fbpx | Hikmah Puasa by Djarum

Cerita #JalinPersahabatan

Mempersembahkan Video Perjalananmu

Sebagai penghargaan karena kamu telah melakukan tantangan #JalinPersahabatan, Hikmah Puasa mempersembahkan video kompilasi perjalananmu menjadi sahabat sejati. Terima kasih telah mengikuti tantangan ini ya, sahabat!

Bagikan video kompilasi ini dan ajak temanmu untuk ikuti tantangan #JalinPersahabatan.

Tantangan 1

Sahur..sahur Oleh penikmat.asin

Jun 04

Sahur Sahur,
Sahur Sahur,
Sahur Sahur ….
Sahur tuh kegiatan yang paling gue tunggu-tunggu di bulan ramadhan ini. Gue sebagai anak kos-kosan yang merantau, biasanya cuman makan sendiri dan kalau lagi mau aja, tapi beda dengan sahur. Ibu kos-kosan disini sangat baik, hampir setiap harinya kita-kita penghuni kosnya mau cewek ataupun cowok selalu di ajakin buat masak dan akhirnya sahur bareng. Sahabat-sahabat gue yang sering dateng ke kosan sampai larutpun gue ajakin buat sahur bareng di kos-kosan ini. Memberi makan orang sahur dan berbuka kan pahalanya sama aja kaya kita puasa dalam 1 hari itu. Jadi pahala gue double deh 😀 #JalinPersahabatan

Jangan lupa untuk tersenyum. Karena sejatinya senyum itu ibadah dan di nilai baik. Kekuatan senyum ini sangat dahsyat. Ketika ibu kosan lagi cemberut karena sebagain anak kosan belum pada bayar, gue dateng menghampirinya sambil senyum dan ngajak ngobrol. Dia cerita tentang anak-anak yang pada belum bayar. Gue kasih masukan ringan dan pada akhirnya gue juga cerita masalah gue sambil senyum dan bilang kalau bulan ini bayarnya agak telat. Diluar dugaan, gue kira dia bakal marah, tapi dia malah senyum dan bilang “Yaudah kamu mah nanti aja”.

Oh iya foto di atas itu foto pejuang Medical di Palestina. Dia meninggal saat mencoba menolong warga palestina. Dia meninggal tepat pada hari jumat pada 16 ramadhan. Gue yakin dia meninggal secara syahid. Surga telah menanti dirinya. Power Of Smile dia di foto ini membuat orang-orang kuat dan tabah. Gue yakin itu. #JalinPersahabatan

Mie instan adalah menu favorit anak kos-kosan kaya gue. Saking favoritnya, gue selalu punya banyak persediaan mie instan ini di kosan gue. Jadi ga perlu beli-beli lagi. Setiap ada sahabat-sahabat gue yang main ke kosan, tak jarang gue selalu masakin mie instan dengan tak sebiasa anak kos lain. Mie instan yang gue buat itu gak sepolos yang kalian-kalian pernah bikin. Mie instan yang gue bikin ini lebih mirip sama mie instan yang ada di cafe-cafe. Gimana engga, selain make telor, sayur dan mienya, kadang gue selalu menambahkan toping-toping lainnya yang aneh tapi kalau kata pengunjung kosan gue sih enak aja hahaha. #JalinPersahabatan

Tantangan 4

Tahan Amarah Oleh penikmat.asin

Jun 04

Suatu ketika gue pernah nitip cucian gue ke sahabat gue. Cucian gue itu banyak. Mulai dari baju, celana, sepatu sampai ke kaos kakinya juga gue titip ke dia karena dia hari itu ga pergi kemana-mana.

Gue yang ada janji ketemuan sama pacar gue waktu itu menitipkan semuanya ke dia. Gue nitip kalau hujan tolong di angkat, mengingat waktu itu lagi musim hujan. Dia mengiyakan dan gue berangkat dengan tenang.

Ketika gue lagi jalan sama pacar gue, tiba-tiba hujan turun. Deras sekali. Seperti diguyur secara langsung. Tumpah begitu saja. Dalam hati gue berfikir apa kabar ya jemuran gue? Semoga ada sahabat gue yang satu ini mengangkatnya dengan cepat.

Sesampainya di kosan pada sore harinya, gue mendapati jemuran gue masih menggantung pada tempatnya dengan masih meneteskan airnya. Gue bergegas ke kamar sahabat gue dan mendapati dia sedang tidur. Ingin rasanya gue marah, tapi gue kembali berfikir mungkin sahabat gue ini lelah. Semalam dia abis ngerjain tugas sampai larut dan sehabis subuh dia ga tidur lagi. Yeah, hujan ini memang berkah buat dia, karena hujan membuat suasana kosan menjadi lebih sejuk dan akhirnya dia tertidur pulas.

Gue mengangkat jemuran gue dan mengeringkannya kembali di mesin cuci yang disediakan ibu kosan. Kemudin gue jemur di dalam kosan gue sambil gue arahkan kipas angin gue kearah jemuran itu. #JalinPersahabatan

Gue bersyukur dapat tempat tinggal semestara atau kos-kosan ini. Pemiliknya baik banget, warga alias penghuni-penghuni kosanya juga baik-baik. Mereka ga selalu punya dunianya sendiri di dalam kosan masing-masing, tapi mereka selalu membuka ‘dunia’ mereka ke penghuni lainnya. Ya kalian tau lah maksud gue.

