fbpx Ada yang Bisa Dibantu? | Hikmah Puasa by Djarum

Ada yang Bisa Dibantu?

Lihat semua tantangan

Ada yang Bisa Dibantu?

Rani dan Harival Menawarkan Bantuan

Ketika banyak hal melanda, entah itu pekerjaan ataupun pikiran, tentu kita merasa perlu bantuan orang lain. Meringankan beban bisa saja membantu menyelesaikan ataupun membantu dengan mendengarkan masalah orang. Memberi bantuan juga bisa diartikan kita peduli dengan orang lain, lho. Bisa berupa materi, tenaga, maupun pikiran.

Jadi kita melakukan tantangan #JalinPersahabatan dengan membantu orang-orang sekitarmu. Bisa jadi orang itu bukan teman yang kamu kenal. Nah kita melakukannya di area depan kampus yang padat orang berjalan. Tanpa kenal terlebih dahulu, kita menanyakan ada hal yang bisa kami bantu atau tidak. Ada beberapa orang takut karena kami orang asing yang menawari bantuan. Ada yang hanya sambil lalu. Tapi ada pula yang sangat ramah dan bahkan membuka percakapan dengan kita. Oya, kita dapat teman baru lho hanya dengan mengucapkan “ada yang bisa dibantu?”.

Dengan tantangan ini, bisa mengubah pandangan orang tentangmu. Jadilah orang yang senang membantu, karena suatu saat bisa saja kamu ada di posisi mereka. Sehari menjadi mereka, bisa membuatmu menjadi pribadi yang lebih menghargai.

 

Cerita Mereka

Ini adalah kumpulan cerita dari mereka yang telah mengikuti tantangan #JalinPersahabatan. Jangan lupa untuk ikuti tantangan #JalinPersahabatan di Hikmah Puasa.

laker_toh1 month ago

Saling tolong menolong adalah sikap yang selalu di ajarkan di setiap agama di dunia ini, karena manusia adalah makhluk sosial tanpa manusia lain dia tidak akan bisa hidup di dunia ini. karena pada hakekatnya kita di dunia ini saling melengkapi satu sama lain, tidak bisa kita hidup individu..karena kita kalau mati pun masih butuh bantuan orang lain untuk mengubur kita. di ajaran agama saya juga ada yang namanya sedekah, yaitu kita memberi bantuan pada sodara kita yang tidak mampu biar meringankan beban hidup dia, dengan materi, makanan maupun tenaga kita. Pernah ketika sahabat baik saya cewek yang orang sumatera dapat panggilan kerja di perusahaan yang lokasinya tidak jauh dari tempat saya, apa lagi dia tidak punya kenalan didaerah situ dan orang luar jawa juga, saya langsung tawarin bantuan, pertama dia nolak gitu, setelah saya yakinkan saya tulus bantu dia dan gak bermaksud apa apa…dia akhirnya mau. jemput dia di stasiun, sampai nyari hotel buat menginap saya bantu, juga antar jemput dia ke tempat tes dan setiap sore saya ajak dia keliling kota biar dia bisa tahu suasana kota tempat dia tinggal nanti. alhamdulillah dia keterima kerja di sana dan sekarang sudah menikah dengan teman 1 perusahaan dia. prinsip saya membantu sahabat itu harus total apalagi sama teman cewek gak perlu ada rasa suka,sayang dulu baru di bantu, karena kalau kita membantu kesulitan teman, insya allah allah swt juga akan memudahkan rejeki kita… dan alhamdulilah itu yang saya rasakan sekarang 🙂 membantu orang itu termasuk sedekah juga kok 🙂 #JalinPersahabatan

chokiboy1 month ago

Membantu orang terdekat dan sangat terdekat bagiku adalah “Ibu” membantu pekerjaan rumah misalnya saat ini saya baru selesai mengepel lantai, karna lantai bersih akan membuat penghuni rumah menjadi nyaman. maka dari itu buat kalian yang ingin membantu orang-orang terdekat kalian cobalah dari keluarga terlebih dahulu 🙂 salam. #JalinPersahabatan

M Ridwan1 month ago

Ada yang bisa saya bantu ? Kalimat ini memang untuk menawarkan jasa kita untuk membantu orang yang membutuhkan bantuan kita tergantung apa yang dibutuhkannya. Membantu tidak hanya dengan materi saja, tapi bisa juga dengan cara lain.. contohnya kita saling berbagi pengalaman cerita satu sama lain. Sharing is Caring, Kita dapat berbagi cerita pengalaman karena kita peduli satu sama lain. Jadilah agent of change ke arah kebaikan untuk setiap orang agar hidup kita dapat bermanfaat bagi banyak orang Dengan Tantangan #JalinPersahabatan kali ini kita bisa mengubah pandangan orang tentang kita Jadilah orang yang senang membantu, karena suatu saat bisa saja kita ada di posisi mereka. Sehari menjadi mereka, bisa membuatmu menjadi pribadi yang lebih menghargai orang lain. #JalinPersahabatan

