fbpx Masakan Dariku | Hikmah Puasa by Djarum

Masakan Dariku

Lihat semua tantangan

Masakan Dariku

Coba-coba Bikin Takjil ala Sandra dan Fadil

Bulan Ramadhan yang selalu dirindukan, akhirnya datang juga. Banyak hal dari Ramadhan yang ditunggu kedatangannya. Salah satunya adalah makanan yang hanya ada di bulan Ramadhan. Makanan memang sering jadi alat untuk merekatkan suasana antara keluarga, teman, bahkan orang lain. Apalagi makanan yang disajikan itu adalah buatan kita sendiri.

Kali ini, kita menantang diri untuk memasak makanan untuk sahur dan buka puasa. Ini adalah pengalaman pertama kita masak untuk orang lain. Biasanya, kalau sahur selalu beli atau ada mama yang masakin. Terus untuk berbuka, biasanya kita buka bareng sama temen-temen di luar. Awalnya deg-degan, takut masakan yang kita buat tidak enak rasanya. Tapi demi sahabat, kita jadi bersemangat nih.

Menurut kita, ini adalah perbuatan yang sederhana tetapi berdampak yang besar buat orang sekitar. Cobalah kalian sesekali membuatkan makanan sahur atau berbuka untuk keluarga atau teman. Tidak perlu makanan yang mewah untuk membuat orang terdekatmu merasa dihargai.

Cukup buatin masakan terbaik yang bisa kamu masak untuk mereka. Lihatlah bagaimana reaksi mereka ketika mengetahui bahwa makanan tersebut kitalah yang membuatnya. Selamat mencoba, ya!

Cerita Mereka

Ini adalah kumpulan cerita dari mereka yang telah mengikuti tantangan #JalinPersahabatan. Jangan lupa untuk ikuti tantangan #JalinPersahabatan di Hikmah Puasa.

duo bumbu1 month ago

belajar masak itu harus. apa yang bikin semangat ? ya karena ingin membantu orang di rumah yaitu dengan bantuin masak hehehe #JalinPersahabatan

chokiboy1 month ago

Namanya teman atau sahabat itu gaperlu ada yang namanya perhitungan.. bener kan ? 😀 bener dong . . . . Kali ini ceritaku belum lama aku alamin, pada saat puasa hari ke 3 tahun ini aku menginap di kontrakan teman kuliahku. . jadi waktu itu kan jam 3 : 10 pagi waktunya kita santap sahur. nah karna kita pada males keluar buat beli makan sahur, mau ga mau ada 3 bungkus mie yang lucunya lagi ini kontrakan enggak ada kompornya guys :v Terpaksa kita menggunakan magicom buat memasak nasi sebagai alat masaknya, dan gambar mie disamping kiri adalah foto mie yang aku buat untuk aku dan temanku yg kemudian kita share foto itu ke grup whatsapp. “sahur pake mie ga rekomended 😀 lho ya #JalinPersahabatan

teguhmuhammad1 month ago

belajar bikin donat yang ala-ala buat buka puasa bareng anak tercinta bisa sekaligus ngisi waktu luang dan bisa berkreasi bareng tentunya sekaligus bisa mengembangakan kreativitas anak. #JalinPersahabatan

veronicabroto1 month ago

lagi belajar ngehias makanan siapa tahu buka puasanya jadi makin nikmat dan semua pada suka kan sudah ala ala restoran haha #JalinPersahabatan

Selama bulan puasa, ada banyak hal yang harus Aku siapkan dengan baik, Selain menyiapkan fisik yang prima dan hati yang siap untuk beribadah, menyiapkan aneka resep-resep hidangan berbuka puasa dan sahur patut jadi hal yang tidak boleh dilewatkan. Membicarakan tentang hidangan berbuka puasa rasanya tidak lengkap kalau kita tidak menyiapkan aneka resep tajil sebagai pelepas dahaga di kala berbuka. Sekarang kita tidak perlu sibuk membeli tajil setiap hari karena inspirasi tajil sehat nan lezat seperti yang Aku kreasikan sendiri ini bisa kalian coba di rumah. ” Puding Passion Green Tea ” Selain resepnya praktis dengan bahan baku yang mudah didapat, tajil buatan sendiri pasti lebih sehat dan higienis kan,? #JalinPersahabatan

