaa #JalinPersahabatan

Reza Langi1 month ago

Ramadan tahun ini sangat menarik buat gua. Awal Ramadan gua ngabisin waktu gua di Bandung, biasa anak rantau nebeng tinggal di rumah temen. Nah, karena rumah temen gua ini isinya anak muda semua (dia dan adik-adiknya, karena kebetulan orang tua dia tinggal di rumah yang berbeda), jadi habis buka puasa, kerjaan kita nongkrong, jam 12 malem atau jam 1 malem baru pulang, trus main Mobile Legend bareng sambil nunggu sahur, trus kita sahur bareng, trus shalat subuh. Alhasil kita ga tidur sampe Subuh 🙁 Hal-hal kecil sambil nunggu sahur ini yang bikin kita makin #JalinPersahabatan di bulan Ramadan. Daaaannn, kebiasaan ini kebawa sampe H-21 Ramadan ini, gua gapernah tidur sampe subuh. PR banget buat ngatur jam biologis pas lebaran nanti 🙁 But, I love it. #JalinPersahabatan

selvinanovita1 month ago

sahur tahun ini sepi, tanpa kehadiranmu baik disana , aku menunggu #JalinPersahabatan

gm.runningman1 month ago

ane paling sulit kalo di bagunin sahur sama ema, ekh sekarang merasakan pas punya anak bagaimana itu susahnya buat bangunin sahur hahaa #JalinPersahabatan

M Ridwan1 month ago

Hari Pertama di bulan ramadhan taun ini.. saya berkesempatan untuk langsung bisa bermalam dan saur hari pertama di basecamp tempat kita selalu berkumpul bersama. Mayoritas dari kami adalah para rantauan dan kami semua adalah anak yatim. Kami sudah biasa hidup mandiri. Saur pertama kami biasa pasang alarm dihandphone kami masing- masing. Kita pun adalah tim, ada yang bagian masak ada juga yang menyiapkan peralatan makan. Kita sudah saling mengenal satu sama lain. Saur pun adalah waktu yang paling menyenangkan untuk saling bercerita satu sama lain, ada cerita sedih maupun cerita bahagia. Dan ini waktu yang pas untuk quality time kami. #JalinPersahabatan

anitamurizah1 month ago

Sahur cuma pake gorengan tadi sore emg paling terbaik lah. #JalinPersahabatan

o.best1 month ago

Kisah #JalinPersahabatan aku saat sahur ialah janjian dengan sahabat sekitar jam 02.00 untuk membangunkan orang sahur dengan menggunakan bedug, dan beberapa tongkat atau kentongan keliling kampung sambil memainkan beberapa instrumen musik bedug dan berteriak sahurrr…sahurrr…sahurrr…sahurrrr…..kegiatan ini biasa kita lakukan saat bulan puasa tiba bahkan dari ane kecil sekitar umur 6 tahun sampai sekarang aku dan sahabat selalu melakukan kegiatan ini disetiap sahur, bahkan orang2 dikampung aku sangat positif menerima akan adanya keberadaan kami. Bahkan ada tetangga juga yang biasa membagikan makanan sahur kepada kami, moment menyenangkan bersama sahabat dengan kegiatan positif #JalinPersahabatan

albertzonaidris1 month ago

Momen sahur adalah momen yang aling kurang di sukai oleh sebagian orang, masih ngantuklah, lemes lah banyak banget alesannya. Ngomongin sahur ada cerita lucu waktu bangunin sahur sahabat ane, karena doi termasuk orang yang susah banget di bangunin akhirnya ane punya akal bangunin dia dengan cara nelponin doi sampai bangun haha.. doi lebih cepet bangun kalau ada suara tlp dari pada dibangunin secara manual.. #JalinPersahabatan

Load more