fbpx | Hikmah Puasa by Djarum

Cerita #JalinPersahabatan

Mempersembahkan Video Perjalananmu

Sebagai penghargaan karena kamu telah melakukan tantangan #JalinPersahabatan, Hikmah Puasa mempersembahkan video kompilasi perjalananmu menjadi sahabat sejati. Terima kasih telah mengikuti tantangan ini ya, sahabat!

Bagikan video kompilasi ini dan ajak temanmu untuk ikuti tantangan #JalinPersahabatan.

Tantangan 1

Sahur..sahur Oleh srahayudes

May 28

Puasa ramadhan, suatu bulan dimana banyak sekali dinantikan oleh banyak setiap umat muslim. Kenapa? karena berkahnya di bulan ramadhan itu tiada tara, banyak sekali kebaikan yang akan menjadi pahala. Salah satunya ketika membangunkan orang sahur, beberapa tahun lalu ketika aku masih menjadi bagian anggota remaja mesjid di kampung tempat tinggalku, aku dan kawan-kawanku bersiap siaga pukul 02.00 untuk keliling kampung dari gang ke gang, membawa galon, panci, ember, ataupun suatu benda yang bisa membuat bising. Alat-alat tempur itu kami gunakan sebagai ‘musik’ untuk membangunkan orang sahur. Kami berkeliling sampai pukul 03.00 untuk membangunkan warga yang sahur, tak disangka banyak juga warga yang memberi kami ‘hadiah’ karena telah membangunkan dari tidur lelapnya. Hadiah itu biasa kami peroleh berupa makanan sahur, roti, ataupun camilan. Ah.. senangnya, tapi sayang sekarang sudah tidak bisa seperti itu lagi. Karena teman-teman yang sudah tidak lagi berada disini. Mereka hijrah ke kampung lain, adapun yang sudah berkeluarga sehingga tidak dapat mengikuti kegiatan remaja mesjid yang seperti ini. Kini, yang membangunkan sahur bukan lagi kami, tapi seseorang yang telah menggantikan tim kami. Alhamdulillah masih ada yang mau dan menyempatkan waktunya untuk membangunkan warga untuk sahur. #JalinPersahabatan

Tantangan 2

Kekuatan Senyum Oleh srahayudes

May 28

“Tersenyumlah, karena senyum itu membuat orang menjadi senang”
Pepatah itu seolah merekat erat pada diriku, mamaku slalu berkata “kalau kamu tidak punya uang untuk bersedekah, berikan dia senyuman agar dia pun merasa bahagia”. Yep, sampai saat ini aku selalu tersenyum untuk siapapun, memberikan keceriaan untuk semua orang terdekatku. Dalam foto ini, aku ambil ketika bertemu dengan teman-teman KasKus ku untuk menonton bioskop bersama, awal bertemu? iya awkward, bingung, gak tau harus gimana, dan pada akhirnya saling diam-diaman. Tapi, dengan kita mulai tersenyum, kita membuka obrolan santai dengan penuh senyuman, semua itu luntur… Berubah menjadi keceriaan, kebahagiaan, dan penuh dengan kasih sayang. Percayalah, kekuatan senyuman itu mampu melelehkan besi yang begitu kuatnya, dan mampu menghancurkan batu yang begitu keras. Awal tidak kenal menjadi kenal dengan senyuman, dari yang tidak dekat menjadi dekat, dari yang dekat menjadi lebih erat. #JalinPersahabatan

Tantangan 3

Masakan Dariku Oleh srahayudes

May 28

Tahu gak sih, kalau aku tu memang hobi sama yang namanya masak. Dan memang setiap hari aku selalu memberikan sajian istimewa untuk santapan buka & sahur keluargaku, meskipun hanya masakan sederhana. Kali ini, aku mengabulkan permintaan Mbak ku yang sedang hamil 3 bulan. Ia berkata ingin makan udang saus telur asin, karena beberapa waktu lalu aku sempat memasakannya dan ia bilang enak ketimbang beli di restoran, ia pun menginginkan aku untuk memasaknya kembali. Setelah aku memasaknya, keluargaku pun dengan lahapnya menikmati sajian udang tersebut. Alhamdulillah meskipun tidak aku coba ketika masak, rasanya tetap enak katanya. #JalinPersahabatan

