fbpx Jika Aku Menjadi | Hikmah Puasa by Djarum

Jika Aku Menjadi

Lihat semua tantangan

Jika Aku Menjadi

Sehari Jadi Orang Lain bareng Kesha dan Reza

Zona nyaman kita memang menyenangkan, tapi itu juga bisa jadi bumerang untuk kita. Kita jadi ga peka sama keadaan orang sekitar. Tapi pernahkah kamu bayangin diri ada di posisi orang lain, melakukan hal yang mereka kerjakan, mengatasi masalah yang sedang mereka hadapi.

Bagi kita hal  itu sangat menyenangkan karena kita  ikut merasakan seperti apa di posisi orang lain. Mungkin terkadang tidak selalu hal yang bahagia, tapi setidaknya itu bisa membuka mata terhadap dunia.

Cara yang paling sederhana adalah cobalah dirimu berada di posisi sahabatmu untuk sehari saja. Jadilah dia, lakukan apa yang dikerjakannya dan kalau bisa, bantu selesaikan masalah yang sedang dia hadapi. Mungkin kehadiranmu merupakan suatu hal yang ditunggu-tunggu selama ini.

Cerita Mereka

Ini adalah kumpulan cerita dari mereka yang telah mengikuti tantangan #JalinPersahabatan. Jangan lupa untuk ikuti tantangan #JalinPersahabatan di Hikmah Puasa.

chokiboy1 month ago

Proses dari teman menjadi sahabat membutuhkan usaha pemeliharaan dari kesetiaan, tetapi bukan pada saat kita membutuhkan bantuan barulah kita memiliki motivasi mencari perhatian, pertolongan dan pernyataaan kasih dari orang lain, tetapi justru ia beriinisiatif memberikan dan mewujudkan apa yang dibutuhkan oleh sahabatnya. Seperti kedua sahabatku difoto yang selalu mengulurkan tangan untuk membantuku walaupun aku belum memintanya. terkadang terbesit ingin menjadi seperti mereka yang siap dan senang membantu ,, mungkin aku akan mencobanya… #JalinPersahabatan

bryangerald541 month ago

Uhm, Jika Aku Menjadi ? well, kalau saya pribadi sih tidak berpikir untuk menjadi orang lain, tapi untuk alasan menjadi lebih baik dan sesuai dengan keadaan saya pribadi, pasti saya akan coba. Lagipula Tuhan juga menciptakan manusia sesuai porsinya masing-masing, ada kelebihan dan kekurangan. So, ngapain harus jadi orang lain, harusnya justru bersyukur dengan keadaan kita ^^. Intinya kalau ditanya jika aku menjadi A, yang saya lakukan adalah tetap menjadi A. #JalinPersahabatan #JalinPersahabatan

aridavino1 month ago

dia itu sahabat gue yang baik banget, jadi gue juga ingin banget bisa nyontoh dia yang bisa humble dimana pun, dan itulah yang ngebuat gue merasa jika gue jadi dia mungkin gue bisa tambah teman jadi lebih banyak lagi #JalinPersahabatan

zertenme1 month ago

Jika aku menjadi Cristiano Ronaldo maka aku akan semaksimal mungkin meraih berbagai gelar bergengsi di dunia sepak bola khususnya di Eropa dan juga tak lupa berbagi dan saling tolong menolong kepada yang membutuhkan bantuan kita #JalinPersahabatan

Hilman Ahmad1 month ago

Jika gue menjadi Tsubasa, gue akan ngalahin CR sama Messi. Bikin top skor di semua liga. #JalinPersahabatan

dewiyunitady1 month ago

jika aku menjadi seorang dokter kandungan mungkin kandungan istriku bisa aku selamatkan dan kesdihannya tidak akan berlarut-larut hingga kini, semoga di bulan penuh berkah ini Tuhan memberikan kepercayaan kepada kami lagi. #JalinPersahabatan

Kika Lubis1 month ago

Andai gue jadi colonel sanders, gue akan bikin menu ayam geprek KFC sama ayam goreng spicy versi KFC, gue jamin KFC bisa lebih enak dibanding saingannya MCD yang baru-baru ini ngeluarin menu Ayam Spicy. #JalinPersahabatan

Wow, saya mencoba untuk menjadi sahabat saya yang super duper luar biasa hebatnya karena beliau single parent dan memiliki anak yang berkebutuhan khusus sehingga perlu perhatian ekstra ditambah lagi sehari menjadi beliau sungguh saya patut syukuri . Saya mengerti perjuangan hidup . #JalinPersahabatan #JalinPersahabatan

khumist1 month ago

Pagi hari #JalinPersahabatan

prasetia131 month ago

Kelihatannya mudah sekali membuat maket bangunan, cuma cukup alat pemotong dan penggaris… Sehari saya coba namun hasilnya, berantakn sudah. Nyatanya selain alat khusus, diperlukan kesabaran dan ketelitian untuk proses pembuatannya juga.. #JalinPersahabatan

emang kuliah jurusan keguruan sih yang kalo nurutin studinya, ntar bakalan jadi guru. yah kukira jadi guru hanya seperti itu. tapi menghadapi anank berkebnutuhan khusus harus memiliki kesabaran yang tinggi. aku saja yang hanya beberapa kali mengajar terkadang lelah. apalagi guru yang setiap hari mengajar mereka. mari bersukur #JalinPersahabatan

yuki261 month ago

Aku hidup di kampung, daerah kecil yang berada diujung peta. Lingkunganku masyarakatnya sebagian besar menjadi petani, berkebun dan berjualan. Aku sendiri adalah orang baru yang tinggal di sini. Melihat semangat dan kerja keras warga sini aku sangat terkesima. Mereka berangkat setiap subuh, bahkan jam 2 pagi untuk pergi ke pasar. Memacul tiap pagi, menandur tanaman, dan merawatnya. Perjuangan yang dilakukan dapat menjadi pelajaran bagi diriku sendiri. Maka, aku pun harus berbuat dan membantu dengan cara cerdas yaitu memberikan sosialisasi gunanya pupuk dan cara berjualan yang baik. Semua yang kulakukan juga terbentuk dari lingkunganku. #JalinPersahabatan

Sri Untari1 month ago

Jika aku menjadi ibu guru anak TK pasti menyenangkan tapi juga sulit. Bayangkan harus sabar saat anak-anak belum paham apa yang aku ajarkan. Saat mereka masih makan disuapi, bahkan pipis dan pup masih banyak yang dicebokin. Sungguh salut buat bu guru TK yang sudah mengajarkan anak-anak di masa emasnya #JalinPersahabatan

Kalo gue jadi Anton Ismael, mungkin gue akan banyak ngeluh karena harus membagi waktu antara bekerja dan mengajar. #JalinPersahabatan

arimusthofakasi1 month ago

Jika aku menjadi seorang petugas do pom bensjn mungkin aku tidak akan sehebat meraka yang bisa tahan berdiri hntuk melayani pelanggan dengan penuh senyum #JalinPersahabatan

inase3011 month ago

ini adalah kisah gue sewaktu gue menjadi volunteer di salah satu organisasi sosial. Gue mencoba seperti mereka, menjadi orang yang lebih perduli terhadap lingkungan dan orang lain. #JalinPersahabatan

9999999991 month ago

Punya suami yang kerja di rumah, yang kadang lebih banyak nganggur daripada kerjanya tidak lah mudah. Namun, istri gue menjalaninya dengan ikhlas dan wajah yang selalu tersenyum. I love you so much, My Wife… #JalinPersahabatan

quietus5421 month ago

. Ga boleh terlalu menghakimi orang karena kalau kamu diposisi dia, belum tentu kamu bisa menahan untuk tidak berbuat hal yang sama dengan dia. Itu kata temen gue yang udah dewasa pas nonton berita di tv tentang pembunuhan bermotif balas dendam. #JalinPersahabatan

veteran.joe1 month ago

Dulu sewaktu mengisi waktu luang saya selalu sempatkan untuk mengunjungi nelayan di daerah saya, selain untuk fotografi juga pendekatan kepada warga sekitar juga menjalin sosialisasi. Pada saat itu sehari saya mengikuti kegiatan salah satu warga kampung nelayan dengan menjadi penangkap ikan-ikan kecil yang ada dipinggiran pantai. Saya bersama salah satu warga ingin rasanya mengikuti kesehariannya. Alat penangkap itu disebut “seser” guna menangkap ikan-ikan kecil dipinggiran pantai. Sederhana memang kita cukup berjalan sembari mendorong seser tersebut kedepan. Untuk mengangkatnya lumayan berat tapi itulah keseruannya. Sehari menjadi penangkap ikan, sederhana namun penuh makna. Bisa mendekatkan diri dan bersosialisasi bersama salah satu penduduk kampung nelayan. Salam #JalinPersahabatan

redhot851 month ago

Saya punya teman dekat, dy memiliki gaya hidup yang sangat tinggi. Walaupun sebenarnya saya tau bahwa pendapatannya tidak sebanding dengan pengeluaran untuk gaya hidupnya. Bahkan dy rela untuk berhutang demi memenuhi kebutuhan gaya hidupnya… Jika saya menjadi dy, saya akan mencoba untuk memperbaiki diri saya dan belajar untuk bersyukur dengan segala yang saya miliki. #JalinPersahabatan

Morning Fajar1 month ago

Seperti Janjiku Kepada Negeri Ini. Mengajar Sampai Akhir Hayat Gerakan Literasi Tak Pernah Padam, Perjuangan Akan Terus Berlanjut!! #JalinPersahabatan

Itschika Rs1 month ago

jika aku menjadi sesuatu yang di gambarkan, aku akan pilih style kaya gitu karena gamungkin aku pakaian gt di luar karna malu nanti di teriakin jablay 🙁 #JalinPersahabatan

rtrn1 month ago

jika aku menjadi seseorang yang aku lihat di gambar ini. ane merasa terseduh dan selalu berucap rasa syukur kepada yang maha pencipta. beliau hidup di kota besar beliau masih mengayuh sepeda tuanya . Beliau tak pernah kenal lelah untuk berangkat bekerja mencari sebuah nafkah untuk keluarga tercintanya di kota besar yang jarang mengguanakan sepda beliau berani mengais sepeda di terik panas untuk sebuah keluarga tercintanya. #JalinPersahabatan

kaksus101 month ago

Pertama kali berteman dengan mereka, saya sempat bingung. Karakter mereka yang sangat jauh berbeda dengan saya membuat saya sering salah sangka terhadap mereka. Tapi seiring waktu, akhirnya kami saling memahami. Salah satu jalan agar dapat saling memahami adalah berusaha memposisikan diri kita menjadi orang tersebut. Dengan berusaha menjadi mereka, saya jadi mampu lebih berempati. Mampu mengerti kenapa sih mereka bisa memiliki reaksi yang berbeda dengan saya dalam menghadapi sesuatu. Dalam persahabatan juga artinya kita mampu berempati, empati dimulai dengan berusaha memahami posisi orang lain. #JalinPersahabatan

septianadewi881 month ago

jika aku menjadi orang yang memberi nomor antrian aku akan memprioritaskan yang datang lebih pakai ketimbang mendahulukan oknum yang tidak berkepentingan, agar tercipta suasana yang kondusif dan jauh dari ketegangan #JalinPersahabatan

Rahayu Suciati1 month ago

Aku tak pernah tau bagaimana rasanya jadi mereka, karena sejatinya aku tetaplah aku dengan segala kekuranganku, dan mungkin juga dengan kelebihanku. Tapi ada satu seseorang di sana yang begitu menyenangkan untuk bernadai andai jika aku jadi dirinya. Apakah benar semudah itu menjadi seseorang yang bisa “segalanya”? #JalinPersahabatan

rahmatsubarjo881 month ago

jika aku menjadi presiden seokarno aku akan menjadi kan bangsa ini bangsa yang bebas korupsi dan nepotisme, karena kebanyakan korupsi akan mengakibatkan negara kita bangkrut dan menjadi negara miskin, semoga saja suatu hari nanti aku bisa seperti beliau #JalinPersahabatan

Reza Langi1 month ago

Biarlah ketika kita berbagi dengan anak yatim/yang membutuhkan, hanya kita dan Allah yang tahu ceritanya, hehe Kali ini gua mau share soal hikmah puasa, entah kenapa jadi lebih suka berbagi (hehe) jadi sering banget ada yang bilang, kalau kita memberi makan/bukaan kepada orang yang berpuasa, insyaAllah pahalanya adalah sama dengan orang yang berpuasa itu sendiri (ini yang gua pahami ya)…luar bisa banget kan? #JalinPersahabatan #JalinPersahabatan

salsaprilia1 month ago

jika aku menjadi serorang penyuluh kesehatan, akan akan membagi ke seluruh keluarga, kerabat dan teman-teman terdekat, agar selalu sehat terus dan tetap terjaga kualitas hidupnya. #JalinPersahabatan

Ikhwan Muttaqin1 month ago

Terkadang dalam diri, kalau melihat teman yang sepertinya hidup enak, serasa ingin merasakan berada diposisi dia yang hidupnya serba terjamin karena lahir dari keluarga berada. Tetapi saya menyadari, semua itu sudah ada ketentuan dari Allah, dan sebagai makhluk ciptaan Allah harusnya selalu bersyukur tidak perlu berkeluh kesah, karena di dunia masih banyak orang yang kekurangan, dan melihat teman yang kelihatan hidupnya enak belum tentu dalam hatinya enak juga. Jadi mesti rajin-rajin bersyukur dan berusaha mengejar mimpi sekuat tenaga #JalinPersahabatan

srahayudes1 month ago

Ini adalah foto kakak ku, dia adalah seorang teknisi listrik. Kala itu, aku ingin sekali tahu bagaimana sih kerja menjadi seorang teknisi listrik?? ternyata tidak mudah.. bahkan menurutku sulit dan harus berkorban nyawa. Kenapa? coba lah lihat, ia harus memanjat tiang listrik & tower yang menjulang tinggi. Bagaimana kalau ceroboh sedikit saja, pasti sudah jatuh dan nyawa lah yang melayang. Belum lagi kalau tersengat listrik. Perjuangannya untuk menghidupi keluarga patutlah di acungi jempol, karena jika aku menjadi kakak ku, pasti aku tidak akan bisa. Aku takut akan ketinggian apalagi soal sengatan listrik. Aku bersyukur dengan pekerjaanku sekarang yang tidak perlu susah payah, berkeringat, dan juga kepanasan/kehujanan. Maka dari itu, cobalah buka mata teman-teman dan hiduplah dengan rasa syukur. Karena belum tentu nasib kita itu buruk, masih banyak sekali orang yang harus melakukan hal yang begitu ekstrim untuk menafkahi keluarga. Berbaktilah pada orang tua, dan salinglah membantu dan juga menghargai setiap rejeki yang telah Tuhan berikan. #JalinPersahabatan

aninditakiranaw1 month ago

ingin sekali diriku menjadi petugas kebersihan agar diriku dapat selalu bersyukur setiap hari #JalinPersahabatan #JalinPersahabatan

mathildashop1 month ago

jika aku menjadi pemain game profesional akan aku dedikasikan kesenangan bermain kepada semua orang yang belum bisa merasakan untuk bermain game #JalinPersahabatan

Suatu hari aku pernah mencoba untuk menjadi sosok sahabatku, dia begitu tangguh untuk menghadapi kerasnya hidup dia. Tapi selalu tetap semangat untuk menjalani hidup, prinsip dia hidup seperti mendaki gunung dia bisa tahu jadi diri seseorang tapi tetap selalu menghargai apapun menghargai alam ini dan rumah keluarga tempat paling indah untuk melepas rindu. Pernah ku ingin mencoba selalu seberusaha dia mendaki gunung, namun ternyata aku tidak selalu bisa. #JalinPersahabatan #JalinPersahabatan

baskorowhite1 month ago

kalo aku jadi costumer service kaya dia kayanya bakalan banyak yang telp dan harus bisa senyum terus yaa kan senyum juga ibadah #JalinPersahabatan

Jeffrey Nijstad1 month ago

Memaafkan memang bukan perkara mudah, tetapi dari memaafkan kita bisa mendapatkan banyak hikmah, apalagi dengan melupakan masalah tersebut, seperti halnya dengan teman saya yang meminjam motor saya tetapi bensin motor saya tiba-tiba habis dan tidak dia isi kan lagi dan masih banyak kesalahan yang sering dia perbuat yang tidak bisa saya sebutkan semua disini, tetapi dari masalah itu saya bisa memaafkan dan bakal melupakan kesalahan yang sering teman saya perbuat itu. #JalinPersahabatan #JalinPersahabatan #JalinPersahabatan

Surya Agus1 month ago

keluar dari zona nyaman sejenak dengan menggalang dana untuk disumbangkan ke orang yang membutuhkan. #JalinPersahabatan

phannu.ari1 month ago

Di kantor saya terbagi beberapa divisi dan saya berada di divisi tata usaha. Dua teman saya yang digambar berada di divisi lapangan dengan pekerjaan yang begitu berat. Mereka harus menjalankan program strategis kantor dan harus memenuhi target setiap bulannya. Merekapun harus bekerja hingga larut malam. Akhir – akhir ini sayapun ikut membantu mereka agar program starategis kantor kami berjalan dengan lancar dan sukses. Usah kamipun tidak sia – sia, kantor kami mendapatkan penghargaan dari kantor pusat karena prestasi kami selama ini yang terus memperlihatkan tren postif. Mari kita selesaikan masalah bersama – sama agar masalah tersebut cepat menemukan solusi yang tepat. #JalinPersahabatan

penikmat.asin1 month ago

Jika gue menjadi Superman, gue mungkin gak akan kuliah dan ngekos di tempat yang nyaman ini. Mungkin gue akan lebih sibuk menyelamatkan dunia dari segala kejahatan. Tapi gue ga akan merasakan kehangatan perhabatan di kosan ini. Gue mungkin akan merasakan dicintai orang banyak. Tapi untuk apa? Orang-orang tidak akan tau identitas gue yang sebenarnya. Orang hanya akan mengenal gue sebagai Superman. Bukan diri gue yang sebenarnya. Gue lebih bahagia di kenal sebagai diri sendiri di kosan ini. Gue bisa jadi orang yang gue mau dan bisa membuat orang lain bahagia dengan hadirnya gue disana. Meskipun gue ga bisa menyelamatkan orang banyak dari kejahatan, gue bisa menyelamatkan hati-hati yang patah karena berharap terlalu banyak. #JalinPersahabatan

Mikka Anantafaz1 month ago

dari gue masih SD, bokap gue selalu bilang “de nanti kamu kalo udah besar jadi penghulu ya”. tadinya sih gue biasa aja, sampe akhirnya viral penghulu ganteng ini. dari situ gue langsung pengen jadi penghulu ganteng. gak ganteng juga gakpapa dah asal jadi penghulu #JalinPersahabatan

1 month ago

Saya merasa hidup saya ini banyak kekurangan bahkan kadang merasa selalu ada saja beban yang datang, ketika saya mencoba menjadi orang lain dengan menelaah bagaimana alur kehidupan teman saya, ternyata apa yang saya pikul dalam hidup ini, dirasakan juga sahabat saya bahkan beban hidup yang mereka rasa lebih dari beban hidup kita. Terkadang kita harus bersyukur Tuhan telah menciptakan kita apa adanya, menjadi diri sendiri dan tak berharap ingin menjadi orang lain. Jika kita melihat orang lain terlihat sukses dan bahagia, kita tak pernah tahu apa yang ada di dalam hatinya, apakah ia sebenarnya bahagia hanya di luar saja dan sebenarnya di dalam hatinya terluka. Kita nuga tak pernah tahu, pangkat, jabatan, kesuksesan yang mereka raih penuh liku bahkan saat sukses mereka raih sebenarnya beban berat ada dalam pikirannya. Disini kita harus mencermati, mensyukuri apa yang kita miliki dan jadilah diri sendiri. Selalu mendukung teman kala suka dan duka dan menjalin persahabatan tak kenal hanya bahagia saja, tapi juga ikut memikul dan membantu beban sahabat kita. #HikmahPuasa #JalinPersahabatan #JalinPersahabatan

adesrya1 month ago

Bermain di alam memang mengasyikan, apalagi bersama dengan teman teman. Bermain di alam membuat ku bersyukur, dan mengerti bahwa tidak semua orang memiliki nasib baik, dengan bermain di alam aku mengenali banyak orang dari mulai pencari kayu bakar, penjaga warung, hingga pengelola wisata. semua memiliki nasib yang berbeda, tak kubayangkan bila aku yang berada diposisi pencari kayu bakar yang untuk memenuhi makan sehari hari tak cukup. maka, untuk mensiasati hal seperti itu selalu kubawa permen dalam kemasan untuk dibagikan, mungkin remeh tapi hanya hal seperti itu yang bisa kulakukan sekarang. Melihat senyum diwajah mereka dan keramahan mereka menyambut kami aku sangat terharu dengan kegigihan mereka, dan tak lupa mereka juga selalu menyempatkan beribadah di sela sela kepadatan kegiatan mereka yang membuatku malu 🙁 #JalinPersahabatan

Susilo Ahmadi1 month ago

. #JalinPersahabatan

Nia Nurdiansyah1 month ago

Tidak mudah menjadi orang yang berdiri dengan kaki sendiri untuk membela kemanusian. Apakah jika aku menjadi dirinya aku akan memiliki keberanian yang sama untuk berdiri di tengah medan peperangan? Menyelamatkan orang-orang yang kesakitan dan meregang nyawa tanpa memedulikan nyawa sendiri. Tidak berharap apa-apa kecuali keridhoan dariNya? Jika aku seorang Razan, akankah aku bisa mensyukuri peran dan takdir yang digariskan Tuhan untukku? #JalinPersahabatan

Hari ini aku datang ke pameran Pramoedya Ananta Toer – Catatan dan Arsip, dan melihat bagiamana perjuangannya menjadi sosok yang pemberani dalam menulis seperti dia. Banyak hal yang saya pelajari tentang pram. Dia adalah sosok yang sangat menginspirasi. Salah satu kata-katanya yang menginspirasi, “Hidup sungguh sangat sederhana. Yang hebat-hebat hanya tafsirannya.” #JalinPersahabatan

falah551 month ago

jika saja aku menjadi presiden trump pasti sangat sulit sekali karena sering diserang oleh leftard dan juga dunia hollywood #JalinPersahabatan

laker_toh1 month ago

kadang kita terpaku pada hidup kita sendiri tanpa pernah mau menengok hidup orang lain, mungkin kita terlalu nyaman dengan kehidupan yang kita jalani dan cuek dengan kehidupan orang lain di sekitar kita. setiap manusia punya masalah hidup yang berbeda beda dan mungkin masalahnya lebih berat dan komplek dari masalah yang saya hadapi, seperti sahabat saya ini yang dalam diam dia menyimpan masalah yg lumayan rumit menguras materi dan hati. seandainya saya bisa menjadi sahabat walau sehari saja, saya akan mencoba membantu dia sedikit menyelesaikan masalah dia, dengan mencoba membangun komunikasi dengan mantan dia karena saya tahu sahabat saya ini masih cinta sekali sama mantannya itu tapi keliatan pasrah saja tidak mau memperjuangkan buat merebut hatinya lagi. Sebenarnya masalah putusnya sahabat saya dengan mantannya ini karena masalah yang menurut saya klasik banget, ortu sahabat saya tidak setuju hubungan dia, karena dalam hitungan jawa katanya enggak baik hubungannya….padahal ortu ceweknya tidak apa apa, malah sampai sekarang masih berhubungan baik dan mendukung hubungan sahabat saya dengan mantannya itu. maka dari itu saya akan mencoba bicara baik baik dengan orangtua sahabat saya dan memberi pengertian secara halus biar tidak tersinggung tentang hitungan2 jawa seperti itu dalam agama islam tidak ada dan malah dilarang karena mendahului ketentuan allah swt dan yang pasti tidak merendahkan harga diri ortu sahabat saya, selain saya akan mencoba membuka komunikasi yang intens dengan sang mantan, akan saya ungkapin semua rasa di hatiku pada dia, toh walaupun dia tidak langsung menerima….pasti dia akan berfikir, ada cowok yang tulus ikhlas mencintai dia apa adanya masa mau di lepaskan… itulah seandainya aku menjadi, saya akan membantu sahabat saya itu…biar bahagia lagi hatinya. CINTA ITU BUKAN DI TUNGGU TAPI DI PERJUANGKAN #JalinPersahabatan

mrbutong1 month ago

Jika gue sehari menjadi kucing, mungkin itu akan luar biasa. Kucing hanya melakukan kegiatan seperti makan, buang air besar dan tidur. Itu saja yang mereka lakukan, tapi kucing banyak disukai orang-orang termasuk Nabi kita Muhammad SAW. Pernah ada cerita dimana Nabi SAW pulang ke rumah malam-malam sekali. Di tempat tidurnya ada seekor kucing yang sedang tertidur pulas. Saking sayangnya Nabi SAW terhadap binatang, dia tidak membangunkan kucing tersebut dan malah tidur dibawah kasurnya sendiri. Ya, seandainya saja. #JalinPersahabatan

bunkq1 month ago

Banyak orang bilang ibukota adalah tempat uang. Berduyun-duyun orang mengadu nasib dengan harapan sangat tinggi. Seperti sahabat satu ini, seorang pengemudi bajaj. Membelah jalan ibukota, bersaing dengan kendaraan umum lainnya. Mengais rejeki untuk anak dan istri dirumah. Untuk membantu dia, setidaknya usahakan tidak menawar bila memberi harga yang wajar. Karena tidak setiap saat dia mendapat penumpang. Bisa jadi satu hari uang yang di bawa tidak cukup untuk makan sekeluarga. Setidaknya ia terhormat karena membawa uang halal pulang ke rumah. #JalinPersahabatan

o.best1 month ago

Bagaimana menjadi orang yang ada di posisi sahabatmu? Yups, ini sahabat ane. Dia sering banget yang namanya keluar negeri. Dalam hati ane berpikir enak banget ya sering keluar negeri bisa jalan jalan. Dia merupakan seorang teknisi mesin, lulusannya juga bukan sarjana, tapi ane tahu akan kemampuan dia dalam permesinan itu emang jagonya. Sering sekali ia dipanggil keluar negeri untuk memperbaiki beberapa mesin produksi di salah satu perusahaan ternama. Tapi jika ane di posisinya, mungkin ane sadar bahwa jika meninggalkan tanah kelahiran itu emang menyedihkan. Apalagi dia sering sampai 1 atau 2 tahun tidak pulang karena berpindah-pindah negara karena ada order. Yups, kalau ane diposisinya pasti ane akan rindu banget dengan orang tua,keluarga bahkan sahabat sahabat di kampung. Terkadang dia juga sering menyapa di sosmed meskipun hanya beberapakali saja. #JalinPersahabatan

Load more