Tidak perlu makanan kekinian yang mahal atau serba wah namun cukup yang bisa mengantarkan rasa kebahagiaan ketika menerima dan mencicipi masakan .Itu menurut pendapat saya yang sederhana. Manakala ada orang yang bahagia saat menikmati makanan berarti makanan tersebut diolah dengan penuh rasa cinta. Itu yang saya rasakan bersama keluarga tercinta menjalani puasa ramadan ini bersama si bungsu jadi pengalaman baru. Mereka semua begitu lahap dan senang akan sajian makanan yang dimasak oleh ibunya sendiri. Ada semangat baru untuk belajar puasa asalkan dimasak bunda tercinta. Kekuatan cinta dalam masakan jadi kunci utama keharmonisan keluar nih. Selain itu saya suka berbagi masakan terhadap tetangga kanan-kiri juga keluarga mamah mertua. Sehingga jalinan silahturahmi tetap terjaga dengan baik #JalinPersahabatan

zennialinanurul1 month ago

Yess..akhirnya takjil ekxtrim ini jadi juga requesan dari sang sahabat, setelah penuh perjuangan jadi juga nii kue sarang gunung hahaa.. rasanya jangan di tanya perpaduan manis dan gurih serta crunchi dijamin gak bakal mau berenti..buatnya berjam -jam makannya 5 menit doank..gapapa asal bisa bikin sahabat gue seneng itu udah cukup #JalinPersahabatan

daffawinata1 month ago

menu berbuka yang pas bangat yaa soup seafood yang hangat untuk menemani santap malam di rumah bareng keluarga tercinta di ramadhan penuh berkah ini #JalinPersahabatan

rickyputra961 month ago

Siapa yang tak kenal ind*mie, makanan yang sudah familiar di masyarakat. Namun ada yang beda dengan membuat mie kali ini, karena buatnya di villa yang gak ada kompornya, untung aja bawa kompor portable. (btw ini dalam perjalan menuju pantai ciputih dengan uang pas pasan, karena awal mula niatnya cuma ke anyer hahaha) #JalinPersahabatan

veteran.joe1 month ago

Dua tahun yang lalu setiap sahur, saya selalu memasak untuk keluarga. Ya walaupun masakan sederhana saya tawarkan kepada orang rumah bahwa makan untuk sahur adalah tanggung jawab saya. Saya cuma ingin membantu meringankan orang tua, Alhamdulillah mereka bersedia. Selama dua tahun berturut-turut saya selalu memasakan untuknya. Dan ramadhan sekarang saya sudah tidak lagi memasak untuk orang tua karena kesibukkan kerjaan dan jarang pulang kerumah. Setidaknya dua tahun terakhir mereka bisa mencicipi masakan dari saya. Alhamdulillah #JalinPersahabatan

Zikri Adha1 month ago

Saya zikri di gambar yg paling kiri adalah seorang mahasiswa rantau di yogyakarta yang mana kota yg saya tempati sekarang di kenal dengan kota pelajar dan wajar jika banyak para pelajar yang berbondong bondong untuk memilih merasakan merantau di kota yogyakarta ini, disini saya sudah jalan tahun ke tiga atau lebih tempatnya sedang menjalani semester enam, disini saya banyak bertemu dengan orang orang baru dan sepertinya saya sudah cukup bisa mengenal seseorang dari ada yang mau butuhnya saja dia datang kekita dan saat senang entah menghilang, tapi saya tidak ambil pusing walau dulu saat pertama merasakan hal tersebut rasa sakit hati pernah datang, tapi sekarang seakan sudah kebal dan lebih dapat menilai orang dengan seksama. Di semester yang sudah lumayan tua ini kebetulan saya memiliki teman atau bahkan bisa di bilang sahabat yang kebetulan memang mereka teman masa sekolah kejuruan dulu tetapi kami di yogyakarta berada di kampus yang berbeda, kadang kita sering kumpul walau tugas kampus numpuk tetapi hal tersebut yang membuat kita menghilangkan stres sesaat dan memperbaharui semangat kita yang mana hal tersebut didapat dari semangat yang di berikan pada sahabat sahabat kita, karena waktu yang di butuhkan untuk bertemu tidak bisa salalu lama maka seringnya kami masak di salah satu tempat kos sahabat yang kebetulan ada kompor dan alat alat masak. Dimulai menentukan hari sampai menu apa yang mau dimasak sebelumnya kita diskusikan, dan pada hari H kita bagi bagi tugas dari yang belanja ke pasar atau supermarket sampai yang menyiapkan alat kami semua kompak membagi tugas yang sudah di sanggupi, biasanya kami memasak masakan masakan yang cukup sulit ada di kota ini atau sekalipun ada rasanya cukup beda dari yang biasa kami makan di tempat asal kami, dari mulai keredok, gado gado, ketoprak, seblak, sampai masakan ala rumah yang biasa salah satu biasa ibu kami masakan… Ya sekian cerita dari saya sebenarnya banyak yang bisa di ceritakan pada cerita tentang mahasiswa rantau tetapi karena keterbatasan waktu jadi cukup sekian, terima kasih 🙂 #JalinPersahabatan