Saat itu kami sekeluarga mengisi liburan dengan mengajak anak-anak berenang, telah sekian lama kami having fun ada seorang ibu yang terlihat kebingungan karena anaknya yang besar minta berenang mengelilingi kolam renang sedangkan yang kecil tidak mau masuk kedalam air, mungkin trauma kali ya he…he…he…. Tanpa babibu saya langsung menawarkan bantuan untuk memegang anaknya yang kecil sambil menenangkan anak saya juga minta berenang ke tengah. Waduh…. seru juga ya. Disinilah kami mendapatkan saudara baru yang sebelumnya tidak kenal. #JalinPersahabatan #JalinPersahabatan

ridwan8901 month ago

Saya dan teman ku duduk di taman dengan menggunakan pakaian bebas, tak lama berselang ada seseorang perempuan dalam keadaan panik dan bingung entah kemana. Saat kami sedang berdiskusi, ia langsung mendatangi kami dan menanyakan sesuatu. “Bisa bantu saya” kata perempuan itu “Ada masalah apa ?” kata teman ku “Aku benar – benar membutuhkan internet untuk mengupload tugas ku namun paket yang ku punya sudah habis” lanjut perempuan itu “Ohh, kami ada tenang saja tidak usah khawatir” kata teman ku Saat itu aku yang mengurus masalah upload nya, saat di check file yang akan dia upload cukup besar yaitu 200 Mb. Sempat khawatir takut pake kami tak mencukupi tapi ku ragukan niat ku dan langsung menguploadnya. 30 menit berlalu tugasnya sudah selesai di upload. Ia berterima kasih lalu lantas pergi terburu – buru. Saat itu teman ku menanyakan berapa data yang digunakan, aku memberitahunya dan dia cukup kaget. Mungkin karena saat itu akhir bulan sehingga 200 Mb merupakan jumlah yang banyak. Ku kira teman ku akan marah tetapi ia tersenyum sambil berkata “tak apalah untuk membantu dia”. Membantu bukan hanya kewajiban kita sebagai sesama manusia tetapi membantu merupakan poin penting di kehidupan ini. Jangan khawatir untuk membantu yang lain, sebab ada waktunya kita dibantu oleh yang lain. #JalinPersahabatan #JalinPersahabatan

nasgorbabii1 month ago

Cerita ini terjadi ketika Gue dan sahabat gue pulang dari sebuah pusat perbelanjaan. Saat itu temen gue yang mengemudi dan gue duduk disebelahnya. ketika melewati suatu daerah, gue yang pertama kali melihat sedan tua ini sedang terbuka kap mesinnya dan tampak bapak bapak seusia kakek gue yang terlihat lelah dan kebingungan. Gue menyuruh temen gue agar melipir sebentar untuk sekedar membantu bapak tua ini. Singkat cerita, Bapak ini aki mobilnya tekor. Tanpa basa basi kami pun menawarkan untuk saja dengan bantuan mobil temen gue karena pada saat itu temen gue bawa kabel jumper di bagasi mobilnya dan akhirnya mobil bapak tersebut dapat menyala kembali. Senang rasanya dapat membantu dan meringankan sedikit masalah oranglain. #JalinPersahabatan

aristasasa1 month ago

ngebantuin sesama spg saat acar itu yaa asyik banget jadi bisa ngebuat pekerjaan kita cepet selesainya dan tentunya ngebuat kita ga terlalu cape apalagi di bulan ramadhan kali ini hehe #JalinPersahabatan

inase3011 month ago

kegiatan kampus memang melelahkan! Rasanya seberes kelas gue cuma ingin langsung pulang dan istirahat. Eh tapi tanpa sengaja waktu pulang ngampus gue lihat segerombol anak jurusan sebelah lagi berbagi takjil. Ga tau kenapa tanpa basa-basi gue menghampiri mereka dan ikut bantu mereka. Menyenangkan ternyata! #JalinPersahabatan

Hilman Ahmad1 month ago

Istri gue ngidam kucing yang ada di video. Yaudah gue bantu wujudin ngidam istri gue itu dengan cara minjem kucing lucu punya tetangga trus gue bawa ke rumah. #MasalahSelesai #JalinPersahabatan