Tantangan 4

Tahan Amarah Oleh srahayudes

May 28

Ada hal yang lebih sulit untuk diredam selain api, yaitu amarah. Ketika amarah meluap maka semua akan terbakar, akan kacau balau dan menjadi sebuah kehancuran. Maka dari itu di bulan ramadhan ini kita dilatih selain menjaga nafsu makan juga harus menahan amarah. Hal apa sih yang bisa aku lakuin untuk menahan amarah? bagiku, amarah itu tidak perlu diluapkan, apalagi sampai bergejolak.. kacaulah jadinya. Amarah itu harus di redam, di redam dengan kesabaran, keikhlasan, dan ketulusan. Beberapa waktu lalu aku benar-benar dibuat sabar oleh keponakanku, kala itu aku meminjamkannya sebuah telepon genggam, aku bukan tipe orang yang membebaskan seorang anak untuk memegang handphone, tapi kala itu keponakanku memaksaku untuk meminjamkan handphoneku untuk keperluannya menyalin file tugas dari temannya tersebut. Karena aku pikir, baiklah apa salahnya ku pinjamkan kalau untuk hal yang positif, toh itu juga demi kelancaran belajarnya. Maka dari itu ku pinjamkan dia handphone selama seminggu. Belum genap seminggu, ternyata handphone itu hilang karena kecerobohan keponakanku, dia memberikan handphone tersebut kepada orang yang tidak di kenal. Alasannya sih bagus karena orang tersebut bilang kalau hendak menelepon anaknya yang belum juga pulang sekolah. Tapi kemudian handphonenya dibawa kabur dan keponakanku ditinggalkan begitu saja. Sebenarnya aku pun kasihan, tapi ketahuilah, ada sebuah file yang sangat penting menyangkut pekerjaanku di ponsel tersebut. Dan kini ponsel itu sudah hilang, sedangkan file itu aku butuhkan untuk kerjaanku esok. Rasanya ingin ku marah, ingin ku berikan pelajaran untuk keponakanku, tapi untuk apa.. semua itu sudah lewat, percuma aku marah sekalipun, karena hal itu tidak akan pernah kembali. Mending ikhlaskan dan relakan saja, soal file bisa di buat lagi walaupun harus menyita waktu yang cukup lama, ketimbang memarahi keponakanku yang tidak salah sama sekali sebenarnya. Niat dia baik, tapi sayang disalah gunakan oleh orang asing tersebut. Cukup relakan, ikhlaskan, semoga rejeki kami di kemudian hari semakin lancar dan berkah. #JalinPersahabatan

Tantangan 5

Ayo Bersyukur Oleh srahayudes

May 28

Sudahkah kamu bersyukur hari ini?
Syukur bagiku adalah bentuk terimakasih kita kepada Sang pemberi rizky. Syukur itu mudah diucapkan, tapi sebetulnya banyak sekali manusia yang belum bersyukur dengan pencapaian di hidupnya. Aku pun sempat merasakan hal tersebut.
Pekerjaanku, dituntut target. Ketika teman-temanku sudah lolos target di periode awal sedangkan aku masih jauh dari target tersebut terkadang aku merasa Tuhan tidak adil. Kenapa temanku yang jelas-jelas usahanya gak seberapa itu dia sudah lolos target, sedangkan aku sendiri belum? apa salahku????? Tuhan tidak adil???
Pemikiran semacam itu ternyata sangat salah, kini aku mulai tahu dan lebih bersyukur. Bahwasanya, setiap orang itu sudah ada porsinya masing-masing. Kapan dia harus mendapatkan rejeki, dan kapan juga dia harus dipanggil oleh sang maha kuasa. Betul, setelah ku tahu, rupanya aku kurang bersyukur dan kurang bersabar. Ketika aku melihat temanku yang lain, ternyata masih banyak yang kekurangan target dan harus meninggalkan pekerjaan tersebut. Karena kalau tidak lolos target, otomatis dipecat. Alhamdulillah selama 1 tahun lebih saya bekerja, saya belum pernah tidak lolos target. Selalu lolos target dan terkadang diberikan lebih, serius gak bohong.. aku nulis ini sampai nangis.. karena dulu aku merasa sangatlah bodoh, sampai-sampai aku berkata Tuhan itu tidak adil. Karena setelah aku tahu, Tuhan itu sangat sayang padaku. Dia memberikan rejeki yang cukup, walaupun ada waktunya kapan Ia harus memberikannya kepadaku. Semestinya aku tak perlu iri, justru aku harus bersyukur. Karena sebenarnya dengan diberikan nikmat sehatpun seharusnya kita harus bersyukur, apalagi diberikan rejeki yang lebih. Alhamdulillah, seiring berjalannya waktu, aku tersadar.. Aku salah, dan aku sekarang telah memperbaiki diri untuk lebih bersabar dan tentunya selalu bersyukur dengan apa yang telah Tuhan berikan kepadaku. Maka nikmat Tuhan manakah yang kamu dustakan wahai manusia? #JalinPersahabatan

Membantu seseorang yang membutuhkan itu gak selalu harus dengan materi. Kali ini, aku mau ceritain pengalamanku berdonor dari dari usiaku 17tahun sampai saat ini aku berusia 22 tahun. Setiap 3 bulan sekali aku pasti rutin untuk mendonorkan darahku, biasanya aku datang langsung ke PMI ataupun memberikan darahku untuk seseorang yang urgent membutuhkan. Alhamdulillah, tidak bermaksud riya tapi disini aku berbagi kisah, sejak aku sering melakukan donor darah, rasanya badan ini semakin bugar. Gak pernah sakit-sakitan lagi, dan yah.. pasti seneng laah, karena darahku dapat bermanfaat untuk orang banyak. Bahkan ketika di bulan ramadhan pun aku masih sempat berdonor darah sehabis buka puasa tentunya. Mungkin bulan ini aku akan donor tanggal 5 juli mendatang.. doakan saja agar darahku dapat bermanfaat untuk orang banyak, begitupun dengan teman-teman jika berdonor darah. Ketahuilah, setetes darah kita tu sangat berarti untuk mereka yang membutuhkan. Karena membantu itu gak harus dengan materi, bisa dengan apapun selama itu dibutuhkan orang banyak. #JalinPersahabatan

Tantangan 7

Hi Teman Lama Oleh srahayudes

May 28

Hai, sudah setahun kita ga ketemu,kita ga bareng,kita ga saling sapa. Bahkan nomor whatsapp mu ganti, dan juga kamu unfollow semua sosmedku. Apa salahku sahabat? apa aku menyakitimu?
Aku pun bertanya-tanya, tapi bagaimana aku bingung mesti tanya siapa. Ku tanya orang yang bersangkutanpun bingung, karena aku sudah tidak memiliki kontaknya. Akhirnya, ku coba tanya pada temanku yang juga teman dia.
Ternyata dia juga sama halnya denganku dia di block dan di unfollow di sosmednya. Loh?? ada apa ini?? biasa kita selalu bersama, kok tiba-tiba dia menjauh dan menghapus semua pertemanannya di dunia maya?? apa salah kita????

Sampai pada akhirnya, kamipun dapat bertemu kembali pada acara event KasKus. Sontak saja kami senyum kemudian salaman dan cipika-cipiki. Sungguh, aku rindu padamu sahabat. Kamipun duduk bersebelahan, tapi kami hanya diam seribu bahasa. Mungkin canggung mau bagaimana memulai sebuah percakapan. Akhirnya, akupun memberanikan diri untuk bertanya kabar, dan bagaimana dengan kesibukannya. Setelah bercakap-cakap akhirnya kamipun merasa biasa dan seperti dulu. Suatu moment yang pas untuk ku pertanyakan apa alasan dia unfollow dan block semua sosmed. Akhirnya dia meminta maaf, kemudian meng-unblock dan follow kembali sosmedku, alasannya sih katanya dia saat itu sedang gundah. Pengen menjauh dari teman-teman terdekatnya agar dapat lebih fokus dalam kesibukannya. Baiklah, jika itu alasannya akupun memakluminya. Dan aku mengingatkannya, kalau gundah janganlah kau tinggalkan sahabatmu, karena sahabatmu lah yang dapat mengerti bagaimana keadaan kamu. Aku dan diapun kini menjadi semakin dekat karena kejadian tersebut, bahkan kemanapun selalu bersama. Iya, aku sudah menganggap dia lebih dari sahabat, bahkan aku menganggapnya sebagai adik kandung sendiri. #JalinPersahabatan

Ini adalah foto kakak ku, dia adalah seorang teknisi listrik.
Kala itu, aku ingin sekali tahu bagaimana sih kerja menjadi seorang teknisi listrik?? ternyata tidak mudah.. bahkan menurutku sulit dan harus berkorban nyawa. Kenapa? coba lah lihat, ia harus memanjat tiang listrik & tower yang menjulang tinggi. Bagaimana kalau ceroboh sedikit saja, pasti sudah jatuh dan nyawa lah yang melayang. Belum lagi kalau tersengat listrik.
Perjuangannya untuk menghidupi keluarga patutlah di acungi jempol, karena jika aku menjadi kakak ku, pasti aku tidak akan bisa. Aku takut akan ketinggian apalagi soal sengatan listrik. Aku bersyukur dengan pekerjaanku sekarang yang tidak perlu susah payah, berkeringat, dan juga kepanasan/kehujanan. Maka dari itu, cobalah buka mata teman-teman dan hiduplah dengan rasa syukur. Karena belum tentu nasib kita itu buruk, masih banyak sekali orang yang harus melakukan hal yang begitu ekstrim untuk menafkahi keluarga. Berbaktilah pada orang tua, dan salinglah membantu dan juga menghargai setiap rejeki yang telah Tuhan berikan. #JalinPersahabatan

Tantangan 9

Terima Kritik Oleh srahayudes

May 28

Suatu hari, aku tengah duduk dan berkumpul bersama teman-temanku. Lantas, temanku bilang “kapan sih kamu kalau datang tu tepat waktu? tiap kalau diajak kumpul pasti ngaretnya lama”.
Hehe, jujur memang aku itu orang yang kurang disiplin akan waktu, entah mengapa aku merasa waktu 24jam itu terasa sangatlah sempit dan sebentar. Banyak sekali temanku yang mengkritiku tidak disiplin waktu, bahkan ketika aku sekolahpun aku selalu dihukum karena suka terlambat datang ke sekolah.
Sampai akhirnya aku sadar ketika aku berada di dunia kerja dan mendapatkan bos yang super galak dan super disiplin. Ketika aku datang terlambat aku dimarahinya dan selalu diancam untuk potong gaji. Akupun tersadar bahwa sikapku yang kurang disiplin itu memang harus dibuang jauh-jauh. #JalinPersahabatan

Tantangan 10

Rame-rame Berbagi Oleh srahayudes

May 28

Waktu itu ini di acara baksos panti asuhan, kami menggelar acara buka bersama sekaligus memberikan santunan berupa uang, makanan, pakaian dan alat tulis. Nah di foto ini kami membuat games untuk anak-anak panti. Lihat deh ceria banget ya, seneng banget lihat mereka tersenyum gembira. #JalinPersahabatan

Memaafkan dan melupakan adalah suatu hal yang mudah tapi sebenarnya sangat sulit untuk dilakukan. Karena, kesalahan seseorang itu terkadang sulit untuk dilupakan karena terlalu membekas di hati. Tapi Insha Allah aku sudah memaafkan segala kekhilafan temanku yang pernah membuatku sakit hati karena ucapannya yang selalu menghujat fisik ku. Mungkin maksudnya bercanda, tapi tanpa ia ketahui sesunggu candaan tersebut membuatku sakit hati dan sempat susah lupa akan kalimat yang pernah ia lontarkan. Tapi sekarang aku tersadar bahwasanya aku harus memaafkan dan melupakan semua itu agar persahabatan kita dapat terjalin hingga tua nanti. #JalinPersahabatan

Bulan ramadhan adalah bulan pembelajaran bagi kita semua, dimana kita belajar untuk bersabar, bersyukur, berbagi, dan saling memaafkan. Semoga bukan hanya di bulan ramadhan saja kita dapat mendapatkan hikmahnya, tapi kita harus menerapkannya kedalam kehidupan sehari-hari dimana kita harus selalu sabar, bersyukur, selalu berbagi, saling tolong menolong, dan tentunya saling memaafkan satu sama lain. Agar hidup kita menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. #JalinPersahabatan