fbpx Maafkan dan Lupakan | Hikmah Puasa by Djarum

Maafkan dan Lupakan

Lihat semua tantangan

Maafkan dan Lupakan

Sandra dan Fadil Membuka Lembaran Baru

Selama kita hidup pasti pernah memiliki masalah dengan dengan orang lain. Entah itu masalah sepele ataupun masalah yang mungkin sulit untuk dilupakan. Pernahkah kamu berselisih paham dan masalah itu masih membekas hingga saat ini ?

Jika pernah, sekarang saatnya kamu belajar untuk melupakan. Untuk bisa melupakan, maka hal yang penting yang harus kamu lakukan adalah memaafkan. Cobalah hubungi teman atau keluarga yang pernah memiliki masalah dengan kamu. Katakan jika kamu ingin minta maaf dan telah memaafkan dia.

Karena kita juga melakukan tantangan ini. Seru banget ketika kamu meminta maaf kepada teman yang mungkin bersalah terhadapmu. Walaupun mereka yang bersalah, tapi kamu akan merasa bangga jika kamu bisa melakukannya.

Yuk coba tantangan yang seru ini jika kalian ingin melupakan permasalahan yang terjadi dan memulai semuanya dengan baik. Lihatlah hasilnya ketika kamu berani mengungkapkan hal tersebut.

Cerita Mereka

Ini adalah kumpulan cerita dari mereka yang telah mengikuti tantangan #JalinPersahabatan. Jangan lupa untuk ikuti tantangan #JalinPersahabatan di Hikmah Puasa.

1 month ago

Rasa marah adalah perilaku yang wajar dan dimiliki oleh setiap orang. Namun, perilaku untuk menahan rasa marah tersebut tidak semua orang dapat melakukannya. Akhir-akhir ini saya sering merenungkan hal yang membuat saya merasa ingin marah dan ternyata setelah saya renungkan, beberapa dari hal tersebut merupakan hal yang biasa saja/sepele. Akhirnya setiap saya menghadapi suatu masalah yang membuat saya ingin marah, baik itu karena teman, keluarga, dll, saya selalu berusaha untuk merenung sejenak. #JalinPersahabatan #JalinPersahabatan

deddyprima931 month ago

setiap dari kita pasti pernah melakukan kesalahan, maka dari itu belajar memaafkan dan melupakan kesalahan orang lain kepada kita agar tali silaturahmi bisa terjaga kembali #JalinPersahabatan

methamvitamine1 month ago

Memaafkan kesalahan orang lain bukan perkara yang mudah, apalagi jika kesalahan fatal itu dilakukan oleh seorang sahabat yang telah ku anggap seperti saudaraku sendiri. Ya isi hati dan jalan pemikiran orang selalu sulit untuk ditebak, termasuk juga seorang sahabat yang telah bertahun-tahun kenal. Waktu pun mengalir, kenangan – kenangan indah bersama sahabat waktu dulu masih tersimpan rapi dan manis dalam ingatanku. Kadang hal tersebut membuatku tersenyum dan juga kangen dengan dia. Berkali-kali aku merenungkan kesalahan sahabatku, dan akupun sadar karena setiap manusia mempunyai jalan hidup sendiri-sendiri. Mungkin waktu itu sahabatku tak punya pilihan lain sehingga menyalahiku. Yaa mungkin waktu itu persahabatan kita sedang diuji oleh-Nya. Kini aku telah memaafkanmu wahai sahabatku, begitupun juga terimalah permintaan maafku padamu. Mari kita jalin silaturahmi kembali setelah sekian lama terputus, karena perbedaan diciptakan untuk saling melengkapi. #JalinPersahabatan #JalinPersahabatan

prasetia131 month ago

Mengampuni dan Melupakan mengajarkan bagaimana menyembuhkan “luka hati” yang tidak selayaknya kita terima. Pemberian maaf mendapatkan keindahannya yang unik dari penyembuhan yang didatangkannya kepada semua jenis “sakit hati”. #JalinPersahabatan

bryangerald541 month ago

Dulu pernah mendengar istilah “forgive but not forget” yang artinya jika kita memaafkan tapi tidak tulus, maka akan sulit untuk dilupakan. Apakah benar seperti itu ? kalau jawaban saya adalah tidak. Karena jika kita memaafkan harusnya dengan tulus, sehingga energi-energi negatif terhadap masalah itu tidak muncul lagi, sehingga kita tidak mengingat-ingat masalah tersebut. #JalinPersahabatan