Ika Puspita1 month ago

Dalam hidup tak mungkin kita bisa melakukan semuanya sendiri. Kadang kita juga butuh bantuan dari orang lain untuk melakukan sesuatu. Pun sebaliknya, bila ada yang membutuhkan bantuan kita, sudah selayaknya sebagai manusia kita juga memberikan bantuan. Memberikan bantuan bukan soal besar atau kecil jumlahnya tetapi soal ketulusan, keikhlasan dan empati. Kecil bagi kita bisa jadi besar manfaatnya bagi orang lain. Ada yang bisa dibantu? #JalinPersahabatan

Rahayu Suciati1 month ago

Sebagai anak kos yang sekamar cuma sendirian, interaksi sama sekitar bener-bener kurang, bahkan nggak ada. Apalagi kalo kondisi kost nggak mendukung. Apalah daya, adanya masalah doang. Tapi, dengan tetap memberi pertolongan, sesederhana apapun itu, angkatin jemuran pas ujan misalnya, pasti berdampak baik #JalinPersahabatan #JalinPersahabatan

Morning Fajar1 month ago

Indahnya Berbagi Di Bulan Suci Ramadan, Foto Panitia Sedang Bersantap Sahur Setelah Membagikan Makanan Sahur kepada Pengguna Jalan Khususnya Tukang Becak dan Pemulung Jalanan. #JalinPersahabatan

Selamet Hariadi1 month ago

Ramadhan kali ini begitu bermakna dengan berbagai dengan sesama. Rezeki hadiah komunitas kami yang telah terkumpul, dibagikan pada mereka yang membutuhkan. Salah-satunya adalah anak ini, ia memiliki semangat untuk sekolah. #JalinPersahabatan

Surya Agus1 month ago

sungguh indah berbagi itu, malam ini saya bertemu dengan seorang bapak-bapak yang sedang mencari barang rongsokan, saya tanya:”pak sudah berbuka belum?” bapak itu jawab:” sudah dik cuman minum aja, kebetulan ini mau jalan pulang”. saya gak tega melihat sibapak yang kelihatannya lapar, karena dekt warteg yaudah saya berikan nasi dan lauk pauknya. yuk berbagi! berbagi gak akan membuat kita miskin kok sob #JalinPersahabatan

Foto ini diambil ketika saya sedang mengambil gambar untuk kebutuhan pekerjaan. Sebut saja namanya bapak Pe, pria berkemeja merah muda pada foto tersebut adalah orang yang selalu secara sukarela mau “dikerjain” sama kroco kroco creative dulu. Jadi model foto, food-styling, model tangan, bantu setting meja dan produk, dan banyak lagi, padahal bukan tugasnya. Kalimat pertamanya ketika bertemu anak-anak yang sedang ngerumun, pasti beliau langsung bilang “Lagi apa ini? Ada yang bisa saya bantu?” Katanya, menolong orang lain itu selalu menenangkan hati. Jadi kapanpun saya bisa, pasti akan ada saya disitu untuk membantu, hal sekecil apapun. Sukses terus Pak Pe, dimanapun bapak berada. Tertanda, Anak bawahan yang kurang diajar. :p #JalinPersahabatan

falah551 month ago

indah nya berkumpul dgn teman 1 forum #JalinPersahabatan

mrbutong1 month ago

Untuk berfoto seperti diatas, butuh saling bantu membantu. Terutama untuk orang yang paling atas. Dia sangat butuh bantuan seorang sahabat untuk memegangi pijakan agar lebih kuat sehingga dia dapat menaiki sampai puncak. Disaat pengambilan fotopun, untuk tetap seimbang, kita harus saling pegang agar tidak ada yang goyah dan terjatuh. “Saling Bantu” disini sangat dibutuhkan. Bukan hanya saat difoto ini saja. Kita memang harus saling bantu entah itu kepada sahabat atau orang tidak dikenal sekalipun. Jika memang kita bisa membantunya, tidak ada salahnya juga kan kita membantu mereka yang membutuhkan bantuan? Ayo lebih perduli sekitar guys !! #JalinPersahabatan

ada di lingkungan dengan individu yang memiliki keterbatasan membuat kita harus cepat tanggap dalam melihat suatu kondisi. manusia memiliki kemandirian yang berbeda-beda, meskipun memiliki hambatan kadang mereka ingin berusaha agar dapat melakukan sesuatu sendiri. untuk menghindarkan terjadinya kejadian merasa tersinggung, kita harus bertanya kepada mereka “ada yang bisa dibantu?” karena seringkali mereka bisa melakukan sendiri namun reaksi kita yang sering berlebihan #JalinPersahabatan