2 months ago

Hamburger I made for my mom & dad. #JalinPersahabatan

sintamaharani1 month ago

oseng buncis sederhana tapi penuh makna, berbuka puasa di alam terbuka #JalinPersahabatan

penikmat.asin1 month ago

Mie instan adalah menu favorit anak kos-kosan kaya gue. Saking favoritnya, gue selalu punya banyak persediaan mie instan ini di kosan gue. Jadi ga perlu beli-beli lagi. Setiap ada sahabat-sahabat gue yang main ke kosan, tak jarang gue selalu masakin mie instan dengan tak sebiasa anak kos lain. Mie instan yang gue buat itu gak sepolos yang kalian-kalian pernah bikin. Mie instan yang gue bikin ini lebih mirip sama mie instan yang ada di cafe-cafe. Gimana engga, selain make telor, sayur dan mienya, kadang gue selalu menambahkan toping-toping lainnya yang aneh tapi kalau kata pengunjung kosan gue sih enak aja hahaha. #JalinPersahabatan

inase3011 month ago

masak adalah salah satu hal yang gak gue sukai karena satu dan lain hal. Apalagi di bulan ramadhan ini rasanya gue ga perlu ribet -ribet masak karena berbagai macam makanan udah di jual dan tinggal langsung beli. Tapi rasa ga suka gue terhadap masak adalah ketika gue iseng mencoba membuat bola-bola mie untuk berbuka puasa ini dan gue berikan kepada teman-teman kosan gue dan mereka seneng sama masakan gue! Gue merasa terharu karena untuk pertama kalinya di percobaan masak gue temen-temen gue langsung suka sama masakan gue! Senangnya ! #JalinPersahabatan

Ikhwan Muttaqin1 month ago

Membuat takjil untuk berbuka puasa bagi saya adalah membuat es buah, tinggal potong-potong buah, masukan kedalam mangkok dan tambahkan batu es, sedikit air, susu, sirup, es buah sudah bisa dihidangkan dan bisa diberikan kepada teman untuk dimakan saat buka puasa. Selain semakin mempererat pertemanan juga dengan memberikan makan orang untuk berbuka puasa juga berpahala. #JalinPersahabatan

cassowhipped1 month ago

Katanya ngasih orang ta’jil itu bikin yang memberi memperoleh pahala setara mereka yang berpuasa tanpa mengurangi pahala yang berpuasa sedikitpun. Akhirnya gue sama 2 temen patungan buat masakin mie telor untuk 1 asrama #JalinPersahabatan

FvckBz1 month ago

Walaupun sederhana dan emang tidak bagus, tetapi saya merasa senang bisa memasak sendiri. #JalinPersahabatan

mrbutong1 month ago

Di Banten, makanan khas berbuka puasa yang paling sering dicari dan disajikan adalah Ketan Bintul. Suatu makanan yang pada jaman kerajaan Banten dahulu sangat disukai oleh para raja Banten. Gue dan sahabat memang tidak bisa membuat Ketan Bintul seenak bibi-bibi yang jualan di pasar-pasar tradisional di kota kami. Tapi kami selalu mencari Ketan Bintul terenak sepanjang Ramadhan ini. Yeah, sebuah keseruan sering terjadi saat mencari yang terenak ini. #JalinPersahabatan

9999999991 month ago

Makan sahur tu kadang bikin males. Tapi kalau udah dibikinin nasgor teri sama istri mah gak jadi males. She’s the best… #JalinPersahabatan

Nia Nurdiansyah1 month ago

Kamu memasak untuk teman-teman yang akan kamu tinggalkan. Sebuah jamuan makan bersama dengan hidangan sederhana, mie goreng dengan bumbu pecel, ayam bakar, tumis buncis dan bakso. Ini adalah sebuah kebersamaan terakhir yang ingin kamu kenang. Tentang keluarga baru selama kau tinggal di kota ini, juga tentang persahabatan dengan begitu banyak teman. Aku ikut menikmati hidangan itu sebagai tanda persahabatan. Juga untuk mengenang kebersamaan yang pernah kita lalui bersama. #JalinPersahabatan