Gua sering banget gak boleh masuk kedalem kelas gara-gara telat. Pernah suatu ketika gua gak boleh masuk kelas padahal jam di handphone gua masih blm telat. Gua tanya “kenapa gak boleh masuk kelas bu?” Dosen gua jawab “Kamu liat ini sudah jam berapa?” Gua jawab ” Masih 5 menit lagi bu” Dosen gua menjawab lagi “Ini udah telat 5 menit kamu, masih aja berkilah” sambil nunjuk jam di kelas. Gua kesel banget ternyata jam di kelas kecepetan 10 menit!!! Tapi yaudahlah, gua gamau ambil pusing. Lebih baik mengalah drpd ribut sama dosen gua gara-gara jam di kelas salah. #JalinPersahabatan

Jeffrey Nijstad1 month ago

Memaafkan memang bukan perkara mudah, tetapi dari memaafkan kita bisa mendapatkan banyak hikmah, apalagi dengan melupakan masalah tersebut, seperti halnya dengan teman saya yang meminjam motor saya tetapi bensin motor saya tiba-tiba habis dan tidak dia isi kan lagi dan masih banyak kesalahan yang sering dia perbuat yang tidak bisa saya sebutkan semua disini, tetapi dari masalah itu saya bisa memaafkan dan bakal melupakan kesalahan yang sering teman saya perbuat itu. #JalinPersahabatan #JalinPersahabatan #JalinPersahabatan

syakirinkiki1 month ago

Maafkan semua orang yang telah menyakiti kita ga gampang bener, susah. Kadang hati bilang gaterima kalo dimaafin. #JalinPersahabatan

shemoen1 month ago

Dulu pernah punya mantan dan sempat pacaran selama lebih kurang 4 tahun, dalam perjalanan selama pacaran aku sudah punya komitmen untuk menikah dan mulai ikut arisan rutin untuk mengumpulkan uang sebagai bekal pernikahan nanti. Di tahun ke 4 takdir berkata lain, Pacarku minta putus karena aku tidak bisa menikahinya dengan cepat. Alasanku adalah karena aku punya kakak perempuan yang belum menikah dan aku sampai bisa sukses saat ini tak lain karena beliau. Sakit rasanya diputusin saat semua sudah dipersiapkan. Manusia hanya bisa berencana, Tuhan yang menentukan. Masa lalu biarlah berlalu, maafkan dan lupakan serta tatap masa depan. #JalinPersahabatan #JalinPersahabatan

anitaayucantik1 month ago

setiap orang pasti punya masa lalu dan kesalahan, tapi hanya sedikit yang berani meminta maaf dan memaafkan keselahan serta melupakan masa lalu, dengan belajar memaafkan dan melupakan keselahan akan mempererat tali silaturahmi antara kita dan bisa membuat kita semakin bahagia menjalani hari-hari ini dengan penuh warna #JalinPersahabatan

rodianfitriwein1 month ago

Siapa sii yang mau jadi orang pendendam?? Pasti gak ada kan? Semua yang terjadi pasti sesuai dwngan kehendak allah. Jadi kita gak boleh dendam sama siapa pun, jangan buang energi positif kita dengan membenci seaeorang. Memaafkan dan melupakan hal yang pernah tejadi dalam hidup saya, saya gak mau di waktu kita yang sedikit si dunia habis untuk membenci orang. #JalinPersahabatan

naftalisimatupa1 month ago

Maafin aku mantan, kalo aku jahat dimatamu lupain aja aku. Aku udah bahagia kok. #JalinPersahabatan

mrbutong1 month ago

Yang paling sulit adalah memaafkan kesalahan orang lain. Tapi ada satu hal yang lebih sulit daripada itu, yaitu memaafkan diri sendiri. Kita terkadang hanya melihat dari sisi kesalahan orang lain. Kita bahkan sampai lupa dengan kebaikan-kebaikan yang orang lain lakukan itu terhadap diri kita karena satu kesalahannya. Di bulan suci ini ayok kita sama-sama memaafkan kesalahan orang lain dan melupakannya dengan mengingat perbuatan-perbuatan baik yang dia lakukan kepada kita maupun kepada orang lain. Think Positive Gan !! #JalinPersahabatan

sadamarya1 month ago

memaafkan dan melupakan keselahan itu memang hal yang sukar di lakukan tapi jika kita bisa melakukan itu hati kita akan menjadi bahagia dan bisa mempererat tali silaturahmi dengan semua orang. #JalinPersahabatan

nabillash1 month ago

Suka gabisa ngelupain suatu hal meskipun kita udah maafin, rasanya kaya gundah dihati. Tetapi yg namanya udah dimaafin ya mau gimana lagi kan. #JalinPersahabatan

vellhaz1 month ago

memaafkan setiap kesalahan yang orang lain perbuat kepada kita dan melupakaan setiap kesalahannya akan membuat kita menjadi tenang dan bahagia dalam menjalani hidup ini #JalinPersahabatan

sangawaludin1 month ago

Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan baik sengaja maupun gak di sengaja, sebagai manusia yang banyak dosa tidak baik kira ya jika kita tidak mau memaafkan orang lain..karena memaafkan dan melupakan akan membuat kita lebih bahagia #JalinPersahabatan

pernah mendapatkan pepatah. aku lupa dari mana. pepatah itu mengatakan jadilah manusia yang 2 ingat 2 lupa. 1. ingatlah kebaikan orang lain dan jangan pernah melupakannya 2. ingatlah kesalahan kita kepada orang lain dan minta maaf/perbaiki 1.lupakanlah hal baik yang pernah kita lakukan atau berikan 2. lupakan keburukan orang kepada kita #JalinPersahabatan

fatharamy1 month ago

Melupakan suatu hal dan memaafkannya memang suatu hal yang sulit. Tapi gue bisa melalui semua itu ketika kucing gue makan jatah sahur gue coba. 🙂 #JalinPersahabatan

kaniawiandi1 month ago

lupakan yg udah udah, jangan diperpanjang ataupun diperburuk #JalinPersahabatan

Surya Agus1 month ago

Memaafkan sebenarnya adalah sebuah bentuk keberanian. Keberanian untuk membuka hati pada orang lain yang pernah membuat kesalahan pada diri kita. Keberanian untuk menerima konsekuensi dari pilihan kita sendiri, bahwa seseorang yang hari ini kita berikan maaf mungkin akan mengulangi kesalahannya suatu saat nanti. Lebih dari itu, memberi maaf adalah pertanda bahwa kita punya keberanian untuk mengakui bahwa diri kita sendiri juga bisa saja berbuat kesalahan yang sama, entah di masa lalu atau bahkan di waktu yang akan datang. Bukan tidak mungkin kelak justru kita yang berbuat salah dan meminta maaf pada orang yang hari ini meminta maaf pada kita. “Memberi maaf pada orang lain membuat kita sadar diri, bahwa manusia sepatutnya tidak bersikap tinggi hati” #JalinPersahabatan

centrocampistaa1 month ago

Setiap manusia pernah melakukan kesalahan, bahkan terhadap teman terdekat. Atau sebaliknya, kita pernah disakiti teman terdekat kita. Saat itu lah tumbuh rasa benci dalam diri kita. Memang sulit untuk memaafkan, kuncinya adalah ketika kita membenci seseorang, baiknya kita mengingat kebaikan apa yang telah orang itu perbuat untuk kita. Lupakan hal buruk yang pernah ia lakukan kepada kita, kenanglah hal-hal positif. Terutama dibulan suci ramadhan ini #JalinPersahabatan

hwahyudihus1 month ago

menjadi pribadi yang mudah memaafkan dan melupakan kesalahan orang lain kepada kita akan membuat kita menjadi pribadi yang memiliki kelapangan hati, dan barang siapa yang memiliki kelapangan hati maka hidup kita akan semakin tenang dan mudah dalam melangkah #JalinPersahabatan

nadiahnurazizah1 month ago

ketika kita memaafkan kesalahan seseorang jangan lupa untuk melupakan kesalahannya juga #JalinPersahabatan

Laila Auliaa1 month ago

cara dan menurut saya biar kalian gampang melupakan masalah dan memaafkan. Di bulan suci ini kan penuh keberkahan dan kalian juga ga baik kalo masalah di selesaikan dengan dendam atau emosi. Menurut saya ya yaudalah masalah harus di pikir kan baik baik dengan fikiran dingin hati yang lembut. Kalo emang masalah itu bener bener buat kita sakit hati banget ya yaudalah gabaik juga mending dilupakan dan di maafkan(: #JalinPersahabatan

gregjunaedi1 month ago

saling memaafkan dan menebar kebaikan adalah sebaik-baiknya manusia, karena dengan memaafkan kita akan merajut tali silaturahmi yang terputus dan mempererat yang sudah erat #JalinPersahabatan

laker_toh1 month ago

Setiap orang pasti punya salah,dan tidak luput dari salah juga, saya menyadari akan hal itu walaupun kadang saya yang tidak bersalah tapi saya sering minta maaf duluan ke dia, dan itu benar benar manjur karena dia juga ujung ujungnya minta maaf ke saya dan kita saling memaafkan akhirnya. Sedikit cerita, saya punya teman baik yang hampir setiap hari selalu ngobrol cerita ini itu, sampai pada saat ngobrol seru lewat WA, dia ngomong yang nyakitin perasaan saya..setelah ngomong itu…dia tidak chat saya lagi…mungkin takut saya marah ato apa….sampai beberapa hari dia tidak wa saya, saya berfikir juga apa dia takut saya marah yak….terus saya WA dia dan bilang “maaf yak kalau ada perkataanku yang menyinggungmu” jarak beberapa menit dia balas WA saya…” seharusnya saya yang minta maaf ke kamu, karena menyinggung perasaanmu…kamu gak salah kok.” setelah itu kita saling memaafkan….hubungan pertemanan kita kembali terjalin lagi dan kita lebih hati hati lagi kalau ngomong sama teman..biar tidak ada yang tersinggung lagi. MINTA MAAF TAK AKAN MERENDAHKAN DERAJADMU KAWAN, KALAU BERSALAH MINTA MAAF LAH #JalinPersahabatan

sannisilviadore1 month ago

Tadi pas di kantor ada orang nabrak karena doi meleng alhasil berkas yang gue bawa berantakan semua di lantai..karena ini bulan ramadan gie coba u tuk maafkan dan lupakan kejadian tadk pagi yang sempet bikin gue panik. #JalinPersahabatan

mariodenarooges1 month ago

menjadi pribadi yang pemaaf memang tidak mudah karena kita pernah di kecewakan oleh orang lain, tapi dengan memaafkan dan berusaha untuk melupakan kesalahannya akan berdampak baik untuk kita dalam menjalani hidup ini #JalinPersahabatan

sitirobbert1 month ago

Yang namanya persahabatan pasti ada aja sleknya gak melulu akur sepanjang hari, tapi bagaimanapun yang namanya sahabat udah kaya sodara sendiri setiap kita marahan ya harus saling memaafkan dan melupakan permasalhan yang ada biar persahabatan kita lanjut terus. #JalinPersahabatan

rahmatdominic1 month ago

memaafkan dan melupakan setiap kesalah yang telah orang lain lakukan kepada kita itu mudah lhoo yang penting kitanya bisa ikhlas, kalo sudah ikhlas hati dan pikiran bakalan jadi tenang banget #JalinPersahabatan

nuhasalsabila1 month ago

Pernah ga kalian berantem dengan sahabat sendiri lalu hubungan kalian hancur? Jika diantara kalian tidak ada yang memaafkan itu todak akan selesai. #JalinPersahabatan

khumistt1 month ago

#JalinPersahabatan harus saling memaafkan sesama teman #JalinPersahabatan

andsyjie1 month ago

Saya telah memaapkan provider saya Tsel yang dulu telah menghilangkan pulsa sebanyak Rp. 53.000 jangan diulangi yah #jalinpersahabatan #JalinPersahabatan

clementaradian1 month ago

dulu gue paling susah yg namanya memaafkan seseorang. nyelekit gitu langsung di hati. tapi akhirnya setelah gue tumbuh dewasa akhirnya gue merasakan kalo memaafkan itu penting banget #JalinPersahabatan

rindyayufulis1 month ago

saling memaafkan dan melupakan kesalahan diantara teman maupun saudara akan mempererat tali silaturahmi yang kendor, karena dengan saling memaafkan di bulan yang baik ini akan mendatangkan kebahagiaan #JalinPersahabatan

Susilo Ahmadi1 month ago

. #JalinPersahabatan

Setiap manusia memang sering kali berbuat kesalahan, yg lebih mulia adalah kalau kita bisa saling memaafkan agar tidak ada dendam di antara setiap individu. #JalinPersahabatan #JalinPersahabatan

nagitasilvia1 month ago

saling memaafkan dan melupakan kesalahan itu penting banget untuk mempererat silaturahmi, dan bisa menguatkan hubungan persaudaraan karena setelah memafkan yaa langsung saja buat melupakan kesalahan yang pernah di lakukan. #JalinPersahabatan

bukan.sola1 month ago

maafin kesalahan diriku selama ini untukmu ayah dan ibuku #JalinPersahabatan

jadi dulu ada mantan pacarnya pacar gue yang sangat amat ga gue suka anggep lah si bunga so kita kalo ketemu ada aja yang disinis in pokoknya empet blenek gitu hoek eh ternayat namanya bukan jodoh akhirnya gue putus juga sama pacar gue, nah pas saat itu setiap gue ketemu bunga empet gue ilang eh jadi biasa aja , lama-lama kita tegor2an dan akhirnya sahabat banget sampe skrg cuma gara2 di kantin gue ga bawa duit eh dia liat gue kelaperan trus kasih gue makan. #JalinPersahabatan

nurhidayatmak1 month ago

Memaafkan adalah hal yang mulia bukan hak yang hina,oleh karena itu sebisa mungkin kita harus bisa memaafkan dan melupakan kesalahannorang lain baik yanh disengaja maupun yanh gak sengaja, seperti belum lama jnj yang dialai ane dan sahabat ane,sahabat ane gak sengaja ngilangin novel ane yang doi pinjem entah ketinggalan atau dia lupa pkkkoknya novel itu gak ada, walaupun ane swsikit agal keael karena itu salah satu novel favorit tapi ane harus bisa memafkan dan melupakan hal tersebut sambil berdoa semoga bisa beli novel iti lagi #JalinPersahabatan

shandians1 month ago

Saya secara ikhlas telah memaafkan salah satu teman saya yang mengajak untuk buka bareng tapi dianya sendiri malah berhalangan hadir. Mari kita saling memaafkan dan lupakanlah kejadian-kejadian yang telah berlalu. #JalinPersahabatan

9999999991 month ago

Sore tadi gue lagi bonceng nyokap berobat pake motor. Mendadak ada motor yang berhenti mendadak. Bagus gue sigap mengerem dan buang setir ke kanan yang untungnya kosong, sehingga tidak menabrak motor ini. Gak mau panjang, gue menyalipnya dan membuka kaca helm sembari mengangguk meminta maaf karena hampir saja gue menabraknya. Kalau gue nabrak dia, bisa jadi gue juga ditabrak dari belakang dan efeknya bisa fatal. #JalinPersahabatan

089686609380l1 month ago

bagi gue maafin orang itu ga gampang. #JalinPersahabatan

yuki261 month ago

Merasakan kesal karena teman itu sudah biasa. Ketika kerja kelompok, temanku ada yang hanya bermain dan ada yang chatiingan, sedangkan aku yang mengerjakan tugas kelompoknya. Aku memaafkan mereka, sebab mereka adalah temanku. Berusaha mengambil sisi positifnya, karena nanti dengan mengerjakan tugas tersebut, aku menjadi bisa dan mampu mengerjakan tugas yang serupa. Intinya dalam setiap hal ambil sisi positifnya dan selalu berbaik sangka. #JalinPersahabatan

Ika Puspita1 month ago

Puasa tahun lalu menjadi puasa terberat bagiku karena ada kejadian yang membuatku “down”. Kejadian ini membuatku marah, kecewa dan sakit hati karena aku dituduh melakukan apa yang aku tidak lakukan. Marah karena aku merasa tidak melakukan apa yang dituduhkan. Kecewa, karena yang melakukannya adalah orang yang kuanggap sebagai teman dekat. Sakit hati, karena ternyata orang yang kuanggap teman itu tega menyakitiku. Setahun berlalu, kini aku belajar memaafkan dan melupakan apa yang telah dilakukannya padaku. Semoga Allah SWT mengampuni dosa dan kesalahan kita semua. Aamiin #JalinPersahabatan

nurulfadilahan1 month ago

Memaafkan emang ga mudah, apalagi ke seseorang yang menyakitimu.. Mungkin dia memang memiliki kehidupan yang lebih berat dari cobalah untuk memaafkannya secara perlahan. #JalinPersahabatan

azkyanti1 month ago

punya pacar nyebelin, udah di maafin berkali kali tapi tetep aja ngulangin kesalahan yg sama #JalinPersahabatan

nataliarenand1 month ago

memaafkan memang ga gampang, tapi ketika sudah saling memaafkan akan ada perasaan yang bahagia banget tentunya, yuk saling memaafkan di bulan yang baik ini #JalinPersahabatan

Load more