Reza Maulana1 month ago

Saling membantu atau menolong dalam kebaikan harus kita biasakan. Kebiasaan baik yang seperti ini tentu akan banyak manfaatnya, baik yang dirasakan oleh orang yang membantu tersebut maupun oleh yang dibantu. Tidak hanya di dunia manfaat yang dirasakan, insya Allah di alam akhirat juga akan kita dapatkan. Bila ada orang lain yang meminta bantuan kepada kita, akan jauh lebih baik bila kita membantunya, tentu sesuai dengan kapasitas dan kemampuan kita. Namun, jika belum bisa atau belum mampu membantu maka tidak usah malu dan ragu untuk mengatakan kepada orang yang meminta bantuan tersebut. Kebiasaan saling menolong antara sesama dalam hal kebaikan akan membuat hidup dan kehidupan kita semakin harmonis. Sebab, ada rasa peduli di antara sesama. Rasa peduli terhadap sesama inilah yang mampu merobohkan tembok permusuhan dan pertikaian. Sehingga akan tercipta rasa saling peduli dan memberi antarsesama, baik dalam suka maupun duka. Akhirnya, kerharmonisan, persaudaraan di antara sesama pun semakin terasa. Kali ini aku membantu menjadi wasit saat latihan taekwondo.Ada kepuasan tersendiri di saat bulan Ramadan bisa membantu menjadi asisten taekwondo di klub kotaku.Bantuan kecil bila dikerjakan dgn ikhlas akan membuat perasaan mjd bahagia.Membahagiakan orang lain san juga diri sendiri #JalinPersahabatan

ketika itu, aku sedang tidak terlalu banyak kerjaan. Suatu kebetulan, tim lain sedang repot2nya photoshoot di sudut ruangan lain. Kulihat temanku sedang kerepotan memasang lampu untuk foto, lalu aku menawarkan bantuan, apakah ada yg bisa dibantu. Akhirnya aku membantu meraphikan ruangan dan menyiapkan barang2 yang harus diperlukan untuk foto tersebut. awalnya aku memang tidak terlalu kenal dengan tim lain, selain karena aku masih baru juga saat itu. Dari menawarkan bantuan inilah aku bisa berkenalan dengan teman2 lain lebih dekat. #JalinPersahabatan

chovinn1 month ago

ngebatuin ngerias teman saat mau menikah adalah kebahagiaan tersendiri, yang sudah sahabatan dari kecil akhirnya ketemu juga jodohnya #JalinPersahabatan

bunkq1 month ago

Ini adalah cerita perjalanan pertama saya saat di Jepara Jawa Tengah. Melihat seorang pengayuh becak sedang membetulkan ban becaknya, saya yang baru saja turun dari mobil travel dan mampir ke warung untuk membeli air mineral tepat didepan abang becak tersebut coba menawarkan diri ikut membantu memompa ban becaknya sambil menawarkan air mineral yang baru saja dibeli. “Bang, sini saya bantuin! ujar saya kepada abang tersebut. Pompa tangan berpindah ke tangan saya. Hush…hush…husshhh…. sampai ban becaknya terisi penuh udara. Ngobrol ngalor ngidul sembari menanyakan alamat, dan ternyata si abang ini tahu persis alamat yang saya tanyakan. Alhasil, saya diantarkan ke tujuan. Terima Kasih Bang 🙂 #JalinPersahabatan

rantirahayu1 month ago

ngebantuin teman saat ngejagain absen di suatu kegiatan itu seru banget dan bisa sekalian ngobrol kalo antrian lagi kosong kan bisa dapetin double sekaligus curhat #JalinPersahabatan

karesakarestin1 month ago

Sabar adalah suatu ujian Tuhan kepada Umatnya sepaya mendekatkan diri kepada Tuhannya dan memperbanyak Amal Ibadah. Suatu Kejadian di Waktu Menjelang Buka Puasa, Mobil Kesayangan Ditabrak Orang sampai Body Mobil Lecet. Antara Sabar dan Sedih Ternyata beda Tipis. Tapi Ternyata Alhadullilah Orangnya mau bertanggung jawab dan dapat diselesaikan secara berkeluargaan. Itulah buah kesabaran di bulan puasa ini #JalinPersahabatan

putri.riyanti1 month ago

saling membantu dengan mewakafkan harta yang kita miliki akan menjalin persahabatan dengan yang membutuhkan dan tentunya bisa menjadi ladang padahala kita di bulan penuh berkah ini #JalinPersahabatan

syukronganteng1 month ago

ngebantuin dekorasi tempat buat ngerayain ulang tahun teman sekaligus bersiap buat buka puasa bersama, jadi semuanya kena kumpul barengnya dapet, ngerayain yang ultah dapet dan buka puasa nya juga dapet hehe. #JalinPersahabatan

andin.tanjung31 month ago

bantu motoin alias bantu dokumentasi juga bermanfaat lhoo selain bisa jadi kenang-kenangan bisa ngebuat orang lain jadi bahagia juga #JalinPersahabatan

bryangerald541 month ago

Ketika sedang di jalan bersama sahabatku, kami sempat mampir ke toko swalayan untuk membeli perlengkapan. Setelah keluar dari toko, kami berpapasan dengan ibu-ibu yang sedang membawa motor dengan gerobak berisi beberapa tabung gas yang tampak kesulitan karena posisi gasnya yang miring. Ibu itu berhenti tepat di depan kami, aku melihat sahabatku menghampiri ibu itu dan sempat menawarkan untuk membantu membantu memperbaiki posisi tabung gas tersebut. Akupun yang awalnya hanya memperhatikan, ikut membantunya. Setelah berhasil, ibu pembawa gas berterima kasih sembari tersenyum kepada kami sambil berlalu. Sahabatku bertanya “gimana perasaanmu setelah membantu ibu tadi?”, “lega, senang, lihat ibunya mengemudi dengan aman” jawabku. Begitulah rasanya ketika kamu membantu orang lain tanpa pamrih dan ikhlas. #JalinPersahabatan

phannu.ari1 month ago

Dalam pertemanan diperlukan saling bantu membantu. Dengan begitu semua pekerjaan terasa ringan dan selesai dengan cepat. Seperti pada gambar, ane dan teman ane bahu – membahu memasak makanan untuk disantap sahur bersama. Meskipun tak berpuasa, ane tetap membantu memasak makanan sahur. Ayo saling bantu membantu, jangan sungkan untuk berbuat baik gan sis apalagi dibulan yang penuh berkah ini. #JalinPersahabatan

saat membantu keluarga di sawah, setidaknya bisa mengingankan beban kegiatan di sawah. Bulan Ramadhan tidak ada alasan untuk malas-malasan #jalinPersahabatan #JalinPersahabatan #JalinPersahabatan

suryantorido1 month ago

bantu motoin sahabat kalo lagi jalan-jalan itu yaa seru banget, sampe dibilang ane itu sudah kaya tukan photo profesional haha #JalinPersahabatan

kaksus101 month ago

Mengatakan “apa yang bisa saya bantu” justru bukanlah untuk membantu orang lain, tapi justru kata-kata tersebut merupan ungkapan bahwa kitalah yang membutuhkan bantuan. Dengan menolong orang lain, justru membuat hati kita “tertolong” menjadi merasa lebih baik. #JalinPersahabatan

powerpunk1 month ago

Seorang sahabat sejati adalah ketika kita saling tahu dan mengerti apa yang di butuhkan oleh sahabat kita tanpa perlu di ucapkan melalui kata. Sahabat sejati ada ketika kita benar – benar butuhkan, bukan hanya ada saat mereka butuh kita. Sebagai contoh, saya mempunyai sahabat di kantor yang selalu mengerti keadaan. Meski tak berada dalam satu divisi, namun karena meja kerja kami saling berdekatan, kami selalu mengerti di saat yang lainnya butuh bantuan. Misalnya saja, saat yang lainnya sedang banyak tugas, sedang yang lainnya ada sedikit waktu luang, maka kami dengan senang hati akan menawarkan diri : “Ada yang bisa di bantu?” Meski terkadang sungkan karena harus merepotkan divisi lain, tapi karena kami merasa lebih dari hanya sekedar rekan kerja dan sudah menganggap diri kami sebagai sahabat, hal itu sudah menjadi biasa . Bahkan, saling membantu sudah menjadi budaya kami. #JalinPersahabatan

Jeffrey Nijstad1 month ago

Memaafkan memang bukan perkara mudah, tetapi dari memaafkan kita bisa mendapatkan banyak hikmah, apalagi dengan melupakan masalah tersebut, seperti halnya dengan teman saya yang meminjam motor saya tetapi bensin motor saya tiba-tiba habis dan tidak dia isi kan lagi dan masih banyak kesalahan yang sering dia perbuat yang tidak bisa saya sebutkan semua disini, tetapi dari masalah itu saya bisa memaafkan dan bakal melupakan kesalahan yang sering teman saya perbuat itu. #JalinPersahabatan #JalinPersahabatan #JalinPersahabatan #JalinPersahabatan

Ada kebahagiaan tersendiri manakala tanpa disadari saya bisa memberi kontribusi secara tidak langsung pada sahabat dekat saya yang terhitung baru. Saya biasa menyapa akrabnya dengan panggilan Mommy Aron.Mengingat putri bungsu saya pernah sekelas dengan kakak Aron ganteng. Tanpa diminta pun saya merasa senang bisa ikutan turun tangan di warung makannya yang cukup ramai. Kebetulan Mommy Aron ini sukses merintis usaha kulineran Ayam Geprek dan menu lainnya yang diburu orang. Nah saya memang sering dolan mampir sekedar ngobrol atau belajar menyusun resep. Jadi saya tidak terbebani jika situasi ramai saya ikutan meracik atau beberes di Warung Ayam Gepreknya. Terlebih-lebih saat puasa Ramadhan ini warung Gepreknya sangat laris diserbu pelanggan setianya. Ternyata dengan turun tangan membantu di sana membuat saya lebih paham memasak berbagai menu masakan alam resto enak.Hal ini lhk yang terus saya syukuri.Bisa membantu sesuai kemampuan yang saya miliki sehingga Mommy Aron bisa terbantu usahanya namun saya juga memetik keuntungan lainnya yang gak saya dapat di sembarangan tempat.Terima kasih Mommy Aron, jangan pernah sungkan colek-colek saya untuk kemajuan Kuliner ayam geprekny ya Mom #JalinPersahabatan

yuniararief1 month ago

Di bulan ramadan tentu harus banyak-banyak berbuat kebaikan agar bisa menambah pahala, salah satunya dan yang paling simple adalah membantu teman mengambil gambar dia dengan actikn figur favoritnya 😊 #JalinPersahabatan

Ikhwan Muttaqin1 month ago

Membersihkan sampah dilingkungan akan membuat lingkungan jadi bersih dan bebas sampah, jadilah orang yang bermanfaat bagi sekitar, membantu bukan hanya dengan materi tetapi dengan tenaga pun bisa. Semoga kedepannya saya bisa membantu orang lain baik dengan materi yang dimiliki maupun dengan tenaga, karena membantu orang lain akan menjadi ladang amal buat saya. #JalinPersahabatan

Susilo Ahmadi1 month ago

. #JalinPersahabatan

avillgoods1 month ago

bantu temen pas lagi kuis. dan menangggg ah so happy deh #JalinPersahabatan

o.best1 month ago

Buat kalian yang merantau ke kota, pasti ketika bulan puasa telah tiba pasti kalian akan teringat akan namanya MUDIK. Yups mudik kekampung halaman setahun sekali di libur yang panjang dan hari penuh dengan kebahagiaan. Saat musim Mudik tiba, Tapi ternyata ada sahabatmu yang tidak mudik dengan alasan pekerjaan? Padahal kenyataannya dia ingin mudik tapi ternyata uangnya ga cukup untuk mudik? Nah, sering nih terjadi nih terhadap anak-anak kos. Dan pengalaman ini pernah terjadi juga dengan sahabat ane. Waktu itu sekitar lebaran tahun 2013, waktu itu sekitar H-2 sebelum lebaran dia masih ada di kosan padahal saat itu semua pengisi kos sudah pada mudik. Dengan hati bertanya ane samperin sahabat ane dan menanyakan perihal kenapa dia tidak ikut mudik? Dengan jawaban karena dia tidak libur atau tidak diberi cuti, dalam hati ane mana ada perusahaan yang ga ngasih libur lebaran, ane terus tekan dia dan terus bertanya, pada akhirnya dia menjawab jujur bahwa dia ingin sekali pulang kampung sambil menangis dan memeluk ane. Dia mencurahkan hati ke ane bahwa uang gaji dan thrnya tidak cukup untuk mudik karena uangnya dipakai adiknya waktu itu juga sakit dikampung. Ane yang terharu mendengar ceritanya cukup sedih juga, dalam keadaan seperti itu dia memberikan uangnya untuk pengobatan adiknya yang sakit serta tidak bisa mudik dan melihat keadaan adiknya saat itu. Akhirnya ane pun menawarkan bantuan untuk ikut mudik bareng, dan ane menyuruhnya untuk mengcancel semua pekerjaannya demi hari bahagia dan penuh akan kerinduan. Dia tetap menolak waktu itu, dan pada akhirnya ane bilang “sudah masalah uang atau lainnya ga usah dipikirkan, ane bantu sebisa mungkin meminjamkan uang ane ke dia, dan ane bilang di pulanginnya kapan-kapan aja kalau rejeki mu sudah membaik dan adikmu juga sembuh” Dan akhirnya dia pun ikut mudik, dan mengcancel jadwal kerjanya di hari lebaran. Terlihat senyum bahagianya dibalik air matanya. Ane pun juga bahagia lihat sahabat ane begitu berjuang demi keluarganya dikampung. Jadi dalam keadaan seperti apapun,berilah bantuan terhadap orang-orang disekitarmu. Karena bantuanmu akan menjadi senyum kebahagiaan terhadapnya. Berbuatlah baik,karena kebaikan akan membawamu kekehidupan yang baik. #JalinPersahabatan

penikmat.asin1 month ago

Perhabatan antar anak kosan itu kerasa banget guys. Kita kalau ga saling bantu, pasti di kosan tuh bakal sepi. Kalau kosan sepi gue yakin ga bakal ada yang betah. Bantuan-bantuan kecil mulai dari ngerapihin sendal atau sepatu, angkat jemuran kalau si pemilik lupa ngangkat, bangunin orang tidur. Itu tuh kecil tapi besar banget buat anak kosan. Bantuan-bantuan kaya gitu tuh berharga banget. Sering diskusi juga tentang tugas bareng, belajar bareng. Yeah, persahabatan anak kosan memang sangat terasa. #JalinPersahabatan

fzl161 month ago

“Seseorang yang penting dan tak tergantikan akan selalu ada bersamaku, tapi aku juga menyadari dia tidak akan selamanya bersamaku”. Ya seorang teman yang lebih dari sekedar teman yang disebut sahabat. Perkenalkan namaku Faizal, mahasiswa disalah satu perguruan tinggi swasta di Purwokerto. Dan sahabatku ini bernama Ari, dia baru lulus SMA tahun ini. Sudah banyak cerita dan waktu yang sudah kami habiskan dalam masa muda kami. Sebenarnya aku ini orangnya susah bergaul dan agak susah untuk didekati haha.. Pertemuan pertama kami pun dulu berawal dari memainkan permainan yang sama diwarnet dan lama kelamaan jadi akrab. Dia juga menjadi alasanku untuk mudik ke kampung halaman setiap minggunya. Btw jarak kost”an ku dengan rumah bisa ditempuh dalam waktu 1 jam. Dia sering mengajakku untuk menikmati liburan sesaat di kampung dengan melakukan aktivitas olahraga ataupun hal lain misalnya. Karena tahun ini dia sudah lulus SMA, dan berencana kuliah di luar kota yang lumayan jauh dariku akupun merasa agak sedih. Tapi aku tidak bisa mencegahnya, dia berhak bebas memilih masa depannya. Ada cerita menarik saat dia meminta bantuan padaku untuk mencari hem putih untuk dikenakan pada saat perpisahan SMA. Pada saat itu aku sebenarnya ada kuliah namun aku nekad membolos hanya untuk membantunya. Aku pun rela pulang kembali ke rumah yang ditempuh selama satu jam. Sebenarnya dia keberatan denganku tetapi aku bersikeras karena ini adalah momen-momen terakhir yang bisa kunikmati bersama sahabat terbaiku. Karena sahabat sangatlah berarti, dan kebersamaan bersama mereka adalah momen yang tak dapat dibeli #JalinPersahabatan #JalinPersahabatan

baihaqqi771 month ago

ngebantuin teman saat mau main game agar antrian main gamenya engga terlalu lama dan bisa main sepuasnya bareng teman yang lainnya juga #JalinPersahabatan

adesrya1 month ago

dahulu pada saat zaman masih awal perkuliahan, kami mahasiswa baru selalu menawarkan diri, termasuk diriku suka sekali dimintai tolong oleh orang dengan harapan akan ditolong kembali oleh orang lain dan membayangkan apabila aku berada diposisi tersebut. Walaupun tidak secara langsung orang yang bersangkutan membantu suatu saat pasti akan ada waktunya aku dibantu oleh orang lain. Seperti pada foto aku di amanahi menjadi ketua dalam rangka acara arak arakan wisudawan, tanpa bantuan dari semua yang mendukung apalah arti acara tersebut. Alhamdulillah acara berjalan dengan sangat lancar dengan bantuan tolong menolong di setiap angkatan nya 🙂 #JalinPersahabatan

ahmadsutarya1 month ago

bantuin sahabat nyiapin presentasi dan ganti-gantian, kerjaan selesai dan persahabatan jati tambah erat, sudah lama banget sahabatan dari jamannya sd dulu sampe kerja di tempat yang sama #JalinPersahabatan

andrylfc1 month ago

Sebenarnya apa sih persahabatan itu? Persepsi orang mengenai persahabatan pasti berbeda-beda. Tapi menurutku suatu persahabatan itu dapat terlihat seberapa besar seseorang yang kamu anggap sebagai sahabat selalu bisa dan mau berusaha untuk membantumu ketika kamu dalam kesulitan. Jangan berkata atau berharap mereka selalu ada, realistis saja karena setiap manusia tentu memliki waktu dan kepentingan mereka masing-masing. Singkat cerita kami ber-enam pertama kali bertemu saat MOS (Masa Orientasi Siswa) ketika baru masuk ke jenjang SMA pada tahun 2008 silam. Persahabatan kami sudah berjalan tepat 10 tahun pada tahun ini. Kami bisa sedekat sekarang berawal dari kecintaan kami akan sepak bola sangat besar dan banyak hal lain yang bisa membuat kami begitu solid. Oh ya, perkenalkan kami satu persatu, ada Josh, Alfred, Tio, Daniel, Fano, dan saya sendiri yang menulis cerita ini, Andri. Tentunya kami memliki begitu banyak perbedaan satu sama lain, dan pernah beberapa kali terjadi konflik diantara kami ketika kami masih sangat muda dan belum begitu dewasa. Namun dibalik konflik-konflik kekanakan tersebut, kami sudah saling membantu sejak awal kami berteman. Dari hal sederhana seperti mendorong motor teman yang mogok karena banjir, sampai ke hal-hal yang jauh lebih pribadi. Sebisa mungkin kami saling mebantu, jangankan waktu, uang pun kami sudah tidak perhitungan. Bantuan terbesar menurutku bukanlah hanya materi, tapi support moral ketika salah satu dari kami down, ya paling sering masalah wanita, tidak jauh dari kebiasaan lelaki. Sederhana sih mungkin, tapi sejujurnya support mereka sangat-sangat membantu saya dalam melewati rintangan yang sedang aku lalui. Setidaknya, mereka selalu ada ketika aku mebutuhkan seseorang yang selalu ada untuk medengarkan cerita dan keluh kesahku. Beranjak dewasa, kami ber-enam sudah menjadi lelaki yang ya memliki karir yang cukup membanggakan. Teringat ketika kami sama-sama baru lulus kuliah, kami masih mencari kerja bersama. Iya, benar-benar kami bersama-sama mencari pekerjaan, keliling jakarta, membawa amplop berisi berkas lamaran. Kehadiran mereka yang mungkin bisa aku bilang teman seperjuangan benar-benar sangat menyenagkan. Tentunya kami tidak mendapat panggilan kerja bersama-sama pula, ya relistis saja rejeki orang pasti berbeda-beda. Tapi ketika teman kita belum menerima panggilan kerja, kami masih saling support dan terus membantu sahabat kami yang belum mendapat panggilan kerja. Buah dari support satu sama lain adalah apa yang kami miliki hari ini, ya karir kami ber-enam bisa sejauh ini karena kami tidak henti-hentinya saling membantu satu sama lain. Walaupun belum begitu sukses, namun setidaknya kami bisa menerima pelajaran bahwa, sahabat selalu ada kapanpun kita membutuhkan, tidak 24 jam, namun mereka pasti selalu berusaha meluangkan waktu disela-sela kesibukan. Sepuluh tahun berlalu, perkataan “Lo tenang aja, gue pasti bantuin lo sebisa mungkin.” sesederhana itu arti dari sebuah persahabatan. 10 years and still counting. With love, Andri S. #JalinPersahabatan

KimBelz1 month ago

Bantu lah selalu temanmu. Karena apa yang kau tanam akan kau tuai di kemudian harinya #JalinPersahabatan #JalinPersahabatan

yaffingale1 month ago

Gue punya teman peka banget. Apalagi pas bulan puasa ini. Ga perlu minta tolong. Tiap liat ada orang kerepotan pasti langsung dibantuin sama dia #JalinPersahabatan

Seven Togatorop1 month ago

Lagi-lagi kusampaikan kalo aku non muslim, tapi aku dapet banyak hikmah puasa saat ramadan. Salah satunya saat pulang ke Bekasi menggunakan commuterline. Jadi, pas antri di mesin top up KMT, Ada Ibu-ibu yang kesulitan memasukkan uang ke mesin, jadi harus dilakukan berulang-ulang. Kalo aku perhatikan, kayaknya karena uangnya agak lusuh. Karena pengen bantu dan supaya antrian gak semakin mengekor, aku lgsung gunakan uang 20.000 an ku dan memasukkanya ke mesin, and voila! BISA! Si Ibu pun seneng… Kami masuk stasiun bersama, dan di dalam si Ibu memberikan uang 20.000 Lalu ku bilang… “gak usah Bu, gapapa”. Si Ibu pun tetap maksa dong… tapi tetap kutolak. Lalu Ibu memberikan kolak yang ada di tangannya… dan karena ku suka kolak, apalagi biji salaknyaaa… langsung aku terima. Kami pun jadi bukber di stasiun. Hahahaha… dan ternyata itu kolak bikinan si Ibu sendiri…. NICE! ENAK BENER LHOOO GAES… #JalinPersahabatan

veteran.joe1 month ago

Sebagai manusia sosial kita harus saling bantu-membantu. Dengan segenap sukacita kita tawarkan apa yang bisa kita bantu terhadap sesama, karena sejatinya tolong menolong membantu sesama maka kita tahu bagaimana kita berbagi. Jadi jangan sungkan untuk menawarkan bantuan. #JalinPersahabatan

Load more