Gue juga bersyukur ada sahabat gue dari awal semester sampai akhir semester ini tetep ngekos di samping kamar kos gue. Karena dia, gue selalu ga bangun kesiangan. Karena dia gue bisa ikut mata kuliah pagi, karena dia gue bisa sholat subuh. Karena gue itu orangnya paling susah banget kalau harus bangun pagi. Sahabat gue yang satu ini tuh lebih mirip ibu gue kalau di rumah. Meskipun dia cowok juga kaya gue, tapi dia punya tingkat comel yang tinggi kaya cewek. Tapi gue bersyukur atas itu.

Terima kasih sahabat. #JalinPersahabatan

Perhabatan antar anak kosan itu kerasa banget guys. Kita kalau ga saling bantu, pasti di kosan tuh bakal sepi. Kalau kosan sepi gue yakin ga bakal ada yang betah.

Bantuan-bantuan kecil mulai dari ngerapihin sendal atau sepatu, angkat jemuran kalau si pemilik lupa ngangkat, bangunin orang tidur. Itu tuh kecil tapi besar banget buat anak kosan. Bantuan-bantuan kaya gitu tuh berharga banget.

Sering diskusi juga tentang tugas bareng, belajar bareng. Yeah, persahabatan anak kosan memang sangat terasa. #JalinPersahabatan

Teman lama, ga ada kata bekas teman. Sekali berteman, kita akan berteman selamanya. Suka ataupun tidak. Teman akan selalu menjadi teman. Apalagi kalau udah naik tingkah menjadi sahabat.

Foto di atas adalah foto gue sama teman lama yang akhirnya bisa ketemu setelah sekian lama dan kita memutuskan untuk pergi berlibur ke pulau dewata bali. Disana unik, untuk menyewa motor kita hanya di kasih helm seperti di foto. Ga ada kacanya bro. Padahal cuaca bali waktu itu lagi ekstream banget anginnya, belum lagi kalau hujan kaya waktu foto ini di ambil. Jadi helm ini bisa menjadi kenangan tersendiri aja sama teman lama gue yang satu ini. #JalinPersahabatan

Jika gue menjadi Superman, gue mungkin gak akan kuliah dan ngekos di tempat yang nyaman ini. Mungkin gue akan lebih sibuk menyelamatkan dunia dari segala kejahatan.

Tapi gue ga akan merasakan kehangatan perhabatan di kosan ini. Gue mungkin akan merasakan dicintai orang banyak. Tapi untuk apa? Orang-orang tidak akan tau identitas gue yang sebenarnya. Orang hanya akan mengenal gue sebagai Superman. Bukan diri gue yang sebenarnya.

Gue lebih bahagia di kenal sebagai diri sendiri di kosan ini. Gue bisa jadi orang yang gue mau dan bisa membuat orang lain bahagia dengan hadirnya gue disana. Meskipun gue ga bisa menyelamatkan orang banyak dari kejahatan, gue bisa menyelamatkan hati-hati yang patah karena berharap terlalu banyak. #JalinPersahabatan

Kritik itu membangun bukan menjatuhkan. Seperti sahabat kosan gue, dia selalu mengkritik gue karena gue selalu tidur larut untuk hal yang gak jelas. Dia selalu mengkritik saat gue ninggalin jemuran gue ketika gue pergi keluar kosan.

Tujuan dia baik. Karena kritik dia, terkadang kalau lagi sendiri gue inget perkataan dia dan akhirnya gue ga ngelakuin kesalahan yang sama lagi. #JalinPersahabatan

Berbagi kepada sesama itu baik halnya. Niatkan dengan tulus, hasilnya juga akan terasa. Seperti foto diatas. Kegiatan berbagi makanan berbuka di lanjut dengan makanan sahur kita lakukan bersama. Sebuah komunitas motor dengan komunitas dakwah lokal di kota gue.

Semoga kami tetap istiqomah di jalan-Nya. Amin. #JalinPersahabatan

Kesalahan sahabat kosan gue itu banyak. Gak terhitung. Saking banyaknya gue udah maafin dia dan melupakan kesalahannya. Karena ya setiap hari kita ketemu, setiap hari kita aktifitas bareng. Masa iya kita harus menyimpan dendam di hati terus menerus.

Kita tuh bisa di anggap kafir kalau memusuhi saudara seiman kita selama lebih dari 3 hari. Jadi amarah gue juga gatau kenapa begitu 2-3 hari udah hilang begitu aja. Mungkin karena gue tau hadist itu jadi gue juga ragu untuk terus menyimpan dendam ke sahabat gue ini. #JalinPersahabatan

Cerita ramadhan kali ini tuh beda dengan ramadhan sebelumnya. Biasanya kegiatan ramdhan ini cuman diisi dengan sahur bareng ibu kosan dan penghuni lainnya. Kali ini berbeda. Gue ikut komunitas motor dan sering melakukan kegiatan-kegiatan positifnya. Mulai dari bebagi takjil sampai berbagi makanan sahur. Yeah smeoga ini berkah. Amin. #JalinPersahabatan