fbpx Ayo Bersyukur | Hikmah Puasa by Djarum

Ayo Bersyukur

Lihat semua tantangan

Ayo Bersyukur

Belajar Bersyukur dengan Rani dan Harival

Banyak hal yang terjadi dalam hidup kita. Apapun bentuknya, seharusnya kita bersyukur. Bersyukur dapat membuat kita lebih bahagia, lebih percaya diri, dan jauh dari sifat iri terhadap orang lain. Kita sadar bahwa apa yang membuat bahagia adalah karena rasa bersyukur yang terus menerus.

Kali ini coba renungkan apakah kamu selama ini sudah menjadi pribadi yang senang bersyukur ? Setelah direnungkan, kadang kita lupa untuk mensyukuri apa yang telah Tuhan beri. Berkaca kepada beberapa orang yang ada di sekitar kami, merupakan hal yang sangat diperlukan. Karena banyak sekali orang yang tidak beruntung, namun mereka tidak pernah mengeluh. Karena itu, coba introspeksikan dirimu!

Semakin sering bersyukur, kamu akan menemukan apa arti hidup yang sesungguhnya. Cobalah #JalinPersahabatan dengan orang lain, tanyakan hal apa yang mereka syukuri dalam hidup. Tanyakan temanmu kenapa mereka bisa bahagia dengan pencapaian mereka. Dan yang paling penting adalah tanyakan kepada dirimu, sudahkah kamu bersyukur dengan semua yang kamu miliki.

Cerita Mereka

Ini adalah kumpulan cerita dari mereka yang telah mengikuti tantangan #JalinPersahabatan. Jangan lupa untuk ikuti tantangan #JalinPersahabatan di Hikmah Puasa.

restumarianigus1 month ago

selalu bersyukur adalah kunci kehidupan yang lebih baik, karena meskipun sedikit yang didapat dan kita mensyukurinya akan terasa cukup dan membuat kita bahagia #JalinPersahabatan

dominicsolehudi1 month ago

sebaik-baiknya manusia adalah yang pandai mensyukuri semua nikmat yag telah Allah berikan kepada kita baik itu nikmat sehat maupun nikmat duniawi yang lainny yang harus terus kita syukuri #JalinPersahabatan

Tahun lalu saya ikut menghadiri syukuran ulang tahun rekan saya di Panti Sosial Wisma Tuna Ganda di Jakarta Timur. Saya bertemu dengan saudara kita yang mengalami cacat/kelainan dari lahir dan lebih dari dua kelainan. Dari yg sudah tuna rungu sekaligus juga tuna netra, Sampai yang kelainan mental dan memiliki kekurangan lainnya. Saat itu saya hanya bisa menahan air mata, tak sanggup rasanya untuk melihat mereka. Dan saya langsung berterimakasih dan bersyukur karena Allah menciptakan saya dengan keadaaan yg cukup sempurna. Sejenak saya menyesal karna banyak mengeluh, terkadang ingin menyerah terhadap masalah, namun setelah melihat mereka, saya merasa malu dihadapan Allah. Saya bersyukur akan hidup saya, saya bersyukur saya masih bisa berbagi, saya bersyukur karna Allah memberikan saya fisik dan mental yang cukup baik. Dari situ saya belajar, terkadang kita lupa bersyukur dan terlalu banyak mengeluh. Dan sejak saat itu walaupun saya dlm kondisi terpuruk, saya berusaha untuk melihat semuanya dari segi positif dan mengurangi mengeluh. #JalinPersahabatan

Bersyukur itu sangat perlu, apapun itu sekecil atau sebesar apapun kita harus dan wajib bersyukur. Karena setiap syukur akan menjadikan kita mengerti tentang nikmat hidup, kalau kita lupa bersyukur mungkin ada nikmat yg lupa tak bisa di ukur #jalinPersahabatan #JalinPersahabatan #JalinPersahabatan

alungsun1 month ago

Selalu bersyukur masih bisa menjalankan puasa ramadhan bersama teman dan keluarga. #JalinPersahabatan

alifzakyes1 month ago

alhamdulillah tetangga ngasih oleh oleh meskipun ga seberapa. terima kasih tetangga #JalinPersahabatan

dendialiopal1 month ago

Sifat iri adalah hal negatif yang dapat merusak energi kita, kita bisa menjauhkan diri kita dari sifat iri dan dengki dengan banyak bersyukur. Dengan bersyukur kita menjadi lebih bahagia, dan selalu menerima apa yang sudah Allah kasih ke kita yang pasti bisa ngejauhin kita dari sifat iri. Sudahkah anda bersyukur hari ini?? #JalinPersahabatan

nadillarahman1 month ago

Bersyukur jangan saat dapet sesuatu aja, tapi saat sedang kesulitan juga harus tetap bersyukur. #JalinPersahabatan

antenrin1 month ago

Bersyukur ga selamanya pas gue gajian doang kan? Ya pas belom gajian juga harus bersyukur. #JalinPersahabatan

deasyjannet1 month ago

ketika Allah berikan kita kecukupan alangkah baiknya kita mensyukuri nikmat tersebut karena dengan bersyukur maka Allah akan limpahkan kebaikan kebada kita baik di dunia maupun di akhirat #JalinPersahabatan

manggistimtim1 month ago

Kita harus bersyukur gaes walau untuk hal sepele sedikit pun. #JalinPersahabatan

ameliasyasya1 month ago

Cara saya dan sahabat – sahabat berstukur adalah dengan melakukan buka pusa bersama anak – anak di panti asuhan. Walaupun dengan keadaan dengan penuh keterbatasan tetapi mereka tetap tersenyum dengan riang. Jangan lupa bersyukur dengan semua nikmat yang sudah di berikan allah swt #JalinPersahabatan

bryangerald541 month ago

Bersyukur apapun yang terjadi, salah satu bentuk rasa bersyukur adalah dengan senyuman. Hal buruk dan baik pasti terjadi dengan kehidupan kita setiap waktu, dari hari ke hari. Aku dan sahabatku sering sekali bertukar pendapat setiap saat, salah satunya tentang “bersyukur”. Ia selalu mengingatkan kepadaku untuk terus bersyukur, entah itu dalam hal kecil maupun besar, seperti : bersyukur ketika kamu masih dapat beraktivitas, masih bisa menghirup Oksigen bebas, masih bisa menikmati makanan dan minuman, karena masih ada orang di luar sana yang tidak seberuntung kita. Kalau mengalami hal buruk jangan lupa bersyukur juga, karena masih disediakan waktu untuk memperbaikinya, kurang lebih begitulah “sharing” kami. #JalinPersahabatan

hannyizzabel1 month ago

terus bersyukur adalah cara termudah agar hati kita dan perasaaan kita selalu bahagia, karena dalam hidup kan yang dicari kebahagiaan kalo mau bahagia ya harus bersyukur hehe #JalinPersahabatan

arumlarasati1 month ago

Paling alhamdulillah pas disaat puasa tuh namanya wacana ga ada itu enak banget. #JalinPersahabatan

1 month ago

Ayo jangan lupa bersyukur sejak dini, kita hsrus belajar menyukuri hidup. #JalinPersahabatan

jooanggarax1 month ago

Tiada hari tanpa bersyukur, jadikanlah bersyukur itu suatu kebutuhan. Karena syukur menandakan anda menikmati hidup anda dan hal hal kecil lainnya. #JalinPersahabatan

listiapujiyuli1 month ago

kebahagiaan yang kuncinya adalah terus bersyukur dan mensyukuri setiap hasil daru usaha dan kerja keras yang kita lakukan, karena dengan bersyukur hidup akan menjadi damai #JalinPersahabatan

bunkq1 month ago

Bersyukurlah maka akan Ku tambahkan NikmatKu. Apa yang telah kita lalui hingga hari ini adalah pemberian Yang Maha Kuasa, Yang Maha Memiliki Hidup, Yang Maha Mengatur. Kita sebagai manusia sudah sepatutnya mensyukuri setiap nikmat hidup yang diberikan kepada kita. Mulai dari bangun tidur hingga kita kembali memejamkan mata. Semua adalah nikmat. Bersyukur membuat kita bahagia. Seperti salah seorang teman saya, ia sangat bersyukur masih di berikan kesempatan kedua lolos dari jerat narkoba yang membelenggu. Mulai menata kembali hidupnya. Menjadi manfaat bagi banyak orang melalui pengalaman pahitnya. Bersyukur masih di berikan kesempatan untuk menjadi orang baik #JalinPersahabatan

syaipulbahri691 month ago

kebahagiaan terbesar dapat diraih dengan terus bersyukur karena dengan bersyukur akan Allah tambah nikmat dunia maupun akhirat kepada hambanya yang bersyukur #JalinPersahabatan

septiansaroso1 month ago

bersyukur terus agar semakin diberikan ketenangang dan kebahagian dalam menjalani kehidupan di dunia yang fana ini #JalinPersahabatan

benydwis1 month ago

Bersyukur emang mudah, tapi jangan sampe lupa bersyukur. Karena lupa bersyukur aja udah kaya lupa dunia. #JalinPersahabatan

penikmat.asin1 month ago

Gue bersyukur dapat tempat tinggal semestara atau kos-kosan ini. Pemiliknya baik banget, warga alias penghuni-penghuni kosanya juga baik-baik. Mereka ga selalu punya dunianya sendiri di dalam kosan masing-masing, tapi mereka selalu membuka ‘dunia’ mereka ke penghuni lainnya. Ya kalian tau lah maksud gue. Gue juga bersyukur ada sahabat gue dari awal semester sampai akhir semester ini tetep ngekos di samping kamar kos gue. Karena dia, gue selalu ga bangun kesiangan. Karena dia gue bisa ikut mata kuliah pagi, karena dia gue bisa sholat subuh. Karena gue itu orangnya paling susah banget kalau harus bangun pagi. Sahabat gue yang satu ini tuh lebih mirip ibu gue kalau di rumah. Meskipun dia cowok juga kaya gue, tapi dia punya tingkat comel yang tinggi kaya cewek. Tapi gue bersyukur atas itu. Terima kasih sahabat. #JalinPersahabatan

karesakarestin1 month ago

Tersenyumlah…. Karena sedekah tak mesti materi atau uang.. senyum akan jadi sedekah jika bisa membuat orang lain bahagia. #janganlupabersyukur #janganlupabahagia #janganlupasenyum Karena dengan kita bersukur Rejeki akan datang darimana saja #JalinPersahabatan

mayasgr1 month ago

semakin sering kita bersyukur semakin sering pula kita mendapatkan rejeki #JalinPersahabatan

rakhakeron1 month ago

Bersyukur ga harus saat mendapat sesuatu aja lho tapi saat masih bisa sahur tepat pada waktunya ga kelewat. #JalinPersahabatan

frontierspiece1 month ago

kunci kebahagiaan dalam hidup adalah dengan memperbanyak rasa syukur, karena bahagia bukan hanya sekedar harta yang kita miliki tapi bagaimana cara kita untuk mensyukurinya #JalinPersahabatan

rafting.id1 month ago

Saat lagi sepi job eh mendadak seorang kawan mengirimkan tamu karena dia tanggalnya udah ada tamu lain. Mantap dah kawan satu ini…. #JalinPersahabatan

rickyridhomaula1 month ago

nikmat nya bersyukur akan tampak ketika kita sedang membutuhkan pertolongan. pasti ada aja yg mau bantuin kita #JalinPersahabatan

kohhalim1 month ago

Bersyukur kata yang mudah untuk diucapkan tapi terkadang kita lupa untuk melakukannya.Tanpa kita sadari kita sering banyak mengeluh tanpa menyadari tentang hal yang sudah kita miliki.Sebagai contoh kita sering mengeluh tentang pekerjaan kita,kerja kita berat dengan gaji yang kecil,kita sering iri dengan orang lain yang kerjanya ringan dengan gaji yang besar,kadang kita hanya melihat gaji orang lain yg besar tanpa melihat kerja keras di balik gaji besar tersebut.Maka dari itu kita boleh saja melihat orang lain dengan gaji yg besar sebagai penyemangat dalam kita bekerja agar bisa menyamai tapi kita jangan lupa bersyukur dengan apa yang sudah kita miliki #JalinPersahabatan

shrivel1 month ago

Sahurnya mi hari ini. Tapi syukuri aja. Karena banyak muslim di luar sana yang bahkan ga bisa sahur karena ga ada yang bisa dimakan. #JalinPersahabatan

9999999991 month ago

Lagi rebahan di langit-langit kamar ada seekor cicak yang sedang mengintai nyamuk. Cicak yang gak bisa terbang harus bisa menangkap mangsanya yang punya sayap dan bisa terbang, tanpa mengeluh. Gak ada cicak mati kelaparan karena males nangkep nyamuk. Selalu optimis. Mati kegencet pintu paling. Gimana dg gue? Gue punya banyak potensi. Seberat apapun masalah gue sudah seharusnya gue bersyukur. Makanan gue gak bisa terbang kok. Meski geli sama cicak, setidaknya dia mengajari gue arti bersyukur. #JalinPersahabatan

acrimony1 month ago

mau bahagia ya dengan mensyukuri semua yang kita dapatkan dari Allah, karena semakin kita bersyukur maka akan di tambah lagi nikmat yang Allah akan berikan kepada hambanya yang selalu bersyukur #JalinPersahabatan

rayyannurochman1 month ago

Bersyukur..bersyukur dan bersyukur itulah pesan yang selalu ibu saya bilang pada anak-anaknya. Dan ternyata benar dengan bersyukur menjadikan hidup kita terasa rjngan sebwrat apapun beban kita, menjadikan kita lebih bersyukur dengan apa yang sudah di berikan allah sama kita tanpa melihat kanan kiri. Ayoo..bersyukur denga bersyukur dengan bersyukur hidup kita menjadi tenang. #JalinPersahabatan

Id Manz2 months ago

Mari bersyukur atas semua nikmat yg diberikan oleh Tuhan YME.. #JalinPersahabatan #JalinPersahabatan

jamlangjiwa1 month ago

Bersyukur adalah kunci hidup bahagia, yess di bulan ramadan ini gue lebih banyak lagi belajar tentang bersyukur. Dimana kita masih bisa menikmati setiap kemudahan yang diberikan oleh Allah sedangkan banyak saudara kita yang berada di bawah garis kemiskinan.momen ramadan menjadikan diri ini menjadi pribadi yang selalu berayukur di setiap waktu. #JalinPersahabatan

imibnuz1 month ago

segala sesuatu yg udah kita dapetin mah syukuri aja apa adanya #JalinPersahabatan

srahayudes1 month ago

Sudahkah kamu bersyukur hari ini? Syukur bagiku adalah bentuk terimakasih kita kepada Sang pemberi rizky. Syukur itu mudah diucapkan, tapi sebetulnya banyak sekali manusia yang belum bersyukur dengan pencapaian di hidupnya. Aku pun sempat merasakan hal tersebut. Pekerjaanku, dituntut target. Ketika teman-temanku sudah lolos target di periode awal sedangkan aku masih jauh dari target tersebut terkadang aku merasa Tuhan tidak adil. Kenapa temanku yang jelas-jelas usahanya gak seberapa itu dia sudah lolos target, sedangkan aku sendiri belum? apa salahku????? Tuhan tidak adil??? Pemikiran semacam itu ternyata sangat salah, kini aku mulai tahu dan lebih bersyukur. Bahwasanya, setiap orang itu sudah ada porsinya masing-masing. Kapan dia harus mendapatkan rejeki, dan kapan juga dia harus dipanggil oleh sang maha kuasa. Betul, setelah ku tahu, rupanya aku kurang bersyukur dan kurang bersabar. Ketika aku melihat temanku yang lain, ternyata masih banyak yang kekurangan target dan harus meninggalkan pekerjaan tersebut. Karena kalau tidak lolos target, otomatis dipecat. Alhamdulillah selama 1 tahun lebih saya bekerja, saya belum pernah tidak lolos target. Selalu lolos target dan terkadang diberikan lebih, serius gak bohong.. aku nulis ini sampai nangis.. karena dulu aku merasa sangatlah bodoh, sampai-sampai aku berkata Tuhan itu tidak adil. Karena setelah aku tahu, Tuhan itu sangat sayang padaku. Dia memberikan rejeki yang cukup, walaupun ada waktunya kapan Ia harus memberikannya kepadaku. Semestinya aku tak perlu iri, justru aku harus bersyukur. Karena sebenarnya dengan diberikan nikmat sehatpun seharusnya kita harus bersyukur, apalagi diberikan rejeki yang lebih. Alhamdulillah, seiring berjalannya waktu, aku tersadar.. Aku salah, dan aku sekarang telah memperbaiki diri untuk lebih bersabar dan tentunya selalu bersyukur dengan apa yang telah Tuhan berikan kepadaku. Maka nikmat Tuhan manakah yang kamu dustakan wahai manusia? #JalinPersahabatan

dimascill671 month ago

bersyukur memang akan menambah apa yang kita miliki sekarang, dan dengan bersyukur semua akan terasa nikmat dan berkecukupan, yukk terus bersyukur terus #JalinPersahabatan

Rakhman Yussuf1 month ago

Kadang kita merasa serba kekurangan dan melupakan syukur atas nikmat yang Allah berikan. Padahal jauh dibawah kita banyak insan yang hidupnya serba kekurangan bahkan tak bisa untuk membeli makan walau hanya untuk 1 kali makan. Cara sederhana untuk selalu bersyukur atas semua nikmat dan rizki yang Allah berikan, yaitu dengan selalu melihat kebawah, bahwa kita lebih dimudahkan dalam rizki dan jangan lupa untuk kenikmatan rizki yang telah Allah berikan, kita sisihkan untuk mereka yang membutuhkan. Membantu mereka yang membutuhkan, dengan menyisihkan rizki kita akan terjalin persahabatan dan silahturahmi yang berkesan. Cara lain untuk selalu bersyukur, saat kita diberikan kesehatan adalah rizki terbesar yang allah berikan dan tak ternilai dengan materi. Bila ada insan yang melimpah hartanya, tapi dalam.keadaan sakit, otomatis ia tak bisa bahagia dan pasti harapannya ingin sembuh, berusaha untuk berobat hingga hartanya habis…dari sini kita ketahui, kesehatan itu tak sebanding dengan rupiah. Kesehatan yang kita miliki saat ini adalah rizki yang harus selalu kita syukuri tanpa henti. #JalinPersahabatan #HikmahPuasa #JalinPersahabatan

andran.irsalina1 month ago

dulu sering ngeluh kalo dapet sesuatu yg ga sesuai sama keinginan. sampe akhirnya gue tersadar kalo yg penting itu adalah kebutuhan bukan keinginan #JalinPersahabatan

Laila Auliaa1 month ago

yaps kali ini aku bisa menceritakan gimana ku bisa bersyukur hari ini. Oke, pertama gua bisa bersyukur saat ini adalah gua bisa dipertemukan di bulan ramadhan lagi, menginjak bulan yang penuh keberkahan penuh kesucian dan gua sangat berterimakasih banget ke Allah swt. Karna gua di pertemukan lagi, dipertemukan oleh keluarga, sahabat untuk kumpul lagi. Dan tandanya gua di kasih umur yang panjang dan untuk membenahi diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Itu salah satu cara bersyukur gue kepada sang pencipta (: #JalinPersahabatan

nigustiayu1 month ago

Kita ga harus bersyukur karena suatu hal besar saja loh gaes, ya tapi juga hal kecil kecil juga harus disyukuri. #JalinPersahabatan

dwinaraaja1 month ago

dapet kerjaan banyak mah syukurin aja, siapa tau dampaknya baik kedepannya #JalinPersahabatan

botaksebelah1 month ago

jangan lupa bersyukur, karena kebahagiaan didalam hidup hanya dengan merasa syukur #JalinPersahabatan #JalinPersahabatan #JalinPersahabatan

akbarprdn1 month ago

Bersyukur meskipun jauh dari yang namanya orang tua tapi masih bisa ngirim dana buat mereka. #JalinPersahabatan

kaksus101 month ago

Salah satu hal yang sangat sulit dilakukan adalah bersyukur. Seringkali kita merasa kurang, dan melihat kehidupan orang lain begitu lebih mudah dan bahagia. Kadang diperlukan rejeki yang besar untuk menyadarkan diri ini bersyukur pada Sang Pemberi Hidup. Namun, ketika berkumpul dengan orang-orang yang kita sayangi, kita terkadang lupa bahwa itulah rejeki yang sebesar-besarnya. Berkumpul, tertawa bersama, berbagi kasih dan memiliki orang-orang yang dikasihi adalah anugerah dari Sang Pemberi Hidup. #JalinPersahabatan

Setiap hari pasti ada saja tantangan dalam kehidupan. Menurut kepercayaan Budhism “Life is about suffering.” Tugas saya sebagai manusia adalah dengan menjalani karunia kehidupan dari tuhan, bekerja dan menjadi manusia yang berguna buat orang lain. Setiap hari selalu ada hal yang saya syukuri, sebelum tidur saya selalu menuliskan 3 hal yang saya syukuri. Life is a battlefield for me, all I gotta do is to be survived and I will always grateful for whatever life take me. 🙂 #JalinPersahabatan

rtrn1 month ago

Bersyukur adalah sebuah cara menikmati pemberian maha pencipta. Melalui bersyukur dapat memaknai sebuah arti kehidupan. Arti kehidupan yang saya lalui bersama teman tak luput dari rasa tertawa dan menikmati rejeki yang didapat hari itu juga. Engga perlu memamerkan kekayaan atau pun yang lainya kepada seorang teman atau sahabat , karna sebuah persahabatan bukan karna pamer dan gengsi melainkan pertemanan bisa tertawa dan menangis bersama tidak memandang ras, suku budaya, ekonomi dan agama. kesederhanaan itu yang saya rasakan dari sebuah arti pertemanan . Muncul sebuah kesederhanaan itu dari awal kita bersyukur , bersyukur diberikan sebuah teman yang tidak adanya jarak antara gensi atau yang lainya. #JalinPersahabatan

Selamet Hariadi1 month ago

Mbah mulai belajar Sembahyang? bersyukur bangeeet… Hati saya merasa semangat bercampur senang mendengarnya. Tepat kemarin saya berkunjung ke tempat Mbah putri hingga pulang tadi siang. Mungkin bagi sebagian orang mengingat Tuhan bisa dengan berbagai macam cara, namun sebagian yang lain melakukannya dengan cara yang telah ditetapkan Tuhan hingga meramaikan pula tempat Ibadah. Mbah Putri saya tergolong sudah cukup berumur menjalani hidup ini, ditambah lagi beberapa waktu yang lalu (sekitar 2 bulanan) ditinggal oleh Mbah kakung (pria). Hidup memang harus dijalani dengan lika-likunya, dahulu beliau berdua sempat masuk agama Hindu lalu beberapa tahun yang lalu dengan iktikad baik dari anak-anaknya akhirnya dimasukkan agama Islam. Sahabat-sahabat saya juga memiliki rasa syukur yang berbeda. Ada Pak Raharjo yang bersyukur meski gajinya telat. beliau tetap bekerja dengan baik. Syukur itu memang pada perwujudan nyata. #JalinPersahabatan

Load more