Tadaaaa, sumpah yah gue gabisa masak dulu. tapi sekarang semenjak punya hp dan harga kuota murah apalagi pake xl jadi gue bisa tiap hari googling resep makanan dong…..dan ENAK. Gue yakin deh semua orang bisa masak asalkan niat, berani dan punya modal buat beli paket data hahaha nih hasilku aaaaa coba aja kalian bisa cobain masakan gue pasti deh skrg gue udh punya jodoh 🙂 #JalinPersahabatan

020419801 month ago

Inilah buka bersama sekaligus reuni teman SMA setelah bertahun-tahun tidak ketemu,duh senangnya #JalinPersahabatan

Memasak sendiri untuk menu sahur maupun buka puasa hal yang sangat menantang bagi saya. Mengapa? Karena kita merupakan keluarga besar yang tentunya banyak sekali menu yang disiapkan sesuai selera saya, suami, anak, orang tua saya maupun suami yang tiap ramadhan kami berkumpul. Nah untuk menyiapkan menu tersebut awalnya saya membuat daftar request makanan terlebih dahulu, kemudian menyiapkan dan dimulailah memasak sendiri terkadang dibantu juga sich oleh ketiga anak balita saya. Meskipun lama proses memasaknya hasilnya membuat keluarga tercengang karena berhasil semua request dihidangkan dan rasanya….. Ga perlu ditanya dech, lha saya jago masak koq. he…he….2x coba kalau dilihat reaksi mama dan ibu dari suami saya cuma lihat makanan kemudian saya lihat makanan lagi lihat saya lagi, berulang-ulang begitu terus. saya jadi tersipu malu.. #JalinPersahabatan #JalinPersahabatan

jenyputrihuis1 month ago

Taraaa..nasi goreng kambing hasil masakan diriku yang ku persembahkan u tuk suami tercintahh..biar tehaer cepet turun hihii #JalinPersahabatan

rahmatrizki771 month ago

Ini dia nasi goreng pedas persembahan buat istri tercinta,nasi goreng yang dimasak penuh cinta buat menu berbuka puasa. Jadi makin romantis kan yaakk.. #JalinPersahabatan

karesakarestin1 month ago

Walaaahh this is it, Menu spesial hari ini untuk buka puasa ala Anak Kos, terung ungu sambal petai balado, ikan mas gulai medan, tauco genjer cabe hijau, dan kerupuk ikan… Rasanya Juara.. Ala Dr cooking, memasak jd menyenangkan.. 💕.. Yang di Jepara dan Sekitarnya bolehlah merapat Yuuk Ikutan Incip-Incip Mantap dah #JalinPersahabatan

kaksus101 month ago

Bulan Ramadhan saat yang tepat untuk mempererat tali silahturahmi. Di hari-hari tertentu, di bulan Ramdhan, kadang saya sengaja memasak banyak untuk disajikan kepada teman-teman yang sedang berkunjung ke rumah. Tidak perlu yang mewah, yang simple saja sudah bikin momen berkumpul dengan teman-teman jadi makin seru. #JalinPersahabatan

bunkq1 month ago

Sambel Goreng Kentang Udang Plus Peteeee…. yaaa itu adalah makanan wajib hadir selama bulan Ramadhan. Bertahun-tahun selalu ibu yang buat. Mulai dari belanja bahan di pasar sampai terhidang dimeja makan tidak pernah ada campur tangan saya sedikitpun. Memberanikan diri meminta kepada ibu untuk mencoba membuat sendiri, tentunya masih perlu bimbingan dan panduan dari ibu. Mulai dari beli bahan-bahan seperti udang, kentang, cabe, bawang putih, bawang merah, dan tentunya peteee. Menyiapkan bahan satu persatu, tumis, ulek, giling, potong, semua dalam pengawasan ibu. Hingga tersaji di meja makan dan di nikmati bersama keluarga. Pelajaran yang dapat di ambil adalah jangan pernah takut untuk mencoba. #JalinPersahabatan

avillgoods1 month ago

masak makanan paling gampang enak dan sehat. jadi satu keluarga inshaallah seht dong yeay doaakan yah #JalinPersahabatan

ini aku masak waktu ada acara potluck untuk teman2ku. Kebetilan kami reunian sma, dan tiap orang harus membawa makanan masing2 untuk dibagikan. Awalnya aku memang kurang bisa memasak, tetapi setelah mencoba memasak, aku jadi ketagihan. #JalinPersahabatan

yakub murni1 month ago

Siapa yang makanan favorit pas bukaan itu Kolak Pisaaanggg??? Gua gua gua! Yes, kolak pisang is the best. Dan yang paling the best itu buatan rumah. Pernah ya gua ajak temen-temen sekelas buat buka bareng di rumah gua gara-gara mereka sering banget denger cerita gua soal kolak pisang rumah gua yang super endeeeesssss….. #JalinPersahabatan #JalinPersahabatan

1 month ago

Aku memang jarang sekali memasak.. aku memasak saat aku berada di gunung.. itu pun hanya alakadanya.. Tapi tak ada masakan yang bisa mengalahkan masakan seseorang yang ada di gunung.. lauk sayur mayur dan tahu beserta tempe pun saya dan kawan kawan sudah beayukut bisa menikmati makanan yang disajikan yuhan untuk kita di gunung.. memang tak selezat makanan restoran atau tak seenak masakan mamak di rumah.. tapi di sini aku isa menghargai setiap makanan yang bisa masuk kedalam perut.. beruntunglah kita yang masih bisa merasakan lezatnya makanan setiap hari karena di liar sana masih banyak yang kelaparan akibat tidak bisa makan.. #JalinPersahabatan

o.best1 month ago

Bulan puasa begitu sangat dirindukan oleh umat muslim didunia. Karena dibulan ini kita di ajarkan untuk saling berbagi, saling tolong menolong, saling bahu membahu. Yups, apa sih yang bakal lu lakuin kalo tetangga kos lu lgi kekurangan uang untuk membeli makan berbuka? Apalagi anak kost, yups mungkin sedikit berbagi makanan kepada mereka akan membantu mereka menikmati bulan puasa ini, apalagi mengajaknya untuk buka bersama dirumah. Apalagi menunggu tanggal tua. Pasti pas pasan sekali untuk makan . Nah di bulan puasa ini mari kita berbagi meskipun hanya beberapa porsi makanan saja. Agar mereka pun bisa merasakan nikmatnya bulan suci ramadhan. #JalinPersahabatan

Selamet Hariadi1 month ago

Di Bulan Ramadan kita berpuasa, dengan puasa ini momentum untuk mengontrol asupan makanan untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Kita dapat mengontrol pola makan di bulan puasa dimana situasi lebih mendukung. Ramadhan ini perlu dimanfaatkan untuk mengatur pola makan dan hidup yang baik bagi kita. Nah, masakan yang cocok dibuat adalah sayur. Cara membuatnya cukup mudah nih! Cuci sayur mentah, lalu rebus dengan air mendidih. Setelah itu tiriskan. Mudah kan? Sayur memiliki banyak sekali manfaat dan cara mengolahnya pun sebenarnya cukup mudah. Sayur, menu sahur terbaik yang sehat untuk kita semua. Zat antioksidan di dalam sayur berguna untuk mengurangi resiko kanker hingga baik bagi kekebalan tubuh kita. Jadi sayur ini makan yang sehat, mudah buatnya dan bisa untuk keluarga atau sahabat! #JalinPersahabatan

harun husni1 month ago

Lo tim apa? Tim Gorengan apa Tim Kolak? Kalau gua dua duanya. Ga terpisahkan. Dan paling gampang dimasak dan dibagiin ke temen-temen juga. Yoi #JalinPersahabatan #JalinPersahabatan

phannu.ari1 month ago

Ini adalah masakan andalan kami ketika sahur. Sambal tahu & tempe ditemani sayur bayam yang lezatnya bukan main. Cara buatnya juga gampang dan tidak memerlukan bumbu yang banyak. Dimakan hangat – hangat paling nikmat. Masakan ini kubuat untuk teman yang akan santap sahur subuh itu. Kata temanku rasanya nikmat dan akupun ikut santap sahur meskipun aku tidak melaksanakan ibadah puasa. Jadilah meja makan itu sebagai saksi indahnya pertemanan kami di bulan Ramadhan ini. #JalinPersahabatan

ekapratiwihusen1 month ago

bikin yang seger-seger buat buka puasa, karena yang seger bisa ngebuat kita jadi tambah semangat buat buka puasanya, kaya yang aku buat ini strowberry smoth yang enak banget #JalinPersahabatan

vapemarket1 month ago

masakan enak sedunia nih. aku lagi diet so yang bisa ku masak ya cuman ini aja gapapa lah yang penting ku udha berusaha #JalinPersahabatan

yolaandhias1 month ago

satu satunya makanan enak yg gw buat (menurut temen gw) nasinya ditutupin biar keliatan diet #JalinPersahabatan

kecilkecilpedas1 month ago

Berhubung beberapa hari puasa yang telah berlalu selalu ditemani dengan ayam dan telur dan nasi, Sebuah siklus menu makanan yang tak kunjung berganti. Akhirnya aku berinisiatif untuk buat sesuatu yang fancy, Dan muncullah ide untuk ketik di Youtube “Easy to cook food” Dan muncullah makanan makanan ini selain mie instan, Dan ketika pertama di cobain sama emak aku, The first word that come out of her mouth was ” Ternyata bisa juga ya masak? Besok besok masak lah buat sahur kita” Seketika dilema muncul antara bahagia karena di bilang bisa masak serta takut ditodong masak setiap hari. Tapi eksperimen ini cukup membantu #JalinPersahabatan Ibu Anak yang sering kali diem dieman karena tiap hari ketemu dan bingung mau cerita apa. #JalinPersahabatan

galih gumilar1 month ago

Ngabuburit dirumah, sekitar seminggu yang lalu. Coba bikinin mamah sosis bakar. Easy peasy, kubungkus mika. Ga lupa kasih mama surat cinta juga, ttd namaku. Tepat sasaran, si mamah terharu. :p #JalinPersahabatan

Morning Fajar1 month ago

Hal yang unik dr kampung ramadhan di kampung jogojaryan adalah waktu nyiapin ratusan piring yg akan dipakai buat berbuka bersama.. 😍😍😍 #JalinPersahabatan

Reza Maulana1 month ago

Makanan terkadang memang bisa jadi sumber masalah, tapi terkadang, makanan juga bisa jadi solusi. Makanan yang kita masak sendiri memiliki kemampuan menyembuhkan yang besar. Energi yang kita lepaskan saat memasak juga sangat berpengaruh. Energi positif membuat makanan terasa lebih enak. Ketika meluangkan waktu untuk memasak sesuatu yang baik untuk tubuh, kita seolah diingatkan, betapa hebatnya hal-hal yang bisa dilakukan tubuh. Hal ini akan membuat kita lebih tidak memusingkan seperti apa bentuk tubuh. Kali ini aku mencoba membuat mie goreng dan mie rebus untuk santapan buka puasa bareng sahabat kecilku sewaktu SD dulu.Mie goreng yg kubuat sudah aku tambah sayuran dan juga telur yg kukocok langsung dalam mie.Semangkuk mie sangat cukup utk menggantikan energi setelah seharian berpuasa.Ditambah es sirup merah dingin jadikan moment buka puasa bersama sahabat kecilku menjadi istimewa. #JalinPersahabatan

Itschika Rs1 month ago

YAAMPUNNNN kamu harus cobain masakan pertama aku dibulan ramadan. bikin nya penuh perjuangan. kenapa ? karena pas ayam udh di masak eh lupa kasihin bumbu hahaha jadi hampar tapi akhirnya di re create jadi dimasak 2x hahaha alhasil ayam ku jd kematengan dan benyek huhu tapi rasanya mantab. cocok untuk buka sekeluarga. #JalinPersahabatan

walaupun simpel dan tidak mewah, makanan sederhana jika dimakan bersama akan lebih berharga. karena kebersamaan tidak ternilai harganya #JalinPersahabatan

rizalsarwanagus1 month ago

bikin teh dengan berbagai kombinasi rempah paling cocok banget buat menu buka puasa dan menyehatkan banget tentunya #JalinPersahabatan

Susilo Ahmadi1 month ago

.. #JalinPersahabatan

rosasumarya1 month ago

masak makanan buat buka puasa yang enaknya masak bareng anak tercinta sekalian mengasah keterampilan motorik anak di bulan yang penuh berkah ini. #JalinPersahabatan

annaannisamutz1 month ago

Bisa bikin sate ayam sendiri adalah hal yang luar biasa, bisa bikin salah satu menu favorit keluarga adalah ham yang menyenangkan. Dengan memasak dapat mempererat bonding keluarga satu sama lain kita bisa saling tolong – menolong mempersiapkan bahan-bahan sampai makan bareng adalah hal yanga sangant indah. #JalinPersahabatan

Load more