fbpx Cerita Hikmah Puasaku | Hikmah Puasa by Djarum

Cerita Hikmah Puasaku

Lihat semua tantangan

Cerita Hikmah Puasaku

Cerita Puasa ala Febrian dan Didi

Banyak hal yang telah kita lalui selama Ramadhan ini. Ada hal baik dan buruk yang terjadi. Jadikan tantangan #JalinPersahabatan sebagai pembelajaran di hidup masing-masing.

Kita ingin membuat Ramadhan tahun ini menjadi lebih bermakna. Jadi kita berdua berkumpul, bertemu dan menceritakan nilai apa saja yang kita dapat dari tantangan yang telah dilewati selama ini. Masing-masing dari kita pun punya cerita hikmahnya sendiri.

Tapi yang menjadi persamaan adalah hikmah untuk menjadi sahabat yang lebih baik, lebih peduli, dan saling mengerti.

Ceritain juga apa resolusimu setelah Ramadhan ini berakhir. Apakah kalian dapat Hikmah Puasa dan mempererat #JalinPersahabatan dengan lingkungan sekitar ?

Cerita Mereka

Ini adalah kumpulan cerita dari mereka yang telah mengikuti tantangan #JalinPersahabatan. Jangan lupa untuk ikuti tantangan #JalinPersahabatan di Hikmah Puasa.

Efiy Sukaesih1 month ago

Bulan Ramadhan banyak.hikmah yang saya dapatkan, ketika saya kesal pada sahabat saya…saya tersadar perasaan itu harus segera dienyahkan, saya dituntut untuk bersabar dan mengerti kendala apa yang terjadi sehingga sahabat saya menjadi demikian. Setelah ditelusuri karena ada sesuatu yang tak bisa ditinggalkan ketika orang tuanya sakita dan harjs membatalkan janji dengan saya. Banyak hikmah yang saya dapatkan di bulan Ramadhan ini selain kesabaran, saya harus lebih peka pada sekeliling saya, banyak diantara mereka yang membutuhkan, saya dan beberapa sahabat saya menggalang dana untuk kegiatan berbagi di bulan Ramadhan. Kegiatan berbagi ini menambah jalinan persahabatan dengan teman saya semakin bermakna, karena kami bisa melakukan kebaikan bersama-sama dan menambah keharmonisan persahabatan kami. Resolusi setelah Ramadhan tahun ini, saya ingin memperbaiki sifat saya yang mudah mengambil kesimpulan atas sesuatu yang terjadi, saya akan lebih bersabar dalam menghadapi sesuatu dan akan lebih peka lagi pada mereka ya g membutuhkan, karena hidup ini bukan untuk mementingkan diri sendiri saja, tetapi juga peduli pada sesama. #HikmahPuasa #JalinPersahabatan #JalinPersahabatan

Jeffrey Nijstad1 month ago

Cerita Hikmah Puasa aku. #JalinPersahabatan

bryangerald541 month ago

Hikmah setelah saya mengisi tantangan 1 sampai 11 adalah sahabat yang baik adalah mereka yang menciptakan rasa kebersamaan dengan kita, entah itu dalam suka maupun duka. Terimakasih hikmahpuasa.com dan PT. Djarum #JalinPersahabatan

bunkq1 month ago

Ramadhan dengan segala keberkahan didalamnya, membuat kita semakin sadar betapa pentingnya punya sahabat. Sahabat bisa jadi orang yang paling keras mengkritik kita, namun paling jarang memuji kita. Sahabat juga bisa jadi orang yang paling depan menarik kita dari kesusahan, namun bisa jadi juga orang yang selalu di belakang kita untuk mendorong kita maju mencapai impian-impian kita. Tapi yang pasti sahabat selalu ada disamping kita dalam keadaan apapun. Ramadhan kali ini saya ingin berdoa untuk sahabat-sahabat terbaik dalam hidup saya, agar mereka dimanapun mereka berada saat ini, selalu dalam lindungan ALLAH SWT. Semoga di penghujung Ramadhan saat hari kemenangan itu tiba, kita semua menjadi pribadi yang semakin baik. Tetap saling dukung setiap mimpi yang kita lemparkan ke langit. #JalinPersahabatan

shemoen1 month ago

Siapa yang tak ingin meraih kemenangan pada bulan ramadan ini, pasti semua orang ingin merasakan hal tersebut. Hari demi hari berlalu dan ramadan pun tidak terasa tinggal menghitung hari. Hikmah puasa yang aku dapatkan dari #JalinPersahabatan adalah semakin menjadikan pribadi lebih kreatif dan waktu terasa lebih berkualitas dengan terus berfikir positif dan menggali kemampuan menulis. Semoga dengan apa yang telah dilakukan selama ini menjadikan kita semua pribadi yang lebih baik kedepannya. #JalinPersahabatan

Dari tantangan” ini aku lebih belajar arti tentang mengingat teman atau sahabat, agar tidak selalu lupa. Terima kasih semoga bulan Ramadhan kali ini lebih semakin penuh keberkahan #JalinPersahabatan #JalinPersahabatan

Surya Agus1 month ago

alhamdulillah setelah saya mengikuti tantangan demi tantangan #JalinPersahabatan dari HikmahPuasa.com, saya mendapatkan Hikmah yang tidak ternilai harganya. membuat diri saya jadi lebih beik, lebih bersykur, istiqomah, ikhlas, lapang dada dan bisa menjalin silaturahmi yang lebih harmonis dengan sesama sahabat, teman dan orang-orang yang berada dikitar saya sekarang. #JalinPersahabatan #JalinPersahabatan

falah551 month ago

banyak sekali kisah hikmah ramadahn yang saya alami sehingga sulit rasanya untuk meceritakan kembali kisah itu #JalinPersahabatan

9999999991 month ago

Cobaan terberat puasa tahun ini adalah nyokap sakit karena terindikasi luka di ususnya sehingga cuma bisa makan bubur. Saat sehat, gue jarang ngajak makan enak di luar. Hal yang sudah biasa gue lakukan dengan istri dan temen-temen gue. Tapi sangat jarang gue lakukan pada beliau. Paling pas lagi ulang tahun. Saat udah sakit baru gue nyesel. Ya Allah, sembuhkan dan angkat penyakit mamaku. Kembalikan kemampuan menikmati makanan apapun agar saya bisa lebih sering mengajaknya kuliner dan menikmati makanan enak. Aamiin. #JalinPersahabatan

devifitria1 month ago

bulan puasa kali ini special banget karena bisa nemenin si kecil buat ngikutin kegiatan yang seru banget bareng teman-teman seusianya, dan berasa banget jadi seorang ibunya. #JalinPersahabatan

Ahmad Mubarok1 month ago

semua berawal dari sebuah pesantren.. kenal dan dekat di pesantren, kemudian dia berangkat PKL ke kota dan berantem gara-gara dia sudah lupa sama yang di pesantren dan asyik dengan teman barunya di kota.. tapi semua kembali harmonis ketika dia datang lagi ke pesantren dan meminta maaf, kamipun bersatu lagi dan menjalankan rencana selanjutnya untuk mensukseskan pesantren.. #JalinPersahabatan

auliagisella1 month ago

Setiap ramadan pasti membawa kesan tersendiri, begitu juga dengan ramadan kali jni yang bisa hikin diri ini menjadi lebih legowo lagi dalam menjalani hidup, ingin seperti lautan yang memiliki hati yang luas . #JalinPersahabatan

kaksus101 month ago

Semua orang pasti menginginkan menjadi pribadi yang lebih baik, terutama setelah menjalani bulan Ramdhan. Pu saya menginginkan hal yang saja untuk sahabat-sahabat saya. Saya menginginkan waktu yang lebih banyak untuk dapat berkumpul dengan sahabat-sahabat saya. Melihat mereka terus tersenyum dan menjadi yang lebih baik pun sangat saya nantikan. #JalinPersahabatan

laker_toh1 month ago

Ramadhan tahun ini alhamdulilah sangat berkesan sekali bagi saya, karena di bulan sebelum ramadan ini banyak sekali masalah yang saya hadapi tapi dengan iman yang selalu ada di dada dan dukungan dari sahabat sahabat saya, saya bisa melewati masalah yang mendera saya dengan tegar, sampai lah saya bertemu bulan yang penuh berkah ini, ibarat bagi saya, ramadan ini bulan untuk mensucikan diri kembali dan mencharge keimanan di dalam dada biar semakin berkobar. Selama ramadhan ini, tantangan yang saya hadapi bukan lagi rasa lapar, haus ataupun panas cuaca..karena bagi saya tantangan itu kecil efeknya..mudah sekali melewatinya….tapi tantangan yang lebih berat adalah melawan hawa nafsu keduniawian..itu bagi saya yang amat berat di lawan, tapi dengan tekat kuat insya allah saya bisa melawannya demi kehidupan yang baik kedepannya. resolusi saya sehabis ramadhan engga muluk muluk kok, pengen jadi pribadi yang selalu ingat akhirat tapi juga tak melupakan dunia. JADI PRIBADI YANG BERMANFAAT #JalinPersahabatan

.3996.1 month ago

Banyak hal yang telah saya lalui selama Ramadhan ini. Salah satunya adalah mengikuti buka bersama dengan teman dari kaskus. Dengan adanya Ramadhan maka kita dapat berkumpul bersama disaat berbuka. Dengan adanya Ramadhan pula kita dapat menjalin tali silaturahmi dan juga mempererat persahabatan yang sudah terjalin selama ini. Diacara buka bersama waktu itu kita juga dapat memperluas persahabatan dengan orang lain, berbagi kebahagiaan, berbagi canda tawa dan banyak hal lainnya. Ternyata Ramadhan kali ini sangat terasa begitu indah bagi saya #JalinPersahabatan

harun husni1 month ago

Hikmah bulan Ramadan itu banyak banget loh. Bayangin betapa banyak orang yang jadi sering memberi di bulan penuh berkah ini? Berkahnya buat siapa? Selain buat mereka yang memberi, terutama buat mereka yang menerima, terutama lagi kalau yang menerima adalah mereka yang benar-benar membutuhkan bantuan. #JalinPersahabatan #JalinPersahabatan

Hikmah yang saya dapatkan adalah untuk lebih bersabar dan tabah, bersyukur atas segalanya, mempererat silaturahmi, lebih disiplin, lebih peduli lagi terhadap sesama dengan hidup sederhana, berhati-hati dalam ucapan maupun perbuatan, amalan hanya untuk ibadah, badan menjadi sehat serta bahagia, saya mengetahui tujuan penting dalam hidup saya serta menjadi seseorang yang lebih baik lagi bagi sekitar saya. Resolusi saya kedepan nanti in sya Allah melaksanakan ibadah puasa sunah, berbagi dibulan -bulan berikutnya, meningkatkan ibadah-ibadah lainnya, mengunjungi sanak saudara sebulan sekali secara bergiliran. #JalinPersahabatan #JalinPersahabatan

srahayudes1 month ago

Bulan ramadhan adalah bulan pembelajaran bagi kita semua, dimana kita belajar untuk bersabar, bersyukur, berbagi, dan saling memaafkan. Semoga bukan hanya di bulan ramadhan saja kita dapat mendapatkan hikmahnya, tapi kita harus menerapkannya kedalam kehidupan sehari-hari dimana kita harus selalu sabar, bersyukur, selalu berbagi, saling tolong menolong, dan tentunya saling memaafkan satu sama lain. Agar hidup kita menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. #JalinPersahabatan

inase3011 month ago

Dari ramadhan gue belajar banyak hal, dimulai dari pelajaran yang bisa diambil dari diri sendiri ataupun dari orang lain. Salah satunya adalah perihal menghargai satu sama lain. Dia adalah sahabat gue yang memiliki keyakinan berbeda dengan gue. Tapi, meski berbeda dia ga menuntut gue untuk sama dengan dia. Dia masih mau berteman dengan gue dan terus support gue. Salah satunya adalah dia selalu ngingetin gue buat solat dan ibadah. Dia juga ga sungkan buat nemenin gue buka puasa dan bangunin gue sahur. Ah, indahnya perbedaan. #JalinPersahabatan

veteran.joe1 month ago

Ramadhan memang bulan yang penuh berkah. Berkah segalanya bagi yang menyambut dan menjalaninya dengan sukacita. Saya akan menceritakan tentang Hikmah Puasa yang telah didapatkan untuk saya maupun para sahabat selama satu periode. Tersebutlah kita mendapatkan rezeki dari Allah SWT pada saat tibanya ramadhan yaitu dengan diperolehnya pekerjaan masing-masing. Rezeki itu datangnya tidak langsung, akan tetapi bertahap entah salah-satu orang dari foto tersebut yang mendapatkan pekerjaan pertamanya. Kami tak bosan untuk saling memberi support untuk terus semangat menjalani kehidupan. Sekarang rencana-Nya sungguh indah bagi kami. Semua mendapatkan berkah dan rizki tiap ramadhan tiba. Syukur Alhamdulillah disela kesibukan kami masih bisa berkomunikasi dan berkumpul bersama. Persahabatan kami sudah lebih dari 10 Tahun terjaga dari semenjak duduk dibangku Sekolah Menengah Pertama. Ya, semoga silaturahmi ini terus terjaga sampai akhir hayat. Salam Hangat Selalu… #JalinPersahabatan

tatacs1 month ago

Hai guys! Gue mau cerita sedikit, nih. Di balik foto cerianya ini, ada perjuangan cukup menguras tenaga saat tadi malam. Yaitu, bangunin mereka buat sahur! Susah bangeeeeet. Emang sih, sahur salah satu kegiatan yang susah dilakukan apalagi orang-orang yang tinggal sendiri, gak ada yang bangunin. Susahnya kebangetan! Kaya sahabat-sahabat gue ini contohnya. Tapi gue punya cara sendiri buat bangunin sahabat-sahabat gue sahur, yaitu….. pasang alarm di handphone mereka secara diam-diam dengan volume super kenceng biar mereka benar-benar bangun! Hahaha. Karena gue percaya, dengan gue membantu sahabat-sahabat gue sahur, Persahabatan antara kita akan semakin erat, juga bisa mendapatkan arti hikmah puasa #JalinPersahabatan

centrocampistaa1 month ago

Bagiku sahabat adalah teman dimana kita bisa, saling terbuka, saling memahami dan membuat kita merasa nyaman ketika bersama mereka. Ramadhan tahun ini alhamduillah aku bersama sahabatku masih bisa bersilaturahmi meskipun sudah lama kita tidak bertemu. Sejak lulus kuliah 2 tahun yang lalu, sebagian dari kita memang sudah sibuk masing-masing. Awalnya begitu sulit untuk kita menyesuaikan waktu agar bisa berkumpul bersama, namun ramadhan kali ini kita diberikan kesempatan berkumpul, ini merupakan hikmah yg luar biasa. Semoga setelah ramadhan berakhir tali silaturahmi kita tetap terjaga. #JalinPersahabatan

o.best1 month ago

Perjalanan #jalinpersahabatan membuat aku dan kamu sadar bagaimana kita menjalani hidup. Hikmah puasa di bulan Suci ramadhan ini mengajarkan kita arti dari hidup yang sebenarnya. Mengajarkan kita bagaimana caranya hidup berbuat baik dan saling membantu serta berbagi dalam keadaan apapun. Dan yang harus kamu tahu, orang orang disekitaranmu lah yang telah membantumu, menolongmu, dan menjagamu, mari kita saling berbagi untuk kelangsungan hidup yang lebih baik lagi. Menjaga kedamaian, menjaga ketenangan, agar tidak ada perselisihan. Karena setiap kebaikan yang kau lakukan, menjadi berkah untuk semuanya. Dan kebaikan semuanya adalah berkah untuk kita semua. #JalinPersahabatan

chokiboy1 month ago

Hikmah yang saya rasakan setelah mengisi semua tantangan 1 sampai 12 ialah : “Pentingya memiliki banyak sahabat, orang-orang akan datang dengan sendirinya kepada anda hanya untuk menjadi sahabat, hal ini sudah menjadi kodrat dimana orang baik akan selalu dicari, dibutuhkan dan selalu dikenang. Berbanding terbalik dengan orang yang memiliki sifat pemarah, yang ada orang-orang akan menjauhinya dan enggan untuk berkenalan maupun menjadi sahabatnya.” Foto sahabat-sahabatku yang tertidur pulas saat cerita ini dibagikan. 🙂 salam #JalinPersahabatan

Rahayu Suciati1 month ago

Ramadhan kali ini jadi ramadhan pertama jauh dari keluarga, rasanya benar benar beda. Sahur sendirian, buka sendirian. Tapi Alhamdulillah dengan kesepian itu bikin aku jadi semangat buat berorganisasi. Organisasi yang mengajak pada kebaikan, selalu mengingatkan ketika sahur, mengajak buka bersama setiap hari, mengajak mencari kajian bersama dilanjut tarawih menjelajah masjid. Setiap hal pasti ada hikmahnya. Yang aku pelajari dari Ramadhan kali ini adalah pelajaran akan rasa rindu yang menguatkan sebuah ikatan. kalian semua, bahagialah #JalinPersahabatan

lindaputri971 month ago

hikmah puasa kali ini bisa reunian bareng teman lama setelah 7 tahun akhirnya bisa juga ketemuan sama kalian lagi #JalinPersahabatan

Morning Fajar1 month ago

Berusaha mensyukuri segala nikmat dan anugrah yang diberikan Allah SWT pada bulan suci ini. Melakukan perjalanan dan berbagai kebahagiaan bersama orang di sekitar kita. “innallaha ‘alaakulli syai’in qadiir” #JalinPersahabatan #JalinPersahabatan

tgita601 month ago

puasa kali ini ane turut serta bareng komunitas buat menggalakan gerakan ayo toss tb, karena tbc itu dapat disembuhkan dan obatnya gratis, banyak yang belum tahu akan hal ini, jadi ane tergerak untuk menyebarkan informasi baik ini #JalinPersahabatan

Ikhwan Muttaqin1 month ago

Setelah mengikuti tantangan #JalinPersahabatan membuat saya menyadari bahwa teman itu penting dalam kehidupan, dan kedepannya saya mesti berlaku baik kepada teman, jauhi permusuhan atau tutur kata juga tindakan yang bisa merenggangkan pertemanan. Semoga #JalinPersahabatan yang sudah terjalin baik teman sekolah maupun kuliah, tidak akan putus walau jarak memisahkan, dan kelak bisa bertemu sambil bernostalgia saat dulu bersama. #JalinPersahabatan

penikmat.asin1 month ago

Cerita ramadhan kali ini tuh beda dengan ramadhan sebelumnya. Biasanya kegiatan ramdhan ini cuman diisi dengan sahur bareng ibu kosan dan penghuni lainnya. Kali ini berbeda. Gue ikut komunitas motor dan sering melakukan kegiatan-kegiatan positifnya. Mulai dari bebagi takjil sampai berbagi makanan sahur. Yeah smeoga ini berkah. Amin. #JalinPersahabatan

mrbutong1 month ago

Hikmah ramadhan yang paling gue rasakan adalah saat gue memutuskan untuk berhijrah. Berhijrah ke arah yang lebih baik. Sedikit demi sedikit. Banyak cacian dan makian gue terima, masuk ke kuping gue dan terkadang masuk sampai ke hati. Kata-kata seperti “Sok suci lo”, “Sok Alim lo” , “eleh, besok juga begitu lagi”. Gue hanya bisa menjawab dengan kalimat : “Jangan gitu dong bro, kalau ente sahabat gue, doain gue aja biar gue bisa lebih baik daripada hari kemarin dan ga kumat-kumat lagi. Terus bro, kalau ente ga bisa jadi rambu di perjalanan hijrah gue ini, seenggaknya jangan jadi portal yah, itu aja cukup biar gue bisa tetap berjalan ke arah yang bener” Dari sekian banyak sahabat gue, orang yang berfoto bersama gue ini adalah sahabat gue satu-satunya yang selalu rajin ngajakin buat ke jalan yang lebih benar. Jalan yang di sukain sama Nabi Muhammad SAW dan Allah Azza Wa Jalla sekaligus. Lucunya meskipun kita pernah satu sekolah saat SMA dulu dan satu kampus selama 4 tahun, baru di tahun terakhir saat kuliah ini gue dan dia bersahabat yang sangat dekat. Sahabat Fisabilillah ~ Tegur gue ya sahabat kalau gue salah. Gue butuh alarm warning, bukan portal 😀 #JalinPersahabatan

rohde111 month ago

(Foto diatas adalah ketika kami berbuka bersama di Medan) Ane bukanlah termasuk orang yang bisa bepergian ke luar kota dengan mudah. Bukan karena ane tidak ada waktu, tetapi memang alasan finansial yang menghambat. Puasa ramadhan kali ini sepertinya membawa berkah yang besar untuk ane. Karena saudara jauh ane entah kena angin atau kena hujan tiba-tiba memberikan tiket mereka sebanyak 5 buah ke ane. Setelah ane tahu tujuan tiket itu adalah Medan, pikiran ane seakan melayang – layang. Akhirnya ane bisa juga pergi ke Medan, kota yang termasuk favorit ane karena banyak hal – hal seru di dalamnya. Seketika ane ajak keluarga ane, eh mereka tidak ada yang mau karena alasan sangat jauh. Maklum, kami tinggal di Semarang dan jarang sekali pergi ke luar Jawa, terakhir cuma pergi ke Bali, itupun 10 tahun yang lalu dan hanya sekali. Lantas ane mengajak sahabat – sahabat ane, dan Alhamdulillah ada 4 orang yang bersedia menemani ane. Selama 7 hari ane di Medan bersama sahabat, rasanya seperti main ke Dufan seharian. Memang terasa cepat, tetapi penuh dengan canda tawa dan keseruan disana. Walaupun kami tidak kenal dengan mayoritas orang disana, setidaknya kami berlima bisa asyik sendiri dan tidak tersesat disana. Sekian dan Terima Kasih sudah membaca. #JalinPersahabatan

lolawati.slalu1 month ago

Allhamdulilah, masih banyak orang-orang baik yang mau membagi rezkinya. Bagi-bagi takjil sore dijalan dan Sirahturahmu sama teman-teaman semakin terjaga #JalinPersahabatan

Itschika Rs1 month ago

berkah puasa itu terjadi ketika lo lagi puasa, terus siang siang lo disuruh beli bahan2 buat buka siang2 dan lagi panas banget. mau gamau akhirnya gue beli. eh ternayata pas abis buka, gue dikasih sepatu baru buat lebaran…. #JalinPersahabatan

test #JalinPersahabatan

yuki261 month ago

Cerita mengenai tantangan dari #jalinpersahabatan Djarum membuat pribadiku menjadi lebih baik. Menyadarkan diriku bahwa pertemanan adalah hal yang paling penting untuk dijaga. Selama ini aku berusaha menjaga silaturahmi terhadap teman-teman lama maupun baru. Dengan kebaikan dibalik cerita #jalinpersahabatan, nilai lebihnya ini mempererat pertemanan untuk kedepannya. Selain itu #jalinpersahabatan juga menjadi wadah untuk cerita-ceritaku yang Insyallah menjadi pelajaran dan pengalaman yang terbaik. Banyak warna dalam bulan Ramadhan, aku merasa bahwa 1 bulan itu belum cukup. Karena saat bulan suci ini, banyak sekali kebaikan yang muncul dalam kehidupan manusia. Saling berbagi sangat melekat pada bulan ini, senang rasanya melihat keadaan kita seperti itu. #JalinPersahabatan

Mikka Anantafaz1 month ago

dari awal puasa gue selalu buka di kantor (pernah sih beberapa kali di rumah)nah pas buka puasa gue dan temen kantor gue selalu buka pake gorengan, setiap hari!. apakah ini ada hikmahnya? tentu ada kawan. gue jadi tau gorengan yang mana yang paling enak di kemang! #JalinPersahabatan

vapemarket1 month ago

waaa lihat orang saling bantu apalagi dijaman skrg itu susah loh. ini aku ambil pas lagi searching dan terharu. alhamdulilah masih banyak org baik di luar sana #JalinPersahabatan #JalinPersahabatan #JalinPersahabatan

Eka Fajaryani1 month ago

Kisah persahabatan YANI, RISA N EVA..Meskipun kita berbeda karakter n sifat.. tp kita slalu berusaha memahami 1 dgn yg lain, salah paham n beda pendapat bukan alasan kita saling menyalahkan tp menjadikan kita saling memahami n menyayangi.. semoga Allah slalu menjaga persahabatan kita sampai ke surganya Allah.. #JalinPersahabatan

phannu.ari1 month ago

Di bulan Ramadhan ini mengajarkan saya arti sebuah persahabatan. Saling bantu membantu, menumbuhkan rasa kasih sayang dan banyak lagi hal baru lainnya. Setelah bulan Ramadhan ini semoga kita semua terus menjalin silaturhami satu sama lain. Mepererat kembali rasa persaudaraan kita semua hingga nantinya kita memiliki anak cucu. #JalinPersahabatan

onlyonejakass1 month ago

Puasa kali ini saya menemukan pengalaman dan teman baru di tanah rantau. Kebetulan ada panggilan proyek untuk pembangunan sebuah bendungan di wilayah Sulawesi tenggara ketika bulan ramadhan tiba. Awal sempat ragu dan timbul pertanyaan “bisakah puasa sekaligus kerja lapangan” mengingat lokasi panas dan berdebu, dan juga belum pernah mengalami kondisi seperti sekarang ini. Tetapi ketika di lokasi ternyata banyak anggota yang menjalankan ibadah puasa. Ada yang lebih tua dan kerja lebih berat dari pada saya sendiri pun, mereka masih lancar untuk berpuasa. Ini menjadi sebuah motivasi bagi kami pekerja lapangan. Bahwa semua berawal dari niat dan semangat lingkungan kerja. Saya pun belajar banyak hal, tidak ada yang mengeluh, malah cenderung santai tapi serius. Mau seberat apapun kondisinya jika disertai canda dan tawa masing masing anggota dengan latar belakang yang berbeda, panas dan capek pun berubah menjadi semangat kerja. Semoga puasa kali ini kita semua diberi kelancaran dan berkah di bulan ramadhan kali ini #JalinPersahabatan #JalinPersahabatan

complanate1 month ago

hikmah puasa kali ini adalah ketika membawa kendaraan harus disipakan semua surat-suratnya termasuk membayar bajak, karena telat bayar pajak jadi di tilang sama pak polisi dahh, dan akhirnya merasakan bagaimana antrian yang begitu panjang untuk mengurusnya, pelajaran yang sungguh berharga #JalinPersahabatan

Susilo Ahmadi1 month ago

. #JalinPersahabatan